Connect with us

News

Petani Sleman Punya Jaringan Irigasi Baru!

Published

on

Petani kabupaten sleman

Kilasjogja.com, Sleman – Jaringan irigasi sawah di Kabupaten Sleman akan semakin panjang. Pasalnya,  Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kabupaten Sleman akan membangun jaringan irigasi baru sepanjang 700 meter dengan nilai kontrak Rp 542 juta.

“Saluran irigasi ini untuk melanjutkan saluran yang sudah ada. Kira-kira panjangnya 700 meter lebih. Jika masih berpasir tentu airnya cepat meresap ke tanah. Namun setelah dinding dan lantainya disemen, harapannya air bisa dua kali lebih cepat sampai ke lahan pertanian,” terang Bandiyanta Dwi Saputra, Kepala Seksi Pembangunan dan Peningkatan.

Hadirnya jaringan irigasi baru pun disambut antusias oleh petani di wilayah Tirtoadi, Sleman. Sebab, merasa kurang suplai air lantaran jaringan irigasinya berdinding tanah. Permukaannya juga berpasir sehingga air hanya mengalir pelan. Peningkatan jaringan irigasi yang kini dilakukan diharapkan mampu mendongkrak produktivitas petani.

Kendala lain, saat musim penghujan air bahkan sering membludak ke sawah lantaran tersumbat sampah yang didominasi plastik. Untuk itulah dengan dibangunnya jaringan irigasi tentu akan merasa sangat terbantu.

“Saat musim kemarau, air dari bendungan sangat jarang bisa sampai ke lahan pertanian ini. Kalau pun bisa, paling debitnya sangat kecil. Hal ini disebabkan saluran irigasinya masih dari tanah,” jelas Kirno, salah satu petani.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Internasional

Foto Selfie Miss Israel dan Irak Memicu Kemarahaan Publik Arab

Published

on

selfie miss israel dan irak picu kemarahan publik arab
Ratu Kecantikan Israel Adar Gandelsman (kiri) selfie bersama Ratu Kecantikan Irak Sarah Idan. Foto/Instagram Sarah Idan

Kilasjogja.com, LAS VEGAS – Foto selfie bersama antara kontestan Miss Universe 2017 asal Israel dan Irak memicu kemarahan publik Arab, walapun maksud dari selfie tersebut adalah untuk mempromosikan perdamaian dunia. Pengguna media sosial di arab agaknya tidak setuju dengan hal tersebut ratu kecantikan Irak di anggap tidak pantas foto bersama dengan ratu kecantikan dari negera yang menjajah plestina.

Miss Irak Sarah Idan dan Miss Israel Adar Gandelsman akan bersaing pada 26 November 2017 di Planet Hollywood, Las Vegas.

“Ketahuilah, ini Miss Irak dan dia luar biasa,” tulis Adar Gandelsman,19, di halaman Instagram-nya. Foto itu telah di-like hampir 2.500 orang sejak diunggah hari Selasa pekan lalu.

Miss Irak, Sarah Idan, juga mengunggah foto selfie bersama tersebut di halaman Instagram-nya.”Peace and Love from Miss Iraq and Miss Israel,” tulis Sarah Idan. Foto yang dia unggah telah di-like sekitar 1.700 orang.

Meski foto mereka menyuarakan pesan perdamaian dan cinta, tapi para netizen Arab tak bisa menerima. Israel yang tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Irak tetap dianggap sebagai negara yang melakukan pendudukan terhadap tanah Arab.

“Foto kedua wanita tersebut bersama-sama mempromosikan perdamaian, tidak sesuai dengan selera setiap orang,” kata YouTuber Arab, Sabrina Bennoui.

Asaad Abukhalil, seorang profesor yang berbasis di Amerika Serikat (AS) melalui Twitter juga mengkritik foto tersebut.”Ratu Kecantikan Irak dengan senang hati berpose dengan Ratu Kecantikan pendudukan dan kebrutalan,” tulis dia.

”Jika Anda adalah seorang Arab yang terhormat, Anda harus membenci Israel selamanya. Palestina adalah kehormatan kami, orang Arab,” bunyi komentar seorang pengguna Instagram yang lain.

