Connect with us

News

Petani Sleman Punya Jaringan Irigasi Baru!

Published

on

Petani kabupaten sleman

Kilasjogja.com, Sleman – Jaringan irigasi sawah di Kabupaten Sleman akan semakin panjang. Pasalnya,  Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kabupaten Sleman akan membangun jaringan irigasi baru sepanjang 700 meter dengan nilai kontrak Rp 542 juta.

“Saluran irigasi ini untuk melanjutkan saluran yang sudah ada. Kira-kira panjangnya 700 meter lebih. Jika masih berpasir tentu airnya cepat meresap ke tanah. Namun setelah dinding dan lantainya disemen, harapannya air bisa dua kali lebih cepat sampai ke lahan pertanian,” terang Bandiyanta Dwi Saputra, Kepala Seksi Pembangunan dan Peningkatan.

Hadirnya jaringan irigasi baru pun disambut antusias oleh petani di wilayah Tirtoadi, Sleman. Sebab, merasa kurang suplai air lantaran jaringan irigasinya berdinding tanah. Permukaannya juga berpasir sehingga air hanya mengalir pelan. Peningkatan jaringan irigasi yang kini dilakukan diharapkan mampu mendongkrak produktivitas petani.

Kendala lain, saat musim penghujan air bahkan sering membludak ke sawah lantaran tersumbat sampah yang didominasi plastik. Untuk itulah dengan dibangunnya jaringan irigasi tentu akan merasa sangat terbantu.

“Saat musim kemarau, air dari bendungan sangat jarang bisa sampai ke lahan pertanian ini. Kalau pun bisa, paling debitnya sangat kecil. Hal ini disebabkan saluran irigasinya masih dari tanah,” jelas Kirno, salah satu petani.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Nasional

Bom Bunuh Diri Gereja Surabaya 2 Tewas

Published

on

Bom Bunuh Diri

Kilasjogja.com, SURABAYA – Ledakan bom bunuh diri yang terjadi di Gereja Katolik Santa Maria Tak Bercela di Ngagel, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (13/5/2018) pagi WIB memakan korban jiwa.

Informasi yang disampaikan Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera, ada dua korban jiwa dan 13 orang luka-luka.

“Ada dua korban jiwa. Satu pelaku bom bunuh diri dan satu jemaat. Untuk jemaat, dia meninggal saat dirawat di Rumah Sakit dr Soetomo Surabaya,” ungkap Barung Mangera, Minggu (13/5/2018).

Sedangkan 13 korban, tambah Barung, masih dalam perawatan. “13 masih dirawat di rumah sakit. Data yang kami terima, dari 13 korban yang dirawat, dua anggota polisi dan 11 adalah warga masyarakat,” urainya.

Sebelumnya, Barung menjelaskan jika ledakan terjadi sekitar pukul 07.00. “Informasi yang kami dapat, ledakan terjadi sekitar pukul 07.00,” jelasnya saat ditemui Suara.com di tempat kejadian perkara (TKP).

Ditambahkan Barung, diduga pelaku teror bom meledakkan dirinya di area gereja.

Kekacauan Setelah Bom Bunuh Diri Meledak di Gereja di Surabaya

bom meledak di Gereja di Surabaya. Bom pertama meledak di Gereja Santa Maria, Surabaya. Rupanya, bom susulan juga meledak di dua gereja lainnya.

Bom meledak selang lima menit setelah ledakan pertama. Karo Penmas Divisi Humas Polri Kombes Pol M Iqbal membenarkan adanya ledakan.

“Benar ada dugaan ledakan bom, saat ini kepolisian setempat sedang lakukan upaya-upaya kepolisian evakuasi korban dan pengamanan lokasi,” kata Iqbal dikonfirmasi, Minggu (13/5).

Tampak dalam foto dan video, sejumlah kaca pecah dan beberapa motor tergeletak. Warga yang berada di sekitar ledakan bom berhamburan untuk menyelamatkan diri.

Hingga kini belum ada informasi pasti soal jumlah korban akibat ledakan ini.

View post on imgur.com

View post on imgur.com

View post on imgur.com

Polisi menduga ledakan tersebut merupakan bom bunuh diri menggunakan sepeda motor yang terjadi pada pukul 07.15 WIB.

“Benar ada dugaan ledakan bom” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Hubungan Masyarakat Polri Brigadir Jenderal Polisi Mohammad Iqbal saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Ahad (13/5).

Kendati demikian, Iqbal belum bisa menginformasikan lebih lanjut perihal banyaknya korban dan kronologi. Kejadian tersebut menurutnya btau terjadi dan kepolisian masih melakukan tidakan yang diperlukan.

