Connect with us

News

SMA Negeri 1 Pleret Gelar Pemilos

Published

on

pemilos

Kilasjogja.com, BANTUL – SMA Negeri 1 Pleret Bantul atau SMA Bumi Manggala (SMA Buma) menggelar pemilihan langsung ketua OSIS (Pemilos) periode 2017-2018. Pemilos kali ini melibatkan 485 pemilih yang terdiri dari siswa kelas X, XI dan XII serta menerapkan sistem pemilihan langsung dibilik suara.

Edi Purwanta, Wakil Kepala Sekolah bidang kesiswaan mengatakan Pemilos ini bertujuan untuk memberikan pendidikan demokrasi siswa-siswi yang juga termasuk pemilih pemula bagi yang berusia 17 tahun. Pelaksanaan pemilos juga dilengkapi dengan surat suara.

“Calon Ketua OSIS untuk Pemilos tahun ini ada lima orang yang terdiri dari tiga siswa cowok dan dua siswa cewek,” terangnya.

Prosedur pencalonan ketua OSIS dimulai dari rapat di masing-masing kelas untuk mengajukan satu calon Ketua OSIS dan lima calon Pengurus OSIS. Nantinya calon-calon itu akan disah kan oleh Panitia Pemilihan OSIS (PPO).

“Nanti rapat pemungutan suara akan dilaksanakan mirip dengan pemilu Pilpres dan Legislatif,” jelas Haryanto, Waka Humas SMA Negeri 1 Pleret yang juga menjabar sebagai pendamping KPPS.

Kelima calon Ketua OSIS itu adalah Enjang M, Yudhatama RWA, Dhefina Putri, Galih Nur W dan Dani Setiawan. Nantinya, mereka akan diberikan waktu berkampanye untuk menyampaikan visi dan misinya di depan seluruh siswa ketika melakukan apel Pemilos dan melakukan deklarasi damai.

Calon Ketua OSIS nomor urut dua, Yudhatama RWA meraih suara terbanyak dalam Pemilos kali ini dengan meraih 182 suara. Disusul calon Ketua OSIS nomor urut satu, Enjang Mahanani dengan perolehan 66 suara, Galih Nur W (58 suara), Defina Putri (39 suara) dan Dani Setiawan (29 suara) dengan total jumlah surat suara 374 dan surat suara tidak sah sebanyak 101 lembar.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.