Connect with us

Travel

SPOT RIYADI: Pemandangan Eksotis di Puncak Bukit

Published

on

Spot Riyadi wisata jogja

Kilasjogja.com, TRAVEL – Spot Riyadi bisa jadi alternatif bagi Anda yang bingung memilih lokasi rekreasi di akhir pekan ini. Spot Riyadi berlokasi di desa Sambirejo, yang terletak di Kecamatan Prambanan, Sleman.

Tempat ini merupakan lokasi favorit para penghobi foto karena terletak di atas bukit dan memiliki pemandangan yang sangat indah.

Spot Riyadi terletak di pekarangan rumah miliki Riyadi atau yang biasa disebut ‘Spot Riyadi’.

Dari tempat ini, Anda bisa melihat hamparan sawah, Candi Prambanan, Candi Sojiwan hingga gunung Merapi yang cukup mempesona.

“Awalnya tempat ini pekarangan biasa dan kandang sapi. Setelah ada acara offroad tahun 2005 itu mulai banyak yang datang ke sini lihat pemandangan di depan rumah. Tahun 2010 baru saya bersihkan dan bikinkan tempat nongkrong,” terang Riyadi, sang pemilik lahan.

Riyadi mengakui bila pemandangan di depan rumahnya itu cukup mempesona.

Terlebih ketika matahari terbit atau tenggelam dan malam hari. Pengunjung yang datang ke tempatnya pun mayoritas adalah anak muda mulai berstatus pelajar hingga mahasiswa.

Para pengunjung di ‘Spot Riyadi’ tidak hanya berasal dari Yogyakarta.

Ada juga yang sengaja datang dari Solo, Magelang hingga Kulonprogo hanya demi melihat pemandangan Candi Prambanan dan Candi Sojiwan yang terlihat apik ketika malam hari.

“Sorotan lampu di Candi Prambanan itu terang sekali dan terlihat bagus dari sini waktu malam. Bagus untuk foto-foto,” jelasnya.

Di rumahnya, Riyadi juga menjual berbagai jenis makanan dan minuman yang bisa dinikmati oleh para pengunjung mulai pukul 06.00 hingga 24.00 WIB setiap hari.

Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau, mulai Rp 10.000 untuk makanan seperti mie ayam dan Rp 5.000 untuk segelas es teh atau jeruk.

Pengunjung juga bisa berfoto di jembatan cinta yang sengaja dibuat di tempat ini dan juga berkemah.

“Setiap hari ramai apalagi hari libur. Ada yang betah nongkrong di sini dari pagi sampai malam,” ungkapnya.

Bagi Anda yang tertarik berkunjung ke Spot Riyadi pada malam hari, tidak ada salahnya mempersiapkan jaket tebal karena udara di tempat ini cukup dingin.

Letak Spot Riyadi ini memang cukup sulit. Untuk mencapai Desa Sambirejo, arahkan kendaraan menuju Candi Prambanan.

Sesampainya lampu merah pasar Prambanan ambil jalan arah selatan atau menuju Jalan Raya Prambanan- Piyungan.

Setelah melewati rel kereta api ada jalan masuk ke kiri menuju arah Restoran Abhayagiri dan ikuti jalan tersebut.

Tidak perlu khawatir tersasar karena ada banyak petunjuk jalan yang akan mengarahkan ke tempat ini.

“Ke sini cocoknya sore apa malam. Atau habis salat subuh sekitar jam lima pagi itu. Pemandangannya baru bagus,” ujar Fani, mahasiswi UNY asal Surabaya yang mengaku sudah tiga kali berkunjung ke tempat ini bersama teman-teman kampusnya untuk foto-foto.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.