Connect with us

Kesehatan

Soft Drink Paling Populer Berdasarkan Bagaimana Beracunnya Mereka

Published

on

Soft Drink Berbahaya

Kilasjogja.com, KESEHATAN – Soft drink atau biasa kita sebut sebagai minuman berkarbonasi soda baru-baru ini menjadi bahan penelitian sejumlah ilmuan dalam penelitiannya 1.000 orang dewasa selama enam tahun mengkonsumsi minuman soda dan minuman manis lainnya mendapatkan tambahan lemak sebesar 0.8 Kg lemak visceral (Lemak Perut). lemak ini akan merusak organ dalam perut anda dan mendorong perut anda keluar atau terlihat buncit.

Lemak visceral telah terbukti meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke dan diabetes, di antara penyakit lainnya.

Soft Drink atau soda terbukti membuat kita terlihat berpenampilan buruk karena kandungan gula didalamnya, di tahun 2016 badan otoritas di amerika USDA mengelurkan pedoman baru untuk kandungan gula dalam minuman bersoda tidak boleh lebih dari 180 kalori gula perhari untuk wanita dan 200 kalori untuk pria.

Di Amerika, FDA telah menerima lebih dad 10400 keluhan konsumen terhadap aspartame.

Penyakit berkembang dalam lingkungan asam Softdrink akan mengendapkan limbah asam dalam tubuh yang menumpuk dalam sendi dan di sekitar organ tubuh. Contohnya, pH tubuh penderita kanker atau randang sendi selalu rendah. Semakin parah penyakit seseorang, semakin rendah pH tubuhnya.

Soda diet tidak berbahaya bagi tubuh merupakan sebuah tipuan yang paling besar Kenyatannya, soda diet juga menimbulkan efek yang buruk, bahkan mengandung lebih banyak pemanis buatan jenis aspartam.

Pemanis buatan ini menyebabkan tubuh kita memiliki respon yang lemah terhadap protein Jika dibiarkan terus menerus, orang bisa terkena kanker depresi, cacat kelahiran (bagi ibu yang sedang mengandung), obesitas, hingga alzheimer.

Anda sebaiknya mengurangi dan lebih baik lagi tidak mengonsumsi soda sama sekali Terutama setelah makan di restoran cepat saji yang biasanya menawarkan paket makanan dengan minuman bersoda. Penuhilah kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih atau teh herbal yang lebih bermanfaat bagi kesehatan.

 

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kesehatan

Cara Mengusir Nyamuk DBD

Published

on

Nyamuk DB

Kilasjogja.com, KESEHATAN – Dalam lima puluh tahun terakhir kejadian penyakit DBD (demam berdarah) sebagai penyakit endemik yang ditularkan oleh nyamuk telah mengalami peningkatan hingga tiga puluh kali lipat di seluruh dunia.

Menurut data yang diterbitkan oleh WHO selaku organisasi kesehatan dunia dan juga Kementerian Kesehatan Indonesia, yang dilansir dalam laman krjogja.com, pada 2016, ada sebanyak 15,2 juta kasus DBD tercatat di Asia Pasifik, lalu sebanyak 202.314 kasus termasuk di dalamnya 1.593 kematian itu dilaporkan terjadi di Indonesia.

Secara alamiah, Indonesia adalah negara tropis dengan musim kemarau dan musim hujan bercurah tinggi. Perihal musim ini mau tidak mau memang menjadi salah satu faktor pendukung penularan penyakit yang disebabkan oleh nyamuk, yakni demam berdarah, zika, dan malaria jadi semakin mudah.

Upaya pengendalian penyakit ini, sejatinya tidak hanya dilakukan oleh pihak pemerintah. Masyarakat idealnya juga sudah melakukan berbagai upaya bersifat preventif, alias pencegahan sebelum terjadinya penyakit. Bukan reaktif, yang mana artinya baru bertindak setelah ada kasus penyakit telah terjadi.

Apa yang bisa kita dilakukan di lingkungan sendiri? Upaya tersebut bisa dimulai dari lingkungan rumah sendiri untuk mencegah datang dan berkembang biaknya nyamuk-nyamuk penyebab demam berdarah, malaria, dan zika. Setidaknya ada tiga cara yang bisa dilakukan, yaitu fisik, biologis, dan kimia.

Cara pertama ialah melalui cara fisik, yakni dengan 3M yang sudah banyak dikenal masyarakat. Tapi sekarang, konsep 3M berarti menguras, menutup, dan mendaur ulang (mendaur ulang barang-barang bekas yang masih bernilai ekonomis). Bukan lagi mengubur langsung di dalam tanah, seperti konsep 3M yang dulu dipahami.

Lalu, cara kedua yang sederhana dan mudah dilakukan ialah dengan cara biologis. Yaitu, mencoba menghadang datangnya nyamuk, dengan cara alami lewat penanaman aneka tanaman di rumah atau lingkungan sekitar. Apa saja tanaman yang selain bisa menghijaukan pemandangan di rumah, namun juga bisa berfungsi untuk menghalau kehadiran nyamuk?

