Connect with us

Nasional

Patrialis Akbar Divonis 8 Tahun Penjara

Published

on

patrialis akbar

Kilasjogja.com, NASIONAL – Mantan hakim konstitusi Patrialis Akbar terbukti melakukan tindak pidana korupsi saat menjadi hakim konstitusi. Patrialis Akbar divonis 8 tahun penjara dan denda Rp 300 juta karena terbukti menerima suap untuk biaya umrah.

Hakim berkesimpulan, dari total USD 50 ribu yang diberikan kepada Kamaludin, USD 10 ribu di antaranya telah diserahkan kepada Patrialis untuk biaya umrah.
“Menjatuhkan hukuman 8 tahun penjara,” terang Nawawi Pamolang, Ketua Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (4/9/).

Patrialis Akbar terbukti menerima USD 10 ribu dari pengusaha Basuki Hariman. Uang tersebut disebutkan hakim untuk biaya umroh Patrialis. Vonis Patrialis Akbar ini lebih rendah 4,5 tahun dari tuntutan jaksa penuntut umum (JPU).

Sebelumnya, pada 26 Januari 2016 KPK resmi menetapkan Patrialis Akbar sebagai tersangka dugaan suap uji materil UU Nomor 41 Tahun 2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan. Patrialis ditangkap di Mal Grand Indonesia (GI) bersama seorang wanita.

KPK mengamankan uang USD 20 ribu dan SGD 200 ribu dari tangan Patrialis Akbar. Selain itu, KPK menyita dokumen pembukuan perusahaan, catatan-catatan dan aspek lain yang relevan dengan perkara, voucher pembelian mata uang asing, dan draf putusan perkara nomor 129/PUU-XIII/2015 yang merupakan nomor perkara uji materi UU Nomor 41 Tahun 2014.

Setelah menyandang status tersangka, Patrialis Akbar resmi ditahan KPK. Dia keluar dari Gedung KPK mengenakan rompi tahanan berwana oranye. Mantan hakim konstitusi itu didakwa menerima uang USD 70 ribu. Uang itu diberikan oleh Basuki Hariman dan Ng Fenny untuk mempengaruhi putusan perkara uji materi undang-undang nomor 41 tahun 2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Atas perbuatan itu, Patrialis diancam pidana pasal 12 huruf c jo pasal 18 undang-undang nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan atas undang-undang nomor 31 tahun 1999 tentang tindak pidana korupsi jo Pasal 55 ayat 1 dan pasal 64 ayat 1 KUHP.

Patrialis Akbar dituntut hukuman penjara 12,5 tahun ditambah denda Rp 500 juta subsider 6 bulan. Jaksa menyatakan Patrialis terbukti melakukan korupsi untuk mempengaruhi perkara nomor 129/PUU-XIII/2015 terkait permohonan uji materi UU no 41/2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan.

“Saya tidak akan mau memberikan penilaian terhadap putusan karena ini adalah otoritas hakim untuk memutuskan. Saya serahkan kepada Yang Maha Kuasa Allah SWT untuk menilai mana yang benar mana yang tidak,” jelas Patrialis usai sidang putusan di Pengadilan Tipikor.

Patrialis lantas menjelaskan selama ini tuduhan penerimaan uang terhadapnya selalu berubah-ubah. Pada akhirnya Patrialis terbukti menerima USD 10 ribu dan Rp Rp 4.043.195 dari pengusaha Basuki Hariman.

“Semual saya dalam konpers KPK dinyatakan diduga menerima USD 20 ribu, SGD 200 ribu. kemudian dalam dakwaan, ditingkatkan saya diduga menerima USD 70 ribu dan SGD 200 ribu. akhirnya dalam tntutan jaksa jaksa mengakuti sendiri, saya hanya menerima USD 10 ribu dan Rp 4 juta sekian, putusan hakim juga demikian USD 10 ribu dan Rp 4 juta sekian,” ungkapnya.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Nasional

Jamaah Haji Tidak Berangkat dari Bandara Kertajati

Published

on

haji

Kilasjogja.com, NASIONAL – Rencana pemberangkatan tiga kloter jemaah haji Provinsi Jawa Barat melalui Bandara Kertajati dipastikan batal. Sebab, hal in bisa menyalahi prosedur karena belum ada dasar hukumnya.

“Pemberangkatan dari Kertajati belum ada dasar hukumnya mengingat bandara itu belum ditetapkan sebagai bandara Embarkasi Haji dan atau Embarkasi Haji Antara,” jawab Nizar Ali, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah.

Jika dipaksakan, lanjut Nizar, hal itu berpotensi menyalahi Undang-Undang No 13 tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Haji dan Umrah dan bisa menjadi temuan pengawas keuangan negara.

Dalam konteks Jawa Barat, lanjut Nizar, prosedurnya adalah pemberangkatan jemaah dari Embarkasi Haji Bekasi ke Bandara Soekarno-Hatta, lalu ke Arab Saudi. Karenanya, jika jemaah haji diberangkatkan dari Embarkasi Haji Bekasi menuju Bandara Kertajati terlebih dahulu, maka hal itu akan menyalahi prosedur. Hal itu juga berpotensi menimbulkan masalah bagi jemaah, baik kelelahan fisik maupun psikologi.

