Connect with us

News

UMK DIY di Umumkan Akhir November

Published

on

UMK

Kilasjogja.com, JOGJA –  Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X telah menetapkan UMP DIY 2018 melalui Keputusan Gubernur DIY Nomor 220/KEP/2017 tertanggal 1 November 2017 tentang Penetapan UMP 2018 sebesar Rp 1.454.154,15.

Sedangkan penetapan UMK DIY 2018 baru bisa menyusul pada 2 November 2017 mendatang karena berdasarkan surat dari Kemenaker dan PP 78/2015 terkait Pengupahan untuk UMP 2018 ditetapkan dan diumumkan pada 1 November 2017 serta UMK 2018 diumumkan selambat-lambatnya 21 November 2017.

Andung Prihadi Santoso, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinakertrans) DIY menyatakan pro dan kontra penetapan UMK selalu terjadi setiap tahunnya, tidak terkecuali di DIY.

” Jadi UMP ditetapkan dulu baru UMK secara administratif , kebetulan di DIY lebih terkoordinir sehingga UMP maupun UMK pada saat rapat final Dewan Pengupahan. Jika UMK DIY 2018 ditetapkan pada 2 November 2017 nanti, maka UMP tidak berlaku,” terangnya.

Andung menjelaskan sudah merupakan formulasi PP 78/2015 maka angka UMP dan UMK 2018 tetap mengalami kenaikan prosentase 8,71 persen hingga ditetapkan dalam SK Gubernur DIY tersebut.

Selanjutnya SK Gubernur DIY terkait UMP DIY 2018 akan dikirimkan kepada Kemenaker dengan tembusan kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada Rabu (1/11) sehingga DIY sudah sah dasar hukum penetapan UMP 2018 dan selanjutnya UMK 2018.

” Kami tahu angka tersebut masih ada yang puas dan tidak, hal tersebut hak masyarakat yang dilindungi oleh Undang Undang. Tetapi kami berharap urusannya tidak hanya fokus pada UMP maupun UMK, karena wajib bagi perusahaan – perusahaan berbadan usaha untuk menerapkan Struktur Upah Skala Upah (SUSU) sejak 23 Oktober 2017 bagi karyawan yang sudah melebihi masa kerja lebih satu tahun sampai tidak terbats akan dihitung kenaikan upahnya tidak lagi menggunakan bedanya 1 tahun dan dua tahun hanya 2 atau 3 persen,” jelasnya.
Andung menuturkan upah minimum sebelumnya menggunakan formulasi bagi tenaga kerja yang masih lajang dengan masa kerja 0 hingga 12 bulan, sekarang difokuskan bagi karyawan yang sudah bekerja diatas setahun melalui Permenaker No. 1/2017 tentang Struktur Upah dan Skala Upah.

Setiap perusahaan yang melaksanakan pengesahan dan pembaruan peraturan perusahaan (PP) maupun pendaftaran perpanjangan perjanjian kerja bersama (PKB) jika perusahaan sudah mempunyai serikat pekerja harus menunjukkan SUSU tersebut kepada Disnaker baik provinsi maupun kabupaten/kota se-DIY. Terdata sebanyak 4.196 perusahaan berbadan hukum yang ada di DIY per Juni 2017.

” Jika perusahaan tidak menerapkan SUSU tersebut akan diberikan sanksi administratif sesuai Permenaker. Kita akan lakukan sosialisasi bertahap SUSU tersebut kepada seluruh perusahaan di DIY, perusahaan bisa berkonsultasi kepada kami dengan gratis, “ujarnya.

Sementara itu, puluhan orang yang tergabung dalam DPD Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) DIY dan Front Perjuangan Pemuda Indonesia (FPPI) Yogyakarta melakukan aksi damai di depan kantor Gubernur DIY di Kompleks Kepatihan.

Para peserta aksi tersebut menolak dijadikannya Peraturan Pemerintah (PP) 78 tahun 2015 sebagai dasar penetapan UMK dan UMP DIY 2018 oleh Gubernur DIY.

Mereka menilai, jika Pemda DIY mengunakan PP 78 tahun 2015, selain tidak akan mencukupi Kebutuhan Hidup Layak (KHL) masyarakat Yogya.

“Berdasarkan informasi dan pemberitaan di sejumlah media massa UMK tertinggi di DIY hanya pada kisaran Rp 1,7 juta untuk Kota Yogyakarta dan terendah kisaran Rp 1,4 juta di Gunungkidul. Apabila upah murah di atas yang menjadi pilihan Pemda DIY, selain tidak sesuai dengan KHL dikhawatirkan bisa menyebabkan kemiskinan dan ketimpangan sosial di DIY,” kata kIrsad Ade Irawan, Koordinator sekaligus juru bicara dari aksi damai di Kepatihan.

Selain membawa spanduk bertuliskan Upah Mu

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.