Connect with us

News

Survei SMRC: Jokowi Ungguli Prabowo

Published

on

jokowi

Kilasjogja.com, NASIONAL – Lembaga Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan hasil survei terbarunya tentang kekuatan kandidat bakal calon presiden (capres) pada Pemilu 2019.

SMRC meneliti, berapa tingkat keterpilihan Joko Widodo dan Prabowo Subianto jelang Pemilu 2019. Hasilnya, Jokowi sebagai incumbent memiliki elektabilitas teratas, disusul oleh mantan lawannya di 2014 yakni Prabowo.

Dukungan kuat pada dua nama, yaitu Joko Widodo disusul Prabowo Subianto. “Saat survei dalam bentuk pertanyaan terbuka kami peroleh data untuk top of mind, Jokowi 45,6% dan Prabowo 18,7 % dan ada nama SBY 3,9% serta yang lain dibawah 2%,” terang Djayadi Hanan, Direktur Eksekutif SMRC di kantor SMRC.

Data itu didapat dari survei yang digelar pada 3-10 September 2017 dengan 1.057 responden yang mempunyai hak pilih di seluruh Indonesia. Margin of error sekitar 3,1% pada tingkat kepercayaan 95%.

Djayadi menyatakan, dukungan terhadap Jokowi cenderung meningkat. Hal ini membuat gap dengan Prabowo semakin membesar. Nama lain di luar Prabowo belum ada yang cukup kompetitif untuk menjadi pesaing Jokowi.

“Salah satunya adalah Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Berdasarkan hasil survei SMRC, elektabitas Gatot masih di bawah satu persen,” jelasnya.

Elektabilitas kandidat lain berada di bawah 1% karena belum kompetitif. Mereka adalah Anies Baswedan (0,9%), Ahok (0,8%), JK (0,8%), Hary Tanoe (0,6%), Surya Paloh (0,3%), AHY (0,3%), Ridwan Kamil (0,3%), Gatot Nurmantyo (0,3%) dan lainnya.

Sementara itu, elektabilitas tahun 2017, Jokowi meningkat dari Januari (27%), Mei (34,1%), September (38,9%). Sementara Prabowo pada Januari (9,9%), Mei (17,2%) dan September turun (12%).

Djayadi mengungkapkan, selama tiga tahun terakhir, bagaimanapun simulasinya, elektabilitas Jokowi cenderung naik. Ditegaskan, belum ada penantang cukup berarti selain Prabowo. Prabowo pun cenderung tidak mengalami kemajuan.

Sementara itu, beberapa lembaga survey mulai meriset pergerakan politik menjelang pilpres 2019. Contohnya adalah survey yang dilakukan oleh Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang dirilis, Kamis (5/10) memaparkan soal elektabilitas parpol untuk Pemilu serentak 2019.

PDI Perjuangan unggul jauh dari parpol lainnya. Joko Widodo juga mengatasi semua nama tokoh yang disurvey.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.