“Rencana pemberangkatan jemaah dengan rute Asrama Haji Bekasi ke Bandara Kertajati lalu terbang ke Bandara Soekarno Hatta, menyalahi UU Penyelenggaraan Haji dan Umrah,” tambahnya.

Menurut Nizar, Pasal 35 UU 13/2008 mengatur bahwa transportasi dari daerah asal ke embarkasi menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah. Sedang Pasal 33 mengatur bahwa pelayanan transportasi dari embarkasi ke Saudi pergi pulang menjadi wewenang Menteri Agama.

“Menteri Agama sudah mengatakan bahwa karena memerlukan asrama haji, maka tahun ini Kertajati belum bisa digunakan sebagai embarkasi,” ujarnya.

Nizar menambahkan bahwa tahun ini Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Arab Saudi sudah bersepakat bahwa jemaah haji Jawa Barat akan melakukan proses biometrik dan finger print di Asrama Haji Bekasi. Adapun untuk proses precleareance akan dilakukan di Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng.

Seluruh jemaah haji asal Provinsi Jawa Barat sudah diberangkatkan menuju Arab Saudi secara bertahap sejak 18 Juli 2018. Proses ini akan berlangsung hingga 15 Agustus 2018.

“Kami minta kepada Ketua PPIH Embarkasi Bekasi untuk tetap memberangkatkan seluruh jemaah haji asal Jawa Barat sesuai prosedur yang ditetapkan, yaitu dari asrama haji Embarkasi Bekasi menuju Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng,” katanya.

Continue Reading

Nasional

38 Kali Gempa Susulan di Malang Selatan

Published

on

Gempabumi

Kilasjogja.com, NASIONAL – Pasca terjadinya gempa megathrust di selatan Malang berkekuatan 5,8 Skala Ricter tadi malam (19/8) yang guncangannya dirasakan di seluruh wilayah selatan Jawa timur dan Bali, hingga pagi ini masih banyak warga yang minta penjelasan kepada BMKG.

Kepala Bidang informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Dr Daryono mengatakan  hingga pagi ini Jumat 20 Juli 2018, pukul 8.00 WIB sudah terjadi 38 kali gempa susulan di selatan Malang.

“Perlu kami jelaskan bahwa aktivitas gempa semacam ini tergolong masih wajar dan normal,” terangnya.

Dalam ilmu gempa atau seismologi, aktivitas gempa seperti yang terjadi di selatan Malang ini disebut sebagai Gempa Tipe I.

Menurut Kiyoo Mogi ahli gempa jepang yaitu tipe aktivitas gempa yang diawali dengan gempa pendahuluan (foreshocks) selanjutnya terjadi gempa utama (mainshock) dan selanjutnya diikuti oleh serangkaian gempa susulan (aftershocks) yang banyak.

Gempa selatan Malang ini menjadi menarik karena mengingatkan kita dan menjadi penanda aktifnya zona megathrust di selatan Malang.

Mensikapi hal ini tentu langkah paling tepat adalah mengedepankan sikap waspada dengan meningkatkan kapasitas diri, memperkuat mitigasi, tanpa rasa takut dan khawatir berlebihan.

Namun demikian berdasarkan tren data gempa susulannya tampak ada kecenderungan kekuatannya semakin melemah, dan frekuensi kejadiannya semakin jarang.

Dari 38 aktivitas gempa susulan, kekuatan gempa terkecil M=3,2 dan yang terbesar M=4,9.

Berdasarkan data ini tampaknya sangat kecil peluang akan terjadi gempa dgn kekuatan yg lebih besar dari gempa utamanya, di tempat tsb.

“Masyarakat tak perlu cemas, takut, dan kawatir. BMKG akan terus memonitor aktivitas gempa  dan hasilnya segera diinformasikan kepada masyarakat,” jawabnya.

Perlu dipahami bahwa semua gempa yg terjadi dengan kekuatan signifikan akan diikuti oleh aktivitas susulan, sehingga banyaknya gempa susulan di selatan Malang ini masih dinilai wajar.

Apalagi jika gempa yang terjadi di zona batuan “rapuh (brittle) ” maka gempa susulan yang terjadi akan lebih banyak.

“Masyarakat harus memahami bahwa gempa susulan itu “baik” karena menjadi sarana batuan dalam melepas semua energi yang tersimpan sehingga batuan akan menjadi stabil dan normal kembali,” imbuhnya.

Continue Reading

Nasional

Toyota Tambah Titik Layanan Servis Pada Mudik Lebaran 2018

Published

on

mudik lebaran toyota tambah titik layanan servis

Kilasjogja.com, NASIONAL – Titik pelayanan servis di mudik Lebaran 2018, seperti diumumkan Toyota ada di 307 lokasi, meningkat dibanding tahun lalu yang berjumlah 292 titik. Dengan demikian, ada penambahan sebanyak 15 titik pelayanan.

