Connect with us

Nasional

Kejutan Hakim Cepi Iskandar

Published

on

Cepi Iskandar

Kilasjogja.com, NASIONAL – Cepi Iskandar, hakim  Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan membuat keputusan mengejutkan, yakni mengabulkan permohonan praperadilan Ketua Umum DPP Golkar, Setya Novanto (Setnov). Hakim Cepi menilai penetapan tersangka oleh KPK terhadap Novanto tidak sah.

“Mengabulkan permohonan praperadilan untuk sebagian dan menyatakan surat perintah penyidikan (Sprindik) terhadap Setya Novanto tertanggal 17 Juli 2017 yang menetapkan pemohon sebagai tersangka oleh termohon tidak sah,” kata Hakim Cepi Iskandar saat membacakan putusan di PN Jakarta Selatan, 

Hakim juga memerintahkan KPK untuk menghentikan penyidikan terhadap Setya Novanto. Setnov sebelumnya disangkakan Pasal 3 atau Pasal 2 ayat 1 UU No 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU No 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP dalam kasus proyek pengadaan e-KTP.

Hakim tunggal ini dalam pertimbangan putusannya menyatakan, penetapan tersangka terhadap Novanto tidak berdasarkan pada dua alat bukti yang sah dan cacat hukum.

“Menimbang pertimbangan dalam perkara a quo, sprindik tertanggal 17 Juli 2017 beserta penetapan tersangka dan seluruh bukti dari termohon adalah cacat hukum dan tidak ada dua alat bukti sah yang dapat menetapkan pemohon sebagai tersangka,” ucap Hakim Cepi saat membacakan pertimbangan putusannya.

Hakim Cepi berpendapat, penetapan Novanto sebagai tersangka tidak berdasarkan prosedur hukum acara perundang-undangan sebagaimana dalam UU 30/2002 tentang KPK, KUHAP dan Standard Operating Procedure (SOP) KPK.

Kepala Biro Hukum KPK Setiadi menyatakan, lembaga antirasuah ini akan mempelajari kembali terkait putusan hakim Cepi Iskandar yang menerima sebagian permohonan praperadilan yang diajukan Setnov dalam kasus e-KTP.

Namun, katanya, KPK tetap menghargai dan menghormati apa yang menjadi putusan ataupun dalil dari putusan praperadilan tersebut.

Setiadi menyatakan, pihaknya akan mengacu pada isi atau ketentuan pada Peraturan Mahkamah Agung (Perma) No 4 Tahun 2016 dimana jika penetapan tersangka dibatalkan, penyidik dibenarkan untuk mengeluarkan surat perintah baru.

“Namun, ini bukan berarti sikap dari kami karena akan melakukan konsolidasi dan mengevaluasi. Kemudian yang terakhir sebenarnya dalam hal putusan ini kami memang tidak boleh melakukan eksaminasi tetapi setidaknya kami melihat ada beberapa dalil atau putusan dari hakim sendiri, ada beberapa bukti kami tidak dijadikan dasar,” jawabnya.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Nasional

PENGUMUMAN: KAI ACCES Beri Diskon 40 Persen

Published

on

KAI

Kilasjogja.com, NASIONAL – Kabar gembira bagi pelanggan kereta api yang menggunakan aplikasi pemesanan tiket Kereta Api (KA), KAI Access.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberikan diskon hingga 40 persen dari harga normal kepada penumpang KA komersial (eksekutif, bisnis, maupun ekonomi) / non PSO se-Jawa/Sumatera yang memesan tiket via aplikasi KAI Access versi terbaru.

Promo tersebut berlaku untuk kereta-kereta komersial keberangkatan mulai 8 Januari 2018 sampai 31 Maret 2018. Sedangkan untuk pemesanan dapat dilakukan per 15 Desember 2017.

Bagi calon penumpang yang berhalangan berangkat pada tanggal yang dipesan, jangan khawatir sebab tiket tersebut dapat dibatalkan dan diubah jadwalnya.

Cara mendapatkan aplikasi KAI Access pun sangat mudah karena aplikasi tersebut sudah tersedia di Playstore untuk pengguna Android dan App Store untuk sistem operasi iOS/iPhone.

KAI Access terbaru ini juga dilengkapi dengan menu ‘Train’ untuk pemesanan tiket dan menu ‘Meals’ (fitur layanan pesan preorder menu makanan restorasi KA).

Ke depan akan dilengkapi dengan ‘e-Moda’ (fitur layanan tambahan preorder jasa antar ke stasiun maupun jemput di stasiun menggunakan moda transportasi lainnya) dan ‘Porter’ (fitur layanan tambahan preorder jasa angkut barang/bagasi oleh petugas porter stasiun).

Menariknya, masih terdapat fitur-fitur pendukung seperti “My Trips” yakni riwayat pemesanan tiket kereta; “Deals” yang berisi Info promo-promo menarik terkait kereta api; “Remind Me” yakni fitur pengingat perjalanan yang dapat diatur setting waktu (10-60 menit) sebelum keberangkatan KA; “Location” yakni fitur untuk mengetahui lokasi terkini dari kereta yang dinaiki oleh penumpang.

