Connect with us

News

Mobil Balap UNY Taklukkan Shizouka

Published

on

Mobil UNY

Kilasjogja.com, SLEMAN – Mobil balap buatan mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang tergabung dalam Garuda UNY Team (GUT) berkompetisi dalam ajang Student Formula Japan (SFJ) 2017 di Shizouka Jepang.

Tim yang dilepas Rektor UNY, Prof Dr Sutrisna Wibawa MPd akhir Agustus 2017 lalu, saat ini tengah menjalani proses perlombaan. Ajang SFJ 2017 ini merupakan kompetisi mobil balap bergengsi yang sangat ketat dan kompetitif.

Namun demikian, hal itu tidak membuat gentar tim Garuda UNY. Een Juliani, anggota GUT menjelaskan, SFJ 2017 ini merupakan kompetisi ketiga yang pernah diikuti.

“Dengan modal pengalaman dua tahun mengikuti kompetisi SFJ, GUT telah merancang berbagai inovasi dan pembaharuan dalam mobil formula yang paling baru yaitu Formula Garuda 17 (FG 17),” terang Een Juliani,

Sebelumnya, GUT berkompetisi di Shell Eco Marathon (SEM) Singapura dan International Student Car Competition (ISCC) di Korea Selatan. Pada gelaran SFJ 2017 kali ini FG 17 mengalami pengurangan bobot sebanyak 10 kilogram, dari sebelumnya.

Sehingga saat ini memiliki bobot 210 kilogram. Perbaikan juga dilakukan pada sistem pemasukan udara dibuat lebih kecil, efeknya pada efisiensi bahan bakar. Bentuk mobil juga lebih streamline, sehingga udara masuk lebih efektif.

“Improvisasi juga dilakukan pada kerangka bagian belakang kali ini lebih diperkuat dan dipertebal, karena sebelumnya usai dipakai beberapa ratus kilometer terjadi keretakan,” ungkap Een.

Delegasi GUT berjumlah 17 mahasiswa dengan 1 orang advisor. Para mahasiswa yang turut serta berlaga dalam SFJ 2017 berasal dari lintas fakultas, seperti Fakultas Teknik, Fakultas MIPA, dan Fakultas Bahasa dan Seni.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.