Lebih lanjut, ke-307 titik layanan servis tersebut terbagi menjadi 23 posko siaga di sepanjang Pulau Sumatera, Jawa, Bali dan Sulawesi; 11 bengkel siaga yang beroperasi selama 24 jam; 273 bengkel siaga yang tetap buka selama libur panjang Lebaran. Program posko siaga plus bengkel siaga berlangsung mulai 8 – 20 Juni mendatang.

“Kehadiran titik-titik pelayanan Toyota yang bisa dinikmati dan diakses selama musim libur Lebaran merupakan wujud apresiasi kami terhadap kepercayaan dan loyalitas pelanggan. Kami berharap, berbagai fasilitas tersebut dapat mendukung pelanggan dalam menikmati perjalanan ke kampung halamannya,” kata Vice President Director PT. Toyota Astra Motor Henry Tanoto.

Toyota memperbanyak titik pelayanan servis selama masa mudik Lebaran 2018, jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Selain hadirnya Posko Siaga dan Bengkel Siaga, Toyota juga menghadirkan aplikasi ‘Toyota Teman Mudik’ yang dapat diunduh bagi pengguna Android dan iOs. Di dalam aplikasi ini antara lain berisi informasi tentang Posko dan Bengkel Siaga Toyota, peta digital, tips mudik, doa-doa dan jadwal Imsyakiah, permainan, dan lain-lain.

Lokasi Posko dan Bengkel Siaga 24 Jam

Dari 23 posko Siaga Toyota di mudik Lebaran 2018, sebanyak enam di antaranya ada di Jawa Barat. Lokasinya tersebar di:

  • Tol Merak – Jakarta KM.68; Jl Raya Puncak KM.80 Cisarua
  • Jl. By Pass Parakan Muncang – Nagreg KM.28,5
  • Tol Cikampek Rest Area KM.57; Rest Area Tol Cipali KM.102
  • Rest Area Tol Palikanci KM.226-227

Toyota menaruh lima posko siaga di Sumatera. Tempat-tempatnya adalah:

  • SPBU 14.206.190 Suka Damai, Sei Bamban, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi; Jl Lintas Pekanbaru
  • Sumatera KM 105 Tanjung Alai Kec XIII Koto, Kampar-Riau
  • JL. Lintas Riau Sumut, Minas Jaya, Minas, Kabupaten Siak, Riau 28267
  • Jl.Lintas Timur Pekan Baru – Jambi KM 73 kel.Merlung Tanjung Janung Barat
  • Jambi; Gerbang Tol Bakauheni Selatan, Km 4.5, Hata, Bakauheni, Lampung Selatan.

Di Sulawesi terdapat empat posko siaga. Jika dirincikan, titik-titiknya ialah

  • Jl. Poros Pangkajene – Barru (Jl. Sultan Hasanuddin. Kec. Barru Kab. Barru); Jl. Poros Jeneponto – Bantaeng (Jl. Pahlawan Karisa. Kab. Jeneponto)
  • Jl. Trans Sulawesi, Kel. Toboli, Kec. Parigi Utara, Kab. Parigi Moutong
  • Jl. Poros Raterate – Unaaha (Jl. Jendral Sudirman).

Jawa Timur memiliki tiga posko siaga yakni di

  • Rest Area Tol Jombang – Mojokerto KM.678 B
  • Tugu Perbatasan Jateng – Jatim, Bancar, Tuban
  • Jl. Raya Banyuglugur – Situbondo (3 KM arah timur PLTU Paiton).

Jawa Tengah pun ada tiga posko, tepatnya di

  • Rest Area Penarukan, Adiwerna, Tegal KM 275 TOL Pejagan – Pemalang
  • Rest Area Ungaran Km 22
  • Jl. Tol Tembalang, Susukan, Ungaran Timur, Semarang, Jawa Tengah 50516; Rest Area Masaran Sragen – Karang Malang, Sragen, Jawa Tengah 57282.

Bengkel siaga 24 jam di Jawa Tengah berlokasi di

  • Jl. Raya Kalibanger Km. 3, Pekalongan 51129;
  • Jl. Pemuda No. 72 Semarang 50133;
  • Jl. Slamet Riyadi 558, Solo 57144;
  • Jl. Raya Magelang-Yogya Km. 5, Mertoyudan Magelang 56172;
  • Jl. Magelang Km. 7, Mlati, Sleman Jogjakarta 55285;
  • Jl. Raya Kudus – Pati Km. 4, Kudus.

Bengkel siaga 24 jam di Jawa Timur terdapat di

  • Jl. Jend. Ahmad Yani No. 210, Surabaya 60235.

Bengkel Siaga 24 Jam Jawa Barat

  • Jl. Siliwangi 76, Bogor 16720;
  • Jl. Dr. Djundjunan No. 192, Bandung 40163.

Sulawesi Selatan punya satu bengkel siaga 24 jam, tepatnya di Jl. Jend. Sudirman No. 97,Palopo. Sisa satu bengkel siaga 24 jam lagi berada di Lampung yaitu di Jl. Raya Hadji Mena No. 2000, Natar, Lampung Selatan 35362.

BACA JUGA: Info Mudik 2018 Waspadai Tanjakan Panjang Jembatan Kenteng

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
loading...

Tag

Headline Berita