Connect with us

Football

Lieke Martens, Pesepakbola Terbaik Eropa 2017

Published

on

Kilasjogja.com – Siapa pemain terbaik Eropa tahun 2017 akhirnya terjawab. Dia adalah Lieke Martens, pemain Barcelona dan striker tim nasional wanita Belanda. Wanita 24 tahun itu terpilih menjadi Pemain Wanita Terbaik Eropa 2017 mengalahkan Pernille Harder dan Dzsenifer Marozsan. Penentuan juara ini dilakukan UEFA berdasarkan polling 16 pelatih wanita EURO 2017 bersama 20 wartawan yang lolos proses seleksi media olahraga Eropa (ESM).

Dalam polling tersebut Lieke Martens mendapatkan poin 95 sedangkan Pernille Harder meraih 81 dan Dzsenifer Marozsan memperoleh 47.

“Menakjubkan, ini adalah suatu kehormatan besar bagi saya,” ujar Lieke Martens setelah menerima penghargaan tersebut. Saya bangga tetapi saya tidak akan bisa mencapai ini tanpa rekan satu tim saya,” terang Martens.

 

 

 

 

PERJALANAN KARIER

Pemain bernama lengkap Lieke Elisabeth Petronella Martens ini lahir pada tanggal 16 Desember 1992 di Nieuw-Bergen, provinsi bagian Utara di Limburg, Belanda. Ia mengawali kariernya bersama tim sepakbola wanita Belanda, SC Heerenveen selama satu musim, 2009/10, selama satu musim ia mampu mencetak 2 gol dalam 18 penampilan.

Semusim kemudian, Martens pindah ke tim sepakbola wanita Belanda lainnya, VVV-Venlo. Bersama Venlo, ia memiliki sedikit peningkatan, yakni mencetak 9 gol dalam 20 pertandingan. Nama Martens di dunia sepakbola mulai mencuat ketika ia membela klub Bundesliga Jerman, FCR 2001 Duisburg selama dua tahun, yaitu di tahun 2012 hingga 2014. Bersama Duisburg, ia memang hanya mencetak 7 gol dalam 30 pertandingan, namun kepiawaiannya dalam mengolah si kulit bundar membuat namanya semakin melambung.

Pada musim 2014/15, ia pindah ke Liga Swedia dengan memperkuat Kopparbergs/Goteborg FC. Bermain selama satu musim, namun kenyataannya pemain yang berposisi sebagai gelandang tengah ini benar-benar tampil ciamik. Bahkan, dia mampu mencetak 12 gol dalam 37 pertandingan di seluruh kompetisi yang ia mainkan bersama klubnya tersebut.

Usai membela Kopparbergs/Goteborg FC, Martens hengkang ke klub pesaingnya, FC Rosengard. Bersama klub yang berbasis di kota Malmo ini, ia lebih mengkilapan namanya di dunia sepakbola wanita. Dari tahun 2015 hingga pertengahan tahun 2017 ini, ia tercatat mencetak 17 gol dalam 26 pertandingan. Martens juga turut meyumbanglan Piala Swedia Wanita di musim 2015/16 serta Piala Super Swedia di tahun 2016.

Pada musim terakhirnya bersama Rosengard, Lieke Martens berhasil mencetak 8 gol dalam 11 pertandingan. Berkat performanya yang ciamik inilah membuat Martens direkrut oleh salah klub terbaik di dunia asal Spanyol, Barcelona.

 

 

Karier Intenasional

Lieke Martens mengawali debut karier internasionalnya bersama Timnas Belanda senior di tahun 2011 lalu. Namun, ia baru mencetak gol pertamanya untuk Negeri Kincir Angin pada tanggal 28 Februari 2012 lalu saat melawan Timnas Italia dalam kejuaraan Piala Siprus 2012. Kompetisi internasional resmi yang dilakoni oleh Martens adalah Women’s Euro 2013 yang digelar di Swedia. Kala itu, ia dipanggil oleh pelatih Roger Reijners. Sayangnya, dalam kompetisi tersebut, Timnas Wanita Belanda tampil kurang mengesankan dengan menjadi juru kunci di Grup B.

Meski demikian, performa Martens di kancah internasional masih tetap bekembang. Puncaknya adalah saat ia berhasil membawa Timnas Wanita Belanda menjadi juara Women’s Euro 2017. Berbeda dengan empat tahun sebelumnya, pada tahun ini, ia berhasil membawa Belanda menjadi juara Grup A dengan raihan poin yang sempurna. Ia turut menyumbangkan tiga gol, di mana salah satu di antaranya berhasil ia ciptakan dalam laga final melawan Denmark.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Football

Dortmund Kalah Lagi

Published

on

Dortmund Kalah Lagi

Kilasjogja.com, FOOTBALL- Hasil negatif di bundesliga kembali ditorehkan Borussia Dortmund pekan ini. Menjamu Werder Bremen di Signal Iduna Park, Dortmund takluk 1-2.

Awalnya Dortmund sempat membuat Bremen gebrakan di awal-awal lewat serangan balik cepat yang dibangun oleh Christian Pulisic dan Shinji Kagawa namun kandas di kotak penalti.

Dortmund justru kebobolan lewat serangan balik cepat yang dilakukan Bremen di menit ke-26.

