Connect with us

News

Warga Prambanan Mulai Beli Air

Published

on

Kekeringan

Kilasjogja.com – Beberapa warga di perbukitan Prambanan Sleman yang belum teraliri air dari jaringan Organisasi Pengelola Pemakai Air (OPPA) Mitra Tirta Sembada Prambanan mulai membeli air.

Eko Suhargono SIP, Camat Prambanan mengatakan, baru 3.908 KK sudah terlayani oleh jaringan air dari OPPA Mitra Tirta Sembada. Total warga yang berada di perbukitan Prambanan Sleman ada 5.218 KK.

Tumijo, salah satu warga Sambirejo Prambanan Sleman mengaku mulai membeli air bersih dengan tangki saat kemarau tiba. Sebab, air dari tampungan sudah habis dan mengharuskannya beli air dengan tangki.

“Biasanya satu tangki cukup untuk kebutuhan minum dan memasak dalam kurun waktu sebulan. Namun beda dengan warga yang punya hewan ternak satu tangki tidak cukup,” terangnya.

Menurutnya, warga yang belum terlayani jaringan air lantaran berada di lokasi yang tinggi atau berada jauh dari bak penampungan. Karenanya, dia berharap bantuan dari pihak luar bukan dalam bentuk droping air tetapi berupa sarana prasarana untuk mendukung program pipanisasi yang sudah berjalan di Kecamatan Prambanan.

“Untuk tahun ini, droping air bersih dengan tangki sudah berkurang drastis dibanding tahun-tahun sebelumnya. Tapi jika ada yang membantu droping air kami tetap terbuka bagi siapapun mengingat banyak warga kami yang menggantungkan mata pencahariannya dengan memelihara hewan ternak,” jelasnya.

 Mujimin, Ketua OPPA Mitra Tirta Sembada Prambanan menjelaskan, pihaknya masih terbuka untuk diajak kerja sama dengan berbagai pihak. Tentu hal ini untuk mendukung program pipanisasi yang berkelanjutan.

“Daerah yang belum teraliri jaringan pipanisasi antara lain Dusun Kikis RT 1 dan RT 2, Dusun Mlakan RT 1 dan RT 2 dari Desa Sambirejo. Sedang Desa Gayamharjo di Dusun Jali Ngekong dan Dusun Rejosari. Untuk Desa Sumberharjo ada di Dusun Umbulsari A,” katanya.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.