Connect with us

Travel

PANTAI KLAYAR: Tanah Lot Ala Pacitan

Published

on

Pantai Klayar Pacitan

Kilasjogja.com– Namanya memang belum begitu kondang, namun Pantai Klayar mampu memberikan suguhan yang indah nan eksotik. Pantai Klayar terletak kurang lebih 45 km sebelah barat Pacitan, tepatnya berada di Kecamatan Donorojo.

Pantai ini masih terlihat asri dan ‘perawan’, pasalnya baru dibuka untuk umum dua tahun belakangan ini. Hamparan pasir putih membentang, layaknya Pantai Sanur di Bali dan Pantai Sepanjang di Gunungkidul. Kanan dan kiri diapit oleh bukit. Di sisi barat,

Anda dapat naik ke atas bukit untuk melihat pemandangan ke arah laut lepas atau pemandangan di sekitar pantai Klayar. Di sisi sebelah timur Anda dapat memanjat batu karang. Di tempat ini Anda juga bisa menjumpai semacam air mancur yang berasal dari lubang batu karang yang terkena hempasan ombak pantai selatan.

Air mancur atau yang lebih familiar disebut efek blow pipe ini disebabkan oleh tertekannya air laut dan udara yang terjebak di retakan batuan. Sehingga menghasilkan semburan air setinggi belasan meter yang diikuti bunyi melengking.

Jangan kaget jika tiba-tiba ada air mancur menyembur ke atas yang bisa mencapai ketinggian 10 meter. Air mancur ini menghasilkan suara mirip siulan sehingga sering disebut sebagai seruling laut. Konon bagi masyarakat sekitar air mancur tersebut bisa membuat orang awet muda.

Berjalan menyusuri pantai ke arah timur, Anda akan bertemu dengan sungai kecil yang airnya terasa tawar dan mengalir membelah pantai untuk kemudian menyatu dengan air laut.  Jika mengajak putra-putri Anda, biarkan mereka berenang di aliran sungai tersebut, karena aliran tidak begitu deras dan kedalaman hanya sebatas mata kaki orang dewasa.

Batu-batu karang terlihat tinggi menjulang di sebelah timur. Jika diperhatikan batuan karang tersebut mirip dengan bentuk Sphinx yang ada di Mesir. Saat mencoba untuk menyisir pantai yang kebetulan sedang surut, terlihat seorang ibu tengah asyik mencari rumput laut. Ada juga yang membawa rumput untuk pakan ternaknya.

“Ini kali pertamanya saya datang ke Pantai Klayar. Pemandangan cukup memaukau dan menurut saya pantai ini mirip dengan The Beach yang ada di Thailand. Sayangnya cuaca siang ini sangat terik sehingga langsung membakar kulit,” terang Yustiana, salah satu pengunjung.

Perjalanan menuju Pantai Klayar menjadi sensasi dan tantangan tersendiri. Jalanan rusak dibeberapa bagian dan sempit, kelokan tajam serta naik turun bukit akan akan memacu adrenalin.  Ada beberapa ruas jalan dengan tanjakan dan turunan cukup ekstrem. Namun semua akan terbayar dengan keindahan pemandangan bukit layaknya piramida dan lembah yang akan menemani sepanjang perjalanan.

Jika berangkat dari Yogyakarta, jarak pantai Klayar kurang lebih sekitar 110 km. Dengan melewati rute Jl Wonosari – Pathuk – Wonosari – Pracimantoro – Giritontro. Untuk menuju lokasi, Anda harus menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil.

Beberapa bagian dari jalan menuju pantai Klayar banyak jalan yang berlubang, jadi Anda harus ekstra berhati-hati. Seringkali terdapat papan petunjuk yang menyesatkan sebaiknya jika Anda tersesat segeralah bertanya sebelum masuk ke dalam bukit yang lebih tinggi lagi.

“Barangkali karena akses menuju pantai ini susah jadi belum banyak orang yang tahu. Padahal jika digarap dengan matang bisa jadi pantai ini menjadi wisata unggulan dari Pacitan,” kata Setyo, pengunjung asal Yogya.

Pantai Klayar bukan merupakan pantai yang bisa dijadikan untuk berenang. Namun pantai ini akan lebih indah jika dinikmati dari sisi pemandangan dan suasananya. Kalau Anda senang dengan dunia fotografi, pantai ini cocok untuk diabadikan dalam bidikan kamera.

Map:

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.