Kepala Subdit Vektor dan Binatang Pembawa Penyakit Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Dr Suwito MKes mengatakan bahwa kita bisa coba menanam lavender, sereh, dan zodiac di sekitar lingkungan rumah.

“Ini beberapa contoh tanaman untuk mengusir nyamuk yang mudah ditanam di rumah dan cocok untuk iklim tropis. Selain bisa digunakan untuk aktivitas rumah tangga, sereh itu contohnya . Tanaman jenis ini bisa membantu untuk mengusir nyamuk, karena ada aroma atsiri yang tidak disenangi oleh nyamuk,” jelasnya.

Terakhir, atau yang ketiga adalah cara kimia yaitu fogging alias penyemprotan dengan menggunakan pestisida yang bertujuan untuk membunuh nyamuk-nyamuk dewasa penyebab penyakit demam berdarah, malaria, dan zika.

Continue Reading

Kesehatan

5 Jenis Makanan Yang Tidak Boleh Dipanaskan Kembali Untuk Sahur

Published

on

Jenis makanan

Kilasjogja.com, KESEHATAN – Sudah menjadi kebiasaan kita orang Indonesia untuk menghemat waktu dan tenaga kita lebih memilih untuk menghangatkan kembali beberapa jenis makanan yang telah dimasak pada malam hari. Memang bagi sebagian besar makanan hal ini lumrah dilakukan.

Namun nampaknya belum banyak dari kalian yang tahu bahwa ada beberapa makanan yang nyatanya taka man jika dihangatkan kembali. Hal tersebut lantaran bagi beberapa bahan makanan proses kimia saat menghangatkannya dapat menyebabkan makanan berubah menjadi racun.

Berikut ini adalah makanan yang sebaiknya tidak kamu hangatkan kembali makanan yang sudah matang.

1. Masakan yang berbahan Jamur-jamuran

Usahakan untuk segera konsumsi jamur setelah dimasak. Jika terlanjur memasak jamur dalam jumlah banyak, sebaiknya makan dalam keadaan dingin. Hal ini karena jamur yang dipanaskan kembali dapat menyebabkan masalah kesehatan pencernaan.

2. Sayur Bening Bayam

Bayam yang sudah dimasak sekali harus segera dikonsumsi. Alasannya adalah jika bayam dipanaskan, kandungan nitrat di dalamnya akan berubah jadi nitrit dan bisa membuat bayam bersifat karsinogenik untuk tubuh.

3. Ayam Goreng

Tentu banyak diantara kalian yang memanaskan kembali menu berbahan dasar ayam bukan? Jika memang terpaksa memanaskan kembali daging ayam, sebaiknya panaskan dengan api kecil. Hal ini karena daging ayam yang dipanaskan kembali dapat merusak struktur proteinnya dan menyebabkan gangguan pencernaan.

4. Jenis Makanan Yang Berbahan Brokoli

Brokoli memang baik untuk kesehatan, namun sama seperti bayam brokoli mengandung nitrat yang jika dipanaskan kembali setelah memasaknya justru membahayakan kesehatan. Brokoli yang dipanaskan kembali bahkan dapat memicu kanker loh.

5. Telur

Sama seperti ayam, kalian tentu sering memanaskan kembali telur bukan? Memanaskan kembali telur rebus bisa membuatnya bersifat letal dan sangat berisiko buruk bagi kesehatan. Maka hindari untuk memanaskan kembali telur yang sudah kamu masak ya.

Continue Reading

Kesehatan

Minum Air Es Untuk Berbuka Puasa Tidak Baik Untuk Kesehatan

Published

on

Air es

Kilasjogja.com, KESEHATAN – Menurut pakar kesehatan, Rita Ramayulis, berbuka puasa dengan mengonsumsi air es justru akan membuat lambung bekerja lebih lambat. Hal ini disebabkan karena air tersebut akan disesuaikan dulu dengan suhu tubuh, sehingga prosesnya akan jadi lebih panjang.

Jika kebiasaan ini terus dilakukan, bukan tidak mungkin kamu malah akan terkena masalah lambung. Kalau sudah terlanjur punya masalah lambung, biasanya maag kamu akan mudah kambuh.

Kalaupun pengen minum air es, Rita menyarankan kamu untuk mengonsumsinya setelah buka puasa dengan mengonsumsi makanan manis (bersuhu normal atau hangat kuku), atau lebih baik lagi dikonsumsi setelah salah tarawih.

Nggak jauh beda dengan Rita, pakar gizi Grace Judio-Kahl, mengeluarkan pendapat yang sama terkait hal ini. Menurutnya, jika air es yang masuk ke dalam tubuh saat perut masih kosong, bisa menimbulkan banyak masalah kesehatan, termasuk radang tenggorokan.

Mengenai menu yang disantap pas buka puasa, Grace menyarankan kamu untuk mengonsumsi buah-buahan yang manis, atau buah dengan kadang air yang tinggi. Misalnya melon, semangka, dan air kelapa muda, yang terbukti lebih sehat dan lebih mudah diserap tubuh.

Nah, sekarang kamu udah tahu kan kenapa minum es pas buka puasa kurang baik bagi kesehatan? Yuk kurangi kebiasaan itu dari sekarang!

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
loading...

Tag

Headline Berita