Connect with us

Entertainment

Menristekdikti Apresiasi Film Tengkorak

Published

on

Tengkorak

Kilasjogja.com, SLEMAN –  Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) M Nasir mengapresiasi film ‘Tengkorak’ yang diproduksi oleh Sekolah Vokasi (SV) UGM dan menjadi nominator dalam fastival film Cinequest di California Amerika Serikat.

Nasir berharap SV UGM optimis mampu memenangi festival film tersebut. “Kalau pun belum bisa menang dan baru masuk nominasi, tahun depan capaiannya harus lebih tinggi lagi,” terangnya.

Menurut Nasir, para pemenang di era disruptive innovation seperti sekarang ini adalah orang-orang yang selalu berinovasi dan kreatif. Ia menyontohkan perusahaan Go-Jek yang mampu menjawab kebutuhan masyarakat lewat aplikasi dan akhirnya booming dengan aset miliaran dollar Amaerika.

“Saya yakin UGM sebagai universitas kelas dunia, sangat mampu untuk menciptakan inovasi-inovasi seperti Go-jek,” jelasnya.

Ia juga berpesan supaya produksi film oleh SV UGM tidak berhenti pada film Tengkorak, namun berkelanjutan. Ia menyarankan SV UGM menggandeng banyak praktisi sebagai pendamping akademisi untuk mencetak lulusan handal yang kompeten dan profesional bidangnya.

“Kolaborasi ini sangat penting, kalau bisa komposisi praktisinya sampai 50 persen,” ungkapnya.

Dekan SV UGM Dr Wikan Sakarinto yang turut bermain dalam Film Tengkorak mengatakan, film ini satu-satunya film karya anak bangsa yang berhasil masuk nominasi Best Film di Cinequest 2018 untuk kategori Best Film Science Fiction, Fantasy dan Horror bersaing dengan puluhan film dari berbagai negara.

Film Tengkorak akan diputar empat kali di ajang Cinequest, awal Maret mendatang. Banyak inovasi dalam film ini seperti inovasi multimedia, inovasi animasi dan spesial efek. Semuanya dilakukan mahasiswa dan dosen SV UGM khususnya Prodi Diploma Kompuer dan Sistem Informasi (peminaan multimedia).

“Film ini 100 persen diproduksi sendiri,” katanya.

Menurut Wikan, film Tengkorak yang bergendre fiksi ilmiah berhasil diakui di berbagai festival film internasional, salah satunya Festival Film Asia JAFF 2017. Oleh karenanya, harus didukung seluruh pihak, baik dukungan finansial maupun non-finansial. Sehingga tidak hanya sukes di berbagai festival internasional, namun juga sukses di pasar nasional maupun internasional.

Baca Juga:

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Entertainment

Inul Daratista Rugi Miliaran Rupiah

Published

on

Kilasjogja.com, ENTERTAINMENT – Penyanyi dangdut Inul Daratista ikut merasakan dampak musibah gempa dan tsunami yang melanda Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. Sebagai pemilik bisnis karaoke, Inul juga memiliki tempat usaha di Palu.

Seperti daerah Palu lainnya, tempat karaoke Inul pun tak luput dari musibah. Inul mengungkapkan jika tempat karaoke-nya sudah rata dengan tanah.

“Karaoke saya ada di sana, ya sudah wassalam,” katanya.

Inul menaksir kerugian yang dialaminya karena hancurnya aset bisnis di Palu mencapai miliaran rupiah. Kendati demikian, pedangdut yang populer dengan Goyang Ngebor ini mengaku iklhas dan tidak mempermasalahkannya.

“Rugi miliaran lah mungkin, itu kan asetnya yang hilang, ada segala macam di dalamnya. Tapi enggak apa-apa, itu musibah. Saya menerima itu dengan lapang dada. Jadi enggak usah dihitung-hitung,” jelas pemilik nama lahir Ainur Rokhimah itu.

Inul juga memikirkan nasib karyawannya yang menjadi korban bencana dan harus tinggal di pengungsian.

