Connect with us

Travel

TAMAN GLUGUT : Wisata Menyebrang Sungai dengan Drum

Published

on

taman glugut

Kilasjogja.com, BANTUL-  Distinasi wisata baru banyak bermunculan di Kabupaten Bantul. Salah satu di antaranya yaitu Taman Glugut yang terletak di Dusun Wonokromo 1, Pleret, Bantul.

Lokasi Taman Glugut tepat di pertemuan antara sungai Opak dengan sungai Belik. Di bagian tepi dipenuhi pohon bambu sehingga terasa rindang.

Setiap sore, Taman Glugut selalu ramai dipenuhi pengunjung. Sebagian dari mereka berasal dari Wonokromo atau dari dusun lain di sekitar Wonokromo.

Mereka datang bersama anggota keluarganya. Berada di Taman Glugut memang mengasyikkan untuk anak-anak sebab ada banyak wahana permainan, seperti ayunan dan jungkat-jungkit.

“Anak saya paling suka ngejar-ngejar burung merpati. Dikejar-kejar sampai dapat,” terang Hidayah, pengunjung asal Bintaran Bantul.

Puluhan ekor merpati memang sengaja dibiarkan bebas berkeliaran di Taman Glugut. Biasanya anak-anak lalu tertarik menebar butiran jagung untuk makanan burung tersebut. Mereka lalu berusaha menangkap merpati yang sedang mematuk-matuk butiran jagung tersebut.

Banyak juga pedagang makanan dan minuman yang menjajakan dagangan di Taman Glugut. “Tempatnya sejuk, bersih dan memang cocok untuk nongkrong di pinggir sungai,” jelas Hidayah.

Taman Glugut juga kerap dipilih para pengunjung sebagai tempat berfoto selfie. Mereka biasanya berkumpul di gazebo hingga nongkrong di kafe bambu.

Ada juga pohon yang secara khusus digunakan pengunjung yang ingin melompat dan berenang di Sungai Opak. Bila terasa bosan, pengunjung juga bisa berkeliling sungai Opak dan Belik menggunakan speed boat . Tarif yang dipatok cukup terjangkau kantung, hanya Rp 5.000 per orang.

Sejumlah pengunjung mengaku mengetahui keberadaan Taman Glugut dari media sosial. Fandi misalnya, siswa MAN 3 Bantul ini baru mengetahui keberadaan Taman Glugut setelah banyak teman di sekolahnya mem-posting ‘status’ ketika berada di tempat tersebut. Fandi lalu tertarik untuk berkunjung ke Taman Glugut.

Taman Glugut

Hal yang ingin dilakukan Fandi ketika tiba di Taman Glugut adalah merasakan sensasi susur sungai menggunakan spead boat dan menyeberang sungai Opak dengan perahu drum. Perahu drum tersebut dikendalikan oleh petugas dengan cara menarik tali khusus yang dibentangkan antara dusun Wonokromo 1 dan Karangwuni.

“Tadi saya sudah keliling dengan speed boat sampai jembatan yang putus karena terjangan banjir besar kemarin. Sekitar 15 menit lah waktu tempuhnya,” kata Fandi.

Nurfi Lutfi Agus, Ketua Taman Glugut menjelaskan, sebelum menjadi tempat wisata yang dikunjungi banyak orang, Taman Glugut sebenarnya hanya sebidang kebun bambu yang tidak terurus.

Lalu, oleh pemuda RT 2 Wonokromo 1, tempat tersebut dibersihkan dan dimanfaatkan untuk tempat nongkrong ketika sore menjelang. “Nama Kebun Glugut ini dipakai karena masih banyak serbuk bambu yang kalau kena kulit terasa gatal,” kata Nurfi.

Saat ini, pengelola Taman Glugut masih terus melakukan beberapa pengembangan wahana wisata. Taman Glugut resmi dibuka untuk umum pada 1 Januari 2018. Peresmian Taman Glugut dilakukan oleh Lurah Desa Wonokromo, Edy Pudjono, dengan menggelar senam massal bersama warga Desa Wonokromo. Pengelola tak mengutip tiket masuk bagi pengunjung Taman Glugut.

“Minggu lalu, Wakil Bupati Bantul, Pak Abdul Halim Muslih berkunjung ke sini. Beliau cukup terkesan dengan Taman Glugut,” kata Nurfi

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Kuliner

Kuliner Jogja Kafe Instagramable Yang Wajib Di Coba

Published

on

Jogja

Kilasjogja.com, YOGYAKARTA – Jogja memang selalu menjadi destinasi wisata idaman anak-anak muda. Bagaimana tidak, di sana banyak terdapat tempat wisata sejarah, alun-alun, dan tempat makan yang harganya sangat terjangkau.

Jumlah tempat makan yang modern ala kafe juga semakin bertebaran di segala penjuru Yogyakarta. Anak muda kekinian yang suka tempat-tempat Instagramable pun kian mudah mencari tempat nongkrong.

