Connect with us

Travel

Kerennya Telaga dan Wana Desa Potorono

Published

on

Potorono

Kilasjogja.com, TRAVEL – Warga di Desa Potorono kini memiliki tempat rekreasi baru bernama telaga dan wana desa yang berlokasi di Dusun Salakan. Setiap sore, tempat ini selalu dipenuhi warga.

Ada yang bersantai sambil menikmati indahanya pemandangan alam, berfoto selfie serta memberi makan ikan yang ada di dalam telaga. Tidak ada retribusi uang masuk dan biaya parkir kendaraan pun seikhlasnya.

“Anak saya setiap hari minta ke sini memberi makan ikan. Betah berjam-jam,” terang Wuri, pengunjung yang mukim di Baturetno.

Telaga dan Wana Desa Potorono bisa menjadi salah satu tempat wisata yang layak dikunjungi bersama keluarga.

Fasilitas umum yang ada di dalamnya pun tergolong komplet karena ada gasebo, taman, tempat duduk hingga parkir kendaraan. Akses jalan menuju tempat ini pun tergolong mudah dan tidak sulit dicari.

Warga yang mukim di pinggir telaga dan wana desa memanfaatkan keramaian dengan menjual makanan, gorengan dan minuman dengan konsep angkringan. Ada juga yang menjual pakan ikan atau pelet hingga berjualan makanan ringan keliling.

“Larangannya ikan di dalam telaga tidak boleh dipancing dan jaga ketertiban umum,” jelas Ali Qosim, Ketua Pokdarwis Telaga dan Wana Desa Potorono.

Ali mengatakan lahan telaga dan wana desa dulunya merupakan tanah kas desa bekas tambang pasir yang lama dibiarkan begitu saja hingga menjadi rawa. Dia bersyukur lahan tersebut dimanfaatkan oleh Badan Lingkungan Hidup DIY.

“Manfaat telaga dan wana desa ini baik untuk lingkungan sekitar,” ungkapnya. Tertarik datang?

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.