“Karyawannya ada beberapa yang jadi korban. Tapi masih alhamdullilah dalam hal ini, bersyukur karena untungnya tidak ada korban jiwa (meninggal),” ucapnya.

Penyanyi 39 tahun itu pun tergerak untuk menyumbang sebagian rezekinya untuk membantu para korban dan juga karyawannya. Melalu acara penggalanggan dana tersebut, ia berharap bisa turut meringankan beban korban bencana.

“Kalau namanya musibah nggak bisa dihindari, tapi kita harus berdoa semoga yang mereka diberi ketabahan dan semoga bisa kembali normal dan sistem di sana juga cepat balik lagi,” tutup Inul.

Baca Juga:

Continue Reading

Entertainment

5 Aktor Hollywood Ini Meninggal Sebelum Filmnya Tayang

Published

on

Aktor Hollywood

Kilasjogja.com, Entertaiment – Siapa yang bisa menduga bahwa 5 aktor Hollywood ini meninggal dunia sebelum film yang mereka bintangi bisa tayang dan nikmati oleh penonton serta para fan’s mereka.

Umur memang  tidak ada yang bisa menebak kapan berakhirnya, di puncak karir dan kejayaan para actor Hollywood malah meninggal dunia. Tentunya kabar kematian tentang mereka hanya menyisakan kesedihan bagi kerabat terdekat, keluarga dan pastinya para fan’s mereka di seluruh belahan dunia.

5 aktor hollywood yang meninggal sebelum film besar mereka resmi tayang

1. Paul Walker – Fast Furious 7

Paul walker As Brian O Connor
Paul walker as Brian o'conner

Ketika sedang menyelesaikan syuting film balap mobil Fast Furious yang juga diperankan oleh Vin Diesel, Paul mengalami kecelakaan tunggal yang membuat dirinya meninggal seketika di tempat. Film pun harus mengalami beberapa editan khusus agar tetap bisa rilis sesuai jadwal. Kabar ini sontak membuat seluruh dunia berkabung dan menyayangkan kejadian tersebut. Sosok Brian O’Conner pasti tak akan pernah terlupakan.

2. Heath Ledger – The Dark Knight

Heath Ledger As Joker

6 bulan sebelum filmnya tayang di bioskop, Ledget di temukan meninggal di apartemennya di New York. Overdosis obat-obatan adalah penyebab dari kematiannya, namun beberapa pengamat tidak setuju bahwa hal tersebut murni konsumsi obat-obatan saja.

Seperti yang di ketahui untuk mempersiapkan perannya, Heath Ledger bersembunyi di sebuah kamar hotel selama enam minggu. Selama waktu itu, ia berusaha menggali lebih jauh psikologi dari karakter Joker. Dia menghabiskan waktunya untuk menguasai cara tertawa dan suara Joker, ia juga memastikan aktingnya itu akan jauh berbeda dengan Jack Nicholson, pemeran Joker sebelumnya.

Bisa di bayangkan seberapa jauh keinginan seorang Ledger menjadi seorang Joker yang dengan sisi sakit jiwa. Banyak yang menduga sang actor tenggelam dalam perannya menjadi Joker dan itu mempengaruhi sisi kejiwaan dari Ledger.

Hal gila yang dilakukan Ledger menjadikanya seorang Legend Pemeran Joker:

  • Ledger mendesain sendiri makeup signaturenya dalam film ini.
  • Adegan video yang merekam dirinya sedang menyiksa Batman palsu disutradarai langsung oleh Heath Ledger sendiri.
  • Ciri khas saat memainkan lidahnya itu benar-benar kontribusi Heath Ledger untuk karakter Joker.
  • Dalam adegan di mana Batman menginterogasi Joker, Ledger meminta Christian Bale untuk benar-benar memukulnya sekeras mungkin agar terlihat adegannya sangat nyata.
  • Dua momen klasik dari film yang benar-benar improvisasi dari Heath Ledger. Yang pertama ketika Gordon terpilih sebagai Komisaris dan Joker memberikan pujian yang sarkas sebenarnya tidak ada dalam naskah, tetapi Nolan tetap menyuruh Ledger melanjutkan. Yang kedua, ketika adegan meledakkan rumah sakit, Ledger ternyata salah memencet tombol.