Ada juga “e-Magazine” yakni majalah elektronik yang berisi berita seputar KA untuk dapat menemani perjalanan penumpang; dan “Chat with Loko” yakni Si Loko hadir untuk menemani Anda sebagai assistant pribadi penumpang.

“Diskon hingga 40 persen tersebut kami berikan sebagai bentuk apresiasi kepada pengguna setia KA, khususnya yang memakai aplikasi KAI Access versi terbaru. Proses check-in online menggunakan KAI Access sudah bisa dilakukan dari dua jam sebelum keberangkatan. Jadi, tidak perlu lagi melakukan check-in dan cetak boarding pass di mesin check-in counter di stasiun. Langsung saja menuju boarding gate untuk pemeriksaan identitas dengan menunjukkan e-boarding pass kepada petugas,” terang Edi Sukmoro, Direktur Utama KAI. 

Tak hanya diskon hingga 40 persen, KAI juga akan membagikan suvenir berupa power bank untuk satu calon penumpang yang dipilih secara acak di stasiun keberangkatan dengan menunjukkan e-boarding pass menggunakan KAI Access saat melakukan boarding. Periode pembagian suvenir tersebut akan berlangsung pada 14-18 Desember 2017.

Pada momen pergantian tahun, KAI juga akan mengubah kebijakan diskon channel pembelian tiket.

Diskon channel yaitu potongan harga tiket yang diberikan KAI kepada pengguna jasa yang melakukan transaksi pembelian tiket melelaui channel penjualan tiket KA tertentu.

Sebelumnya, KAI menerapkan diskon channel sebesar Rp7.500 per penumpang untuk KA jarak jauh dan Rp5.000 per penumpang untuk KA jarak dekat, namun mulai tanggal 1 Januari 2018, kebijakan tersebut akan diubah menjadi Rp7.500 per transaksi dan Rp5.000 per transaksi untuk KA jarak dekat.

Continue Reading

Nasional

Rino dan Meifa Harus Gantung Diri Demi Cinta Mereka

Published

on

Rino dan Meifa Gantung Diri

Kilasjogja.com, MINAHASA – Di identifikasi kedua korban Gantung diri yakni RK alias Rino (20) dan MK alias Meifa (13). Keduanya ditemukan pertama kali oleh Fentje Karwur (61), yang mendapati keduanya sudah tak bernyawa tergantung di salah satu tower Saluran Udara Tegangan Tinggi.

Saat ditemukan posisi keduanya saling berhadapan dengan seutas tali nilon sekitar tiga meter yang melingkar di tower tersebut.

KBO Reskrim Polres Minsel, Iptu Duwi Galih saat dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut.

“Sekarang masih dalam proses lidik oleh petugas,” singkatnya.

Wakapolsek Tareran Ipda Tommy Lalamentik menambahkan kedua korban telah dievakuasi dan langsung dibawa ke rumah duka.

Cinta Terlarang

Adapun berdasarkan penyelidikan lanjutan, diketahui aksi nekat itu bermotif asmara terlarang.
Kasat Intelkam Polres Minsel, AKP Karel Tangay, menyampaikan bahwa pihaknya telah menyarankan kepada kedua pihak keluarga almarhum untuk dilakukan proses otopsi namun ditolak.

“Keluarga korban gantung diri menyatakan menerima peristiwa duka ini dan menolak untuk dilakukan proses otopsi,” jelasnya
“Untuk motif kasus diketahui bahwa kedua korban menjalin asmara terlarang karena masih ada ikatan darah, hingga pada akhirnya memutuskan untuk mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri,” jelas AKP Karel.

Sementara itu, berdasarkan informasi dari Hukum Tua Desa Koreng Joseph Rumengan saat ditemui Selasa (5/12) malam di kediamannya sedikit mengurai kejadian yang baru pertama kali dan sangat menghebohkan itu.

Joseph, mengungkapkan bahwa kedua remaja tersebut dikenal baik, sopan, ramah, dan rajin ke gereja.

Sebagai Pemerintahan Desa tentunya menjadi pelajaran atas kejadian seperti ini.
Sejak puluhan tahun tak ada kejadian seperti gantung diri di Desa Koreng dan melibatkan dua orang sekaligus.

Suharto Wuisan Kaur Pemerintahan Desa Koreng menceritakan bahwa kejadian gantung diri kedua remaja pada saat subuh hari, Selasa (5/12).
Kedua korban ditemukan ayah pria pagi hari sekitar pukul 07.30 hendak menuju kebun.

Awalnya ayah korban hanya curiga kedua korban sedang berpelukan.
Namun, ayah korban merasa ada yang aneh sehingga memanggil istrinya melihat langsung.

Lokasinya kejadian hanya sekitar belasan meter dari rumah kedua korban yang masih ada ikatan keluarga dan bertetangga.

Setelah itu, kejadian langsung heboh dan masyarakat menuju lokasi kejadian.
Selang sejam, pihak Polsek Tareran tiba di lokasi kejadian untuk olah TKP dan menanyakan kepada saksi-saksi dan keluarga.

Setelah dilakukan pertemuan dan kesepakatan antara pemerintah, keluarga, dan pihak kepolisian bahwa kedepannya tak ada otopsi karena kedua korban sudah jelas murni gantung diri.

Siangnya oleh keluarga kedua korban langsung