Connect with us

Nasional

Sri Mulyani: Penerimaan Pajak Besar, Utang Indonesia Bisa Makin Kecil

Published

on

utang indonesia
Sri Mulyani: Penerimaan Pajak Besar, Utang Indonesia Bisa Makin Kecil

Kilasjogja.com, Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan, utang Indonesia saat ini sudah dikelola dengan baik. Dengan adanya utang pemerintah dapat menutupi defisit Anggaran Pendapat dan Belanja Negara (APBN).

Utang pemerintah hingga Juli 2017 mencapai Rp 3.779,98 triliun atau naik Rp 73,46 triliun, dibandingkan Juni tahun ini yang mencapai Rp 3.706,52 triliun.

“Jika Indonesia mengumpulkan uang dari pajak hanya 11%, kalau kebutuhan itu besar mulai pendidikan, kesehatan, infrastruktur itu butuh banyak belanja, dan penerimaan tidak mencukupi, maka akan terjadi defisit, dan defisit harus dijaga,” ujar Sri Mulyani saat memberikan kuliah umum di Fakultas Ekonomi UI Depok, Senin (28/8/2017).

Uang yang sekarang dikelolah oleh negara lambat laun akan mengecil seiring dengan perekonomian Indonesia yang terus berkembang. Pengelolaan utang pemerintah, kata Sri Mulyani juga lebih baik dibandingkan oleh negara-negara besar lainnya dari sisi rasio. Rasio utang Indonesia sekitar 27%-28% terhadap produk domestik bruto (PDB) atau masih aman dari batas maksimal 60%.

“Ekonomi kita gross 5,5%, size kita akan semakin besar, dengan begitu penerimaan pajak juga semakin besar, maka size utang itu akan semakin kecil,” ungkap dia.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.