Ledger memerankan peran Joker dengan sangat baik, dia bahkan mendapat penghargaan Oscar dari perannya tersebut.

 

3. Robin Williams – Night at The Museum: Secret of the Tomb

Night at The Museum Robin Williams

Meninggal dengan cara cukup menyayat hati, Robin Williams memilih mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri. Bertahun-tahun bergumul dengan depresi membuatnya memutuskan untuk bunuh diri saja. Saat itu, tepatnya tahun 2014 sebenarnya Robin sedang merampungkan filmnya Night at the Museum. Kabar meninggalnya benar-benar menyisakan kesedihan dalam bagi semua orang yang mengikuti kiprahnya di dunia perfilman dunia.

4. Bruce Lee – Enter the Dragon

Bruce Lee Enter the Dragon

Salah satu aktor laga legendaris yang memiliki jasa besar dalam kiprah aktor Asia di mata dunia, Bruce Lee juga termasuk salah satu aktor yang meninggal sebelum filmnya tayang. Tepatnya tahun 1973, Bruce Lee meninggal karena pembengkakan pada otak. Dirinya sempat dilarikan ke rumah sakit namun tetap tidak berhasil selamat.

5. Brandon Lee – The Crow

Memory of Brandon Lee
Memory Of Brandon Lee

Kejadian tragis menimpa anak Bruce Lee yang memiliki bakat akting seperti ayahnya yakni Brandon Lee. Sayangnya, Brandon meninggal saat syuting karena tidak sengaja tertembak peluru sungguhan. Brandon sempat dilarikan ke rumah sakit namun tidak sanggup tertolong lagi. Dia meninggal di usia yang cukup muda yakni 28 tahun.

Di balik meninggalnya ke 5 aktor hollywood tersebut menjadikan merek seorang Legend yang belum bisa di gantikan oleh aktor lainnya sampai saat ini.

Baca Juga:

Continue Reading

Entertainment

Nafa Urbach Suka Menghilang

Published

on

Nafa Urbach

Kilasjogja.com, ENTERTAINMENT- Penyanyi Nafa Urbach sudah delapan bulan menyandang status janda, setelah resmi bercerai dari Zack Lee pada Oktober 2017. Sampai saat ini, artis yang pada 15 Juni lalu genap 38 tahun tersebut belum terlihat menggandeng pria lain yang menjadi pasangan kekasihnya.

Pemilik nama lengkap Nafa Indria Urbach ini mengungkapkan, diirinya bukanlah tipe perempuan yang gampang memulai sebuah hubungan. Ibu satu anak ini mengaku ada beberapa pria yang telah menyatakan cinta, tetapi ditolaknya.

“Saya bukan tipe orang yang gampang memulai sesuatu. Beberapa kali ada yang mengajak aku pacaran. Tapi pas ditembak, gue bisa hilang berbulan-bulan dan itu terjadi berkali-kali gitu,” jawabnya.

Pelantun lagu ‘Melepasmu Kelemahanku’ itu memilih untuk menolak pernyataan cinta dari beberapa pria dengan menghilang sampai tiga bulan lamanya, dengan cara tidak menanggapi pesan yang dikirim kepadanya.

“Setiap ada yang ngomong suka sama aku, kita sudah jalan, habis itu saya bisa hilang dua minggu, tiga minggu, bahkan satu bulan,”katanya.

Menurut Nafa, dirinya tetap menjaga silaturahmi dengan Zack Lee meski sudah bercerai, demi putri semata wayang mereka Mikhaela Lee Jowono. Artis kelahiran Magelang itu dan Zack berupaya membuat sang putri tetap nyaman meski orangtuanya berpisah.

Baca Juga:

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
loading...

Tag

Headline Berita