Max Kruse, melepaskan umpan panjang ke sisi kanan dan di sambut Maximilian Eggestein, yang sedikit melakukan gerakan sebelum akhirnya melepaskan tembakan terukur ke gawang Roman Burki.

Hingga babak pertama usai, Dormund tak mampu mencetak gol balasan. Bremen pun unggul 1-0.

Di babak kedua, serangan Dortmund akhirnya membuahkan gol untuk mengubah skor menjadi 1-1 lewat tandukan Pierre-Emerick Aubameyang, setelah striker asal Gabon itu mendapat umpan lambung Kagawa.

Petaka muncul ketika Theodor Gebre Selassie berhasil melesakkan gol lewat sundulan setelah menerima umpan Kruse di menit 68.

Hingga laga usai, tak ada gol tambahan yang tercipta. Bremen berhasil pulang dengan tiga poin setelah menang dengan skor 2-1.

Kemenangan ini membuat Bremen naik ke posisi 16 dengan poin 14, kalah satu poin dari Hamburg yang ada di zona aman.

Sementara itu, kekalahan ini membuat Dortmund tetap tertahan di posisi ketujuh dengan poin 22.

“Kami merasakan kalah di laga di mana kami bermain baik, tapi babak pertama benar-benar menyakitkan mata saya. Saya tak pernah melihat kami bermain begitu buruk,” terang Peter Bosz, pelatih Dortmund.

Continue Reading

Football

Hore, PSIM Yogyakarta Bertahan di Liga 2

Published

on

PSIM Yogyakarta

Kilasjogja.com, FOOTBALL – Doa pecinta sepak bola Yogyakarta kepada PSIM Yogyakarta akhirnya terkabul. Klub berjuluk Laskar Mataram memastikan tetap bertahan di kompetisi Liga2 musim depan.

Kepastian bertahan di kompetisi Liga2 didapat PSIM Yogya usai mengandaskan PSBK Blitar dengan skor meyakinkan, 3-0 pada laga kedua mereka dalam babak play off Grup H di Stadion Kanjuruhan Malang, Minggu (15/10) malam. Laga terakhir melawan PSCS pada Rabu (18/10) tidak berpengaruh lagi.

Di pertandingan semalam, Pelatih PSIM Erwan Hendarwanto sedikit melakukan perubahan komposisi ketika melawan PSBK Blitar.

Erwan Hendarwanto memasang Ayub Antoh di bek sayap yang sebelumnya diisi M Rifky dan langsung menurunkan pemain baru asal Persatu Tuban Supriyadi di posisi gelandang sayap. Keduanya bahu membahu dengan Dicky Prayoga dan Hendika Arga Permana di posisi belakang.

PSIM langsung tampil menekan dan membuka keunggulan berkat gol Dicky melalui tendangan kerasnya.

Sebelum turun minum, PSIM mengandakan keunggulan akibat gol bunuh diri pemain lawan yang bermaksud menghalau bola hasil tendangan bebas Dicky yang justru masuk ke gawangnya sendiri.

PSIM kian menjauh melalui tendangan penalti Engkus Kuswaha pada penghujung laga setelah salah satu pemain PSBK hands ball di kotak penalti.

“Perjuangan anak-anak luar biasa. Mereka penuh motivasi dan tampil tenang di pertandingan,” terang pelatih asal Magelang.

Meski masih menyisakan satu pertandingan, PSIM sudah aman di puncak karena tidak mungkin terkejar oleh rival-rivalnya. PSIM kini mengantongi nilai enam, sudah unggul empat poin dari rival terdekatnya, PSCS di posisi runner up.

Sebab pada laga sebelumnya di tempat sama, PSCS hanya mampu bermain imbang 3-3 dengan Persipur Purwodadi.

“PSIM jadi tim pertama di babak play off yang sudah memastikan bertahan,” terang Agung Damar Kusumandaru, manajer PSIM.

Agung Damar Kusumandaru berharap pada pertandingan terakhir melawan PSCS, Rabu (18/10), pemain PSIM Yogyakarta bisa bermain lebih enjoy dan kembali meraih kemenangan untuk memantapkan posisi puncak, meski telah memastikan bertahan di kompetisi Liga 2 dalam musim depan.

Continue Reading

Football

Choirul Huda Mengalami Luka Dibagian Dada

Published

on

Choirul Huda Meninggal

Kilasjogja.com, Football – Persepakbolaan nasional sedang berduka Choirul huda kiper PERSELA Lamongan menghembuskan nafas terakhirnya di RSUD dr, Soegiri, Lamongan setelah terjadi Insiden bertabrakan dengan Ramon Rodrigues saat kontra Semen Padang, Minggu (15/10) sore di Stadion Surajaya, Lamongan.

Kiper Persela Lamongan tersebut meninggal pada Pukul 17:15 WIB, Pasca meninggal, Jenazah langsung dibawa ke rumah duka di Jalan Basuki Rachmat Lamongan. Keluar dari Rumah Sakit dengan terbungkus kain kafan, Almarhum disambut oleh Suporter Persela yang telah menunggu.

Meninggalnya kiper yang memiliki segudang prestasi dan merupakan panutan bagi seluruh tim Persela Lamongan ini diringi oleh isak tangis keluarga dan para supporter yang merasa kehilangan sosok kiper yang mereka cintai ini.

Video Detik-Detik Penyebab Choirul huda Meninggal Di Lapangan

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
loading...

Headline Berita