Berikut beberapa tempat nongkrong yang asik dan Instagramable yang dapat Anda temukan di kota pelajar, ada yang bernuansa indoor dan outdoor.

Roaster and Bear Jogja

Roaster and Bear merupakan salah satu kafe paling hits di kalangan anak muda Yogyakarta. Jika Anda suka dengan konsep ruangan yang minimalis dengan dominasi warna putih dan kayu, juga jendela-jendela lebar, maka Anda harus coba nongkrong di sini sama teman-teman.

Roaster and Bear Yogyakarta

Roaster and Bear Yogyakarta

Kafe yang terletak di kawasan Hotel Harper Jalan Mangkubumi tersebut juga menyediakan spot bagus untuk foto-foto. Jangan lupa foto sama boneka-boneka beruang yang jadi ikon tempat ini ya!

Bong Kopitown Jogja

Ingin merasakan pengalaman unik makan di dalam penjara? Enggak perlu ke penjara beneran. Cukup ke restoran Bong Kopitown yang berlokasi di kawasan Sagan.

bong kopitown jogja

Bong kopitown jogja

Di sana, Anda akan menikmati hidangan sambil dikelilingi jeruji besi. Buku menunya pun terbuat dari kertas koran. Semakin totalitas, makanan Anda akan disajikan menggunakan piring seng ala narapidana. Menu andalannya adalah masakan khas Cina Peranakan.

Restoran Abhayagiri Jogja

Restoran Abhayagiri Jogja

Restoran Abhayagiri Jogja

Betapa menyenangkan melihat sunset dengan latar belakang Candi Prambanan dan Gunung Merapi sambil menikmati santapan lezat. Anda bisa memperoleh itu semua di restoran Abhyagiri. Letaknya yang di atas bukit membuat udara terasa sejuk dan suasana semakin nyaman. Usahakan datang sebelum matahari terbenam supaya Anda dan teman-teman masih dapat cahaya bagus untuk foto.

BACA JUGA: Tempat Kuliner Di Jogja

Mang Engking Soragan Castle Kuliner Jogja

Mang Engking Soragan Castle

Mang Engking Soragan Castle

Mungkin restoran seafood Mang Engking sudah enggak asing terdengar oleh Anda. Namun, Mang Engking yang satu ini berbeda dengan cabang lainnya. Di cabang ini, ada bangunan kastil besar bernama Soragan Castle yang bagus dijadikan tempat foto-foto. Bahkan, banyak pasangan melakukan pemotretan pre-wedding di sana. Walaupun begitu, gubug dan kolam yang jadi ciri khas Mang Engking tetap ada di sana.

Kalau Anda penasaran mencoba keempat tempat makan tersebut, segera rencanakan liburan ke Yogyakarta bersama teman-teman terdekat. Pergi ke Yogyakarta pun kini semakin mudah dan nyaman dengan kualitas kereta api yang semakin membaik.

Menikmati pemandangan di perjalanan selama lebih kurang enam jam dapat jadi pengalaman seru tersendiri. Anda akan melihat sawah dan pepohonan rimbun sepanjang jalan.

Continue Reading

Travel

Pantai Di Lombok Yang Wajib Anda Kunjungi Saat Berlibur Disana

Published

on

Pantai Di Lombok

Kilasjogja.com, LOMBOK – Pantai di lombok sudah sangat terkenal ke indahanya bahkan di anggap lebih eksotis dari pantai-pantai yang ada di bali menurut para travelers, berikut adalah beberapa pantai di lombok yang wajib anda kunjungi berdasarkan rangkuman dan testimonial dari berbagai sumber situ wisata.

1. Pantai Gili Trawangan

Pantai Gili Trawangan

Pantai Gili Trawangan Via National Geographic Indonesia

Siapa yang tidak terpukau dengan keindahan Gili Trawangan? Landcape pulau yang masih alami, bersih, dan luar biasa elok membuat banyak wisatawan ingin merasakan sensasi liburan di pulau ini. Apalagi, menurut survei yang dihimpun oleh salah satu situs perjalanan terbesar di dunia, Gili Trawangan merupakan pulau wisata paling terjangkau dari segi biaya pengeluaran per harinya (termasuk penginapan, makanan, layanan pijat, dan lain-lain), dibandingkan dengan pulau wisata lain yang ada di Asia Tenggara, bahkan Pulau Bali.

sebenernya apa sih yang membuat pantai ini begitu di kagumi oleh para travelers lokal maupun turis mancanegara?

Percayalah, sejauh mata memandang ke segala arah, Anda akan terpukau oleh perpaduan langit biru, air laut berwarna pirus berkilau, dan garis pantai berpasir putih tanpa batas! Bukan hanya itu, Anda juga dapat menikmati matahari terbit dan terbenam sekaligus dalam satu hari.

2. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi

Pantai Senggigi

Apa yang membuat Pantai Senggigi di Lombok menjadi sebuah tempat wisata yang terkenal? Tak lain dan tak bukan adalah panorama lautnya. Air laut Pantai Senggigi begitu jernih dan bersih, bahkan Anda dapat melihat langsung kawanan ikan yang berenang dengan bebasnya di laut Senggigi.

