Connect with us

Jogja

Tari Bondan dan Properti Yang Digunakannya

Published

on

Tari Bondan adalah salah satu contoh tari klasik yang berasal dari daerah Surakarta, Jawa Tengah. Dibandingkan dengan tari-tarian tradisional lainnya, tari bondan dianggap memiliki keunikan tersendiri.

dikatakan unik karena berbagai gerakannya menceritakan tentang kisah dan kasih sayang seorang ibu kepada anak bayinya. Simak penelusuran kami mengenai asal usul, sejarah, gerakan, dan informasi mengenai tarian tersebut berikut ini. Tari Bondan Tari bondan adalah tari yang terlahir dari kebudayaan masyarakat Surakarta masa silam

Menurut Wikipedia Tarian ini menceritakan bahwa kasih sayang ibu kepada anaknya melalui menggendong bayi dengan payung terbuka dengan hati-hati dan perhatian.

Menurut legenda yang berkembang di Lereng barat Gunung Merapi (Kecamatan Dukun, Salam, Sawangan), tari Bondan adalah tari untuk mengingat sosok Nyai Bondan Kejawan, pengasuh Dewi Sri, Ibu kesuburan dalam mitologi Jawa. Bayi yang digendong penari melambangkan Dewi Sri yang selepas tercipta dari telur yang dikulum naga Antaboga, lalu dititipkan pada keluarga petani, Kyai dan Nyai Bondan Kejawan.

Dalam kisah selanjutnya, ketika padi yang tumbuh dari pusara Dewi Sri terus berusaha dimakan oleh Bathara Kala,Kyai Bondan, sayng bapa pengasuh kemudian menjelma menjadi rumput kejawan yang biasa tumbuh di sela tanaman padi. Ia mengorbankan diri agar burung jelmaan Kala terlebih dahulu memangsa dirinya daripada bulir-bulir padi penjelmaan Dewi Sri.[1]

Legenda ini tersebar dari mulut ke mulut dan terus dituturkan pada sesepuh desa di kawasan tersebut. Kisah ini menunjukkan Tari Bondan sebagai salah satu tarian mistik dalam kosmologi masyarakat jawa.

Properti Apa Saja Yang Digunakan Dalam Tari Bondan

Tarian tari Bondan ini mempunyai properti tariannya sendiri yaitu :

1. Boneka Bayi (Mainan)

boneka bayi tari bondan
Mainan Boneka Bayi Dari Kayu Untuk Tari Bondan

Untuk menjaga ke otentikan dari tarian ini sebaiknya dipilih mainan boneka bayi dari kayu yang dikenakan megunakan jarik sebagai properti tari bondan, hal ini sesuai dengan keadaan pada masa tersebut. 

2. Payung Kertas

Payung Kertas Properti Tari Bondan

Payung kertas merupakan properti utama yang digunakan didalam tarian bondan, merupakan simbol seorang ibu dalam melindungi dan menjaga pertumbuhan anaknya pada kala itu.

Didalam gerakan jenis tari payung bonda cindogo payung kertas merupakan properi utama yang tidak bisa ditinggalkan, untuk motif yang digunakan biasanya yang paling banyak digunakan adalah motif bunga-bunga.

Namun pengrajin dari payung kertas saat ini sudah sangat jarang kita temui. sebagai alternatif pada saat melakukan pentas payung kertas jawa diganti dengan payung kertas tionghoa namun dengan warna polos putih atau merah.

3. Properti Kendi Tari Bondan

Kendi Tari Bondan

Properti kendi adalah peralatan daput yang dibuat dari tanah liat dan berguna sebaga wadah air minum atau pun beras saat itu. Properti inilah yang nantinya akan digunakan untuk berpijaknya para penari bondan, menari diatas properti kendi tidaklah mudah bagi para penari kerana meraka harus mempertahankan keseimbangan badan agar tidak terjatuh saat pertunjukan tari bondan dilakukan.

Kendi sendiri disimbolkan sebagai seorang ibu yang akan terus memberikan penghidupan kepada anak-anaknya hingga dewasa nanti.

Ciri Khas Tari Bondan

  • Mengenakan pakainan gadis, seperti gadis jawa
  • Menggendong Tenggok
  • Memakai Caping
  • Dan Membawa Alat Pertanian
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.