Connect with us

Olahraga

Lieke Martens, Pesepakbola Terbaik Eropa 2017

Published

on

Kilasjogja.com – Siapa pemain terbaik Eropa tahun 2017 akhirnya terjawab. Dia adalah Lieke Martens, pemain Barcelona dan striker tim nasional wanita Belanda. Wanita 24 tahun itu terpilih menjadi Pemain Wanita Terbaik Eropa 2017 mengalahkan Pernille Harder dan Dzsenifer Marozsan. Penentuan juara ini dilakukan UEFA berdasarkan polling 16 pelatih wanita EURO 2017 bersama 20 wartawan yang lolos proses seleksi media olahraga Eropa (ESM).

Dalam polling tersebut Lieke Martens mendapatkan poin 95 sedangkan Pernille Harder meraih 81 dan Dzsenifer Marozsan memperoleh 47.

“Menakjubkan, ini adalah suatu kehormatan besar bagi saya,” ujar Lieke Martens setelah menerima penghargaan tersebut. Saya bangga tetapi saya tidak akan bisa mencapai ini tanpa rekan satu tim saya,” terang Martens.

 

 

 

 

PERJALANAN KARIER

Pemain bernama lengkap Lieke Elisabeth Petronella Martens ini lahir pada tanggal 16 Desember 1992 di Nieuw-Bergen, provinsi bagian Utara di Limburg, Belanda. Ia mengawali kariernya bersama tim sepakbola wanita Belanda, SC Heerenveen selama satu musim, 2009/10, selama satu musim ia mampu mencetak 2 gol dalam 18 penampilan.

Semusim kemudian, Martens pindah ke tim sepakbola wanita Belanda lainnya, VVV-Venlo. Bersama Venlo, ia memiliki sedikit peningkatan, yakni mencetak 9 gol dalam 20 pertandingan. Nama Martens di dunia sepakbola mulai mencuat ketika ia membela klub Bundesliga Jerman, FCR 2001 Duisburg selama dua tahun, yaitu di tahun 2012 hingga 2014. Bersama Duisburg, ia memang hanya mencetak 7 gol dalam 30 pertandingan, namun kepiawaiannya dalam mengolah si kulit bundar membuat namanya semakin melambung.

Pada musim 2014/15, ia pindah ke Liga Swedia dengan memperkuat Kopparbergs/Goteborg FC. Bermain selama satu musim, namun kenyataannya pemain yang berposisi sebagai gelandang tengah ini benar-benar tampil ciamik. Bahkan, dia mampu mencetak 12 gol dalam 37 pertandingan di seluruh kompetisi yang ia mainkan bersama klubnya tersebut.

Usai membela Kopparbergs/Goteborg FC, Martens hengkang ke klub pesaingnya, FC Rosengard. Bersama klub yang berbasis di kota Malmo ini, ia lebih mengkilapan namanya di dunia sepakbola wanita. Dari tahun 2015 hingga pertengahan tahun 2017 ini, ia tercatat mencetak 17 gol dalam 26 pertandingan. Martens juga turut meyumbanglan Piala Swedia Wanita di musim 2015/16 serta Piala Super Swedia di tahun 2016.

Pada musim terakhirnya bersama Rosengard, Lieke Martens berhasil mencetak 8 gol dalam 11 pertandingan. Berkat performanya yang ciamik inilah membuat Martens direkrut oleh salah klub terbaik di dunia asal Spanyol, Barcelona.

 

 

Karier Intenasional

Lieke Martens mengawali debut karier internasionalnya bersama Timnas Belanda senior di tahun 2011 lalu. Namun, ia baru mencetak gol pertamanya untuk Negeri Kincir Angin pada tanggal 28 Februari 2012 lalu saat melawan Timnas Italia dalam kejuaraan Piala Siprus 2012. Kompetisi internasional resmi yang dilakoni oleh Martens adalah Women’s Euro 2013 yang digelar di Swedia. Kala itu, ia dipanggil oleh pelatih Roger Reijners. Sayangnya, dalam kompetisi tersebut, Timnas Wanita Belanda tampil kurang mengesankan dengan menjadi juru kunci di Grup B.

Meski demikian, performa Martens di kancah internasional masih tetap bekembang. Puncaknya adalah saat ia berhasil membawa Timnas Wanita Belanda menjadi juara Women’s Euro 2017. Berbeda dengan empat tahun sebelumnya, pada tahun ini, ia berhasil membawa Belanda menjadi juara Grup A dengan raihan poin yang sempurna. Ia turut menyumbangkan tiga gol, di mana salah satu di antaranya berhasil ia ciptakan dalam laga final melawan Denmark.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.