Pantai Senggigi adalah objek wisata menarik untuk Anda yang menyukai laut sebagai pilihan destinasi untuk berekreasi. Perjalanan ke Senggigi Lombok mampu menghadirkan pengalaman wisata yang diyakini akan membuat Anda rindu untuk mengunjunginya kembali.

Dengan garis pantai yang panjang tersebut, Pantai Senggigi Lombok menyuguhkan gradasi warna pasir pantai dari hitam ke putih. Air lautnya memiliki ombak yang tidak besar, jernih, dan bersih. Ada banyak alasan yang membuat Pantai Senggigi di Lombok menjadi salah satu tempat wisata favorit di kalangan penikmat perjalanan mancanegara. Turis-turis yang datang ke pantai ini lebih senang menghabiskan waktunya dengan berjemur, berenang, snorkeling, atau sekedar bermain-main di tepian pantai.

BACA JUGA: Pantai Klayar Tanah Lot Ala Pacitan

3. Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak

Selain Senggigi, ini adalah salah satu wisata pantai di Lombok yang menawan. Pantai Selong Belanak ini terletak di Kabupaten Lombok Tengah, memiliki pasir pantai yang putih dan bersih.

Pantai Selong Belanak Lombok, Selong Belanak Beach merupakan salah satu diantara sekian banyak pantai yang ada di Pulau Lombok daerah selatan Kabupaten Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pantai Selong Belanak Lombok atau Selong Belanak Beach Lombok ini juga memiliki pemandangan yang sangat indah dan masih alami untuk dinikmati. Perjalanan menuju lokasi Pantai Selong Belanak Lombok ini membuat anda harus ekstra hati-hati, karena jalan yang naik turun dan berliku-liku. Pantai Selong Belanak Lombok ini memiliki hamparan air laut yang berwarna bening biru kehijauan dan hamparan pasir putihnya yang sangat lembut terbentang luas di sepanjang pesisir pantai. Berbeda dengan jenis pasir putih yang ada di Pantai Kuta Lombok, Pantai Tanjung Aan Lombok atau Pantai Seger Lombok.

Kelembutan pasir putih yang dimiliki Pantai Selong Belanak Lombok ini akan bisa anda rasakan di kaki jika anda berjalan menyusuri pantai tanpa alas kaki. Selain pasir putihnya yang membedakan Pantai Selong Belanak Lombok dengan pantai-pantai lainnya adalah Pantai Selong Belanak Lombok ini juga memiliki dasar pantai yang berpasir lembut tidak seperti pantai-pantai lainnya yang memiliki dasar yang berbatu karang. Jika anda melihat Pantai Selong Belanak Lombok dari atas bukit, maka anda akan kagum melihat keindahan pemandangan yang diberikan Pantai Selong Belanak Lombok ini.

Continue Reading

Travel

Kerennya Telaga dan Wana Desa Potorono

Published

on

Potorono

Kilasjogja.com, TRAVEL – Warga di Desa Potorono kini memiliki tempat rekreasi baru bernama telaga dan wana desa yang berlokasi di Dusun Salakan. Setiap sore, tempat ini selalu dipenuhi warga.

Ada yang bersantai sambil menikmati indahanya pemandangan alam, berfoto selfie serta memberi makan ikan yang ada di dalam telaga. Tidak ada retribusi uang masuk dan biaya parkir kendaraan pun seikhlasnya.

“Anak saya setiap hari minta ke sini memberi makan ikan. Betah berjam-jam,” terang Wuri, pengunjung yang mukim di Baturetno.

Telaga dan Wana Desa Potorono bisa menjadi salah satu tempat wisata yang layak dikunjungi bersama keluarga.

Fasilitas umum yang ada di dalamnya pun tergolong komplet karena ada gasebo, taman, tempat duduk hingga parkir kendaraan. Akses jalan menuju tempat ini pun tergolong mudah dan tidak sulit dicari.

Warga yang mukim di pinggir telaga dan wana desa memanfaatkan keramaian dengan menjual makanan, gorengan dan minuman dengan konsep angkringan. Ada juga yang menjual pakan ikan atau pelet hingga berjualan makanan ringan keliling.

“Larangannya ikan di dalam telaga tidak boleh dipancing dan jaga ketertiban umum,” jelas Ali Qosim, Ketua Pokdarwis Telaga dan Wana Desa Potorono.

Ali mengatakan lahan telaga dan wana desa dulunya merupakan tanah kas desa bekas tambang pasir yang lama dibiarkan begitu saja hingga menjadi rawa. Dia bersyukur lahan tersebut dimanfaatkan oleh Badan Lingkungan Hidup DIY.

“Manfaat telaga dan wana desa ini baik untuk lingkungan sekitar,” ungkapnya. Tertarik datang?

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
loading...

Headline Berita