“Saat ini kepolisian setempat sedang melakukan upaya-upaya kepolisian,” kata Iqbal.

Tindakan kepolisian tersebut seperti evakuasi korban. Kepolisian juga melakukan pengamanan lokasi di sekitar tempat terjadinya ledakan.

Continue Reading

Internasional

Pollution Pods Pengunjung Bisa Merasakan Polusi Dari Seluruh Dunia

Published

on

Polusi
Credit: Michael Pinsky, Somerset House for Earth Day (c) Peter Macdiarmid

Kilasjogja.com, INTERNASIONAL –  Polusi udara bertanggung jawab atas jutaan kematian di seluruh dunia, upaya menyoroti masalah lingkungan seorang seniman di inggris Michael Pinsky membuat 5 buah kubah geodesik yang saling berhubungan yang di beri nama “Pollution Pods“.

Kubah ini di buat bersama dengan perusahaan penyaring udara Airlabs asal Denmark dan hasilnya memungkinkan orang yang masuk kedalamnya untuk menghirup kualitas udara dari ke 5 negara di dunia yaitu Bejing, Sao Paulo, London, New Delhi dan Tautra Island di Norwegia.

Michael Pinsky melakukan simulasi kondisi atmosfer masing-masing kota dengan menggunakan bahan kimia yang sangat aman, pengunjung diarakah ke dalam kubah yang dengan tingkat pencemaran udara paling kecil Tautra Norwegia dan berlanjut ke negara dengan pencemaran polusi terparah di dunia Sao Paulo di Brazil.

Melalui installasi yang berbentuk seperti rangkaian kubah ini, para pengunjung bisa dengan bebas membandingkan sensasi udara yang berbeda di berbagai kota dan merasakan kualitasnya. Selain itu pengunjung juga bisa merasakan adanya perpindahan perubahan udara dari kondisi tempat yang kering, dingin, panas, maupun lembab.

Dalam sebuah wawancara Earth Day, Pinksy mengatakan, “Saya ingin mereka mempertimbangkan bagaimana konsumsi barang-barang murah yang tumbuh di timur yang menghasilkan pasar bagi industri yang kurang peduli tentang kesejahteraan pekerja mereka atau lingkungan.”

Polusi udara adalah kenyataan yang sulit untuk dihadapi dan tidak banyak yang perduli terhadap hal ini, banyak ilmuan besar seperti – Carl Sagan, Stephen Hawking, dan banyak lainnya – telah memperingatkan tentang kerugian polusi dan dampaknya selama beberapa dekade. Sejauh ini kita mengetahuinya, bahwa polusi udara sangat mempengaruhui kehidupan cerdas di Bumi generasi selanjutnya. Jika kita tidak memiliki kesadaran diri. Kita secara sistematis meracuni satu-satunya rumah dan diri kita sendiri.

Continue Reading

Internasional

Square Enix Membuka Lowongan Kerja Untuk Final Fantasy VII Remake

Published

on

Final Fantasy VII

Kilasjogja.com, INTERNASIONAL – Salah satu developer besar jepang Square Enix mencari anak muda beberbakat dan betalenta untuk project Final Fantasy VII Remake. Official website Square Enix, kemarin mengumumkan bahwa mereka sedang mencari orang untuk posisi battle planner dan level planner. Dua posisi penting ini sepertinya sedang silih berganti diisi karena mereka belum menemukan talent yang cocok dan sesuai dengan visi misi team project Final Fantasy VII Remake.

Lalu apa saja tugasnya?

Menurut yang tertulisa dalam websitenya, Battle planner akan bertanggung jawab untuk membangun sistem tempur yang kuat, merancang musuh dan bos, serta membuat sistem leveling yang mendikte pertumbuhan dan parameter pemain di seluruh game.

Sedangkan Level planner bertanggung jawab untuk membangun workflows lokasi level dan menangani layout level dengan menggunakan Unreal Engine 4.

Dikatakan juga tidak ada batasan umur untuk melamar pekerjaan ini. Asalkan kalian punya skill dan pengalaman yang dapat dibuktikan, kalian berkesempatan untuk mengikuti seleksi. Ngomong-ngomong tentang gaji yang ditawarkan adalah sekitar 4.500.000¥ sampao 8.000.000¥. Silahkan diconver ke rupiah pake kalkulator kalian sendiri kalo kepo. Hehehe. Besarnya gaji tergantung kepad akemampuan dan kinerja nanti.

loker-ff

Dalam webiste dan pengumuman e-career dijelaskan juga bahwa untuk kalian yang berminat melamar silahkan datang ke kantor atau kirimkan lamaran melalui email resmi mereka.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
loading...

Headline Berita