Connect with us

Gunungkidul

Wow, Ikan Paus Muncul di Pantai

Published

on

ikan paus

Kilasjogja.com, GUNUNGKIDUL – Puluhan ikan paus dilaporkan banyak bermunculan di sepanjang Pantai yang ada di Gunungkidul. Kemunculan mamalia tersebut diduga karena saat ini sudah masuk musim kawin.

Kemunculan ikan paus tersebut  bisa dijumpai di Pantai Nguyahan, Pantai Ngrenehan, Pantai Timang dan pantai-pantai lainnya

“Bulan-bulan seperti September sampai Oktober sudah masuk musim kawin,” terang Marjono, Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah II Gunungkidul.

Kemunculan puluhan paus di sepanjang pantai di Gunungkidul bukan kejadian yang pertama kali. Sebab hampir setiap tahun paus-paus akan terlihat, terutama saat memasuki bulan-bulan tertentu. Kemunculan paus di sepanjang pantai Gunungkidul adalah fenomena tahunan.

Biasanya paus mulai terlihat di Bulan September dan Oktober atau hingga menjelang memasuki musim penghujan. Bulan-bulan tersebut adalah waktu mamalia raksasa ini terlihat di sekitar pantai.

“Paus tidak membahayakan wisatawan malah bisa jadi tontonan,” jelasnya.

Kemunculan paus ke permukaan laut di sepanjang pantai Gunungkidul ternyata membawa berkah tersendiri bagi nelayan. Sebab kemunculan paus diiringi ikan-ikan kecil yang turut menepi di sekitar pantai.

“Kemunculan paus itu berbarengan munculnya ikan-ikan kecil di sekitar pantai. Itu barokah buat nelayan,” ungkapnya.

Para pelaku wisata di sepanjang pantai di Gunungkidul juga merasakan dampaknya. Sebab adanya paus membuat banyak orang tertarik berkunjung ke pantai. Sementara bagi para nelayan tangkapan mereka melonjak.

“Hasilnya lumayan banyak. Paus pada menjauh kalau kami menangkap ikan,” kata Wartono, nelayan Pantai Ngerenehan.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.