“Anda menginginkan perdamaian dengan para musuh, dengan orang-orang yang menyerang tanah dan membunuh anak-anak yang tidak bersalah,” kritik netizen Arab lainnya.

Namun, tidak semua orang tersinggung dengan foto tersebut. Beberapa pejabat, teutama dari Israel justru memujinya.

Juru bicara Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Inir Gendelman memuji Idan dan Gandelsman yang berbagi sebuah pesan harapan yang besar untuk wilayah Timur Tengah.

“Miss Irak Sarah Idan dan Miss Israel Adar Gandelsman (tidak ada hubungan) bertemu di kontes kecantikan Miss Universe dan menjadi teman. Miss Irak mem-posting foto ini di Instagram-nya. Pesan harapan yang besar untuk wilayah ini. Semoga sukses untuk Sarah maupun Adar,” tulis Gendelman di Twitter, yang dikutip Senin (20/11/2017).

Setelah memicu kemarahan publik Arab, Sarah Idan mengeluarkan sebuah pernyataan permintaan maaf yang disebabkan oleh foto tersebut. Dia mengatakan bahwa tujuan foto itu untuk mempromosikan keinginan bersama dalam mewujudkan perdamaian dunia”.

”Miss Israel mendekati saya saat sesi foto. Setelah dengan baik menyapa saya, dia bertanya apakah kami bisa berfoto bersama dan saya setuju karena saya melihatnya sebagai kesempatan untuk mengungkapkan keinginan bersama kami untuk perdamaian dunia. Fotonya dari kami mendapat pujian, sementara saya hanya mendapat komentar negatif,” kata Sarah Idan.

”Foto ini tidak berarti saya memaafkan pemerintah Israel atau kebijakannya. Saya ingin meminta maaf kepada siapapun yang menganggap ini sebagai penghinaan terhadap kepentingan Palestina,” lanjut dia.

Continue Reading

News

Air Mancur Menari di Prambanan Light Festival

Published

on

Air Mancur

Kilasjogja.com, SLEMAN – Tidak perlu jauh-jauh pergi hingga luar negeri bila hanya ingin melihat air mancur menari (danciong foutain).

Cukup datang ke Prambanan Light Festival di Taman Wisata Candi Prambanan.  Di tempat ini, Anda akan melihat air mancur menari dengan iringan musik dan permainan warna, menjadi tontonan utama.

Pertunjukan berlangsung 17 November – 10 Desember 2017, pukul 17.00-22.00.  Show perdana air mancur menari, Jumat (17/11) pukul 19.30, sesi kedua pukul 20.30 dan sesi ketiga pukul 22.30.

Meskipun hujan mengguyur, pertunjukkan tetap berlangsung. Penonton bisa menyaksikan dari tenda sambil menikmati sajian aneka kuliner, baik yang tradisional maupun kekinian.

Air mancur yang menari juga bisa berfungsi sebagai layar seperti layar film. Kemudian proyektor menyorot dengan gambar. Menonton film dengan layar dari air.

Prambanan Light Festivala bernuansa lampion ada yang berbentuk aneka bunga seperti tulip, mawar, gandum dan lain-lain, juga berupa ikan bisa digunakan untuk swafoto. Ada pula garden light, dan padang light. Semua menyala.

Humas Taman Pelangi Sigit Iwan, mengatakan Prambanan Light Festival merupakan bagian dari Event Festival of Light yang akan digelar akhir tahun 2017.

Festival lampion di Taman Candi Prambanan itu merupakan kerjasama Manajemen Taman Pelangi dengan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko.

Pada hari biasa buka 17.00-22.00 sedang pada akhir pekan sampai pukul 23.00.

Air mancur menari yang dioperatori oleh Stefanus AKW membutuhkan tenaga listrik 40-80 KW. Airt mancur bisa menari, laser show, dan semburan api setinggi 25 meter.

Sigit menambahkan, PT Taman Pelangi sudah keliling Jawa untuk mempertontonkan air mancur menari yang bertaraf internasional itu.

Menurutnya, di mana saja event itu digelar, mendapat sambutan yang bagus dari masyarakat. Sigit berharap tontonan yang juga dilengkapi dengan wahana permainan anak bisa memeriahkan dan menggembirakan pengunjung anak-anak.

Diharapkan pula bisa memberi kesan mendalam bagiowisatawan yang berkunjung di Yogyakarta.

Continue Reading

Nasional

UNTUK SETYA NOVANTO: IDI Bentuk Tim untuk ‘Second Opinion’

Published

on

Setya Novanto

Kilasjogja.com, JAKARTA – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) membentuk tim untuk memeriksa kondisi kesehatan Setya Novanto (Setnov). Tim dokter IDI pun sudah mulai melakukan pemeriksaan, kemarin.

Tim IDI bekerja atas permintaan KPK untuk ikut memeriksa kondisi Novanto sebagai second opinion.

IDI telah menerjunkan tim dokter untuk melakukan pemeriksaan terhadap Ketua DPR ini yang kini berada di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Salemba.

“Saya nggak bisa sebutkan jumlahnya dokter yang ikut memeriksa tapi yang jelas tim sudah mulai bekerja,” terang Adib Khumaidi, Sekjen IDI.

Adib Khumaidi mengatakan, tim dokternya akan memeriksa secara langsung kondisi kesehatan Setnov usai kecelakaan di Permata Hijau Jakarta Barat, Kamis malam lalu.

Saat ditanya apakah ada yang janggal dari luka yang diderita Novanto dalam foto yang tersebar di media sosial, Adib memaparkan, pengecekan kondisi Novanto tidak bisa dilakukan dengan hanya berdasarkan foto.

Dia juga tidak bisa berspekulasi tentang janggal tidaknya kondisi kesehatan Novanto usai kecelakaan menabrak tiang listrik itu.

Sementara itu, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi melakukan penahanan terhadap Ketua DPR Setya Novanto (Setnov), Jumat (17/11).

Tersangka kasus korupsi proyek pengadaan e-KTP itu menjalani penahanan selama 20 hari sampai Rabu (6/12) di Rutan Negara Polres Jakarta Timur Cabang KPK.

Namun, Setnov kini dibantarkan di RSCM karena masih memerlukan perawatan pascakecelakaan Kamis malam lalu. “KPK melakukan penahanan kepada SN karena diduga keras serta bukti yang cukup telah melakukan tindak pidana korupsi kasus e-KTP,” ungkap Febri Diansyah, Kabiro Humas KPK.

Pembantaran penahanan merupakan penundaan penahanan sementara terhadap tersangka karena alasan kesehatan. Pembantaran penahanan dapat diberikan karena alasan kesehatan (rawat jalan/rawat inap), diperkuat dengan keterangan dokter.

Menurut hasil pemeriksaan di RSCM, sampai saat ini Setnov masih membutuhkan perawatan lebih lanjut atau rawat inap untuk obeservasi, sehingga, KPK melakukan pembantaran penahanan terhadap tersangka Setnov.

“Namun, kuasa hukum menolak menandatangani berita acara pembantaran tersebut, sehingga penyidik menyiapkan berita acara penolakan pembantaran penahanan dan kembali tidak ditandatangani pihak SN,” ujarnya.

Presiden Joko Widodo meminta Ketua DPR Setya Novanto mengikuti seluruh proses hukum di KPK, yang telah menetapkannya menjadi tersangka korupsi kasus e-KTP.

“Saya minta Pak Setya Novanto mengikuti proses hukum yang ada,” kata Presiden Jokowi kepada wartawan seusai menghadiri sarasehan ‘Mewujudkan Konstitusional DPD RI Tahun 2017’, di gedung Nusantara IV DPR.

Presiden meyakini proses hukum menyangkut Setnov di KPK akan terus dilakukan.
Mengenai kemungkinan pergantian pimpinan DPR terkait status Setya Novanto, Presiden Jokowi tidak menjawab langsung. “Itu wilayahnya DPR,” katanya.

 

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
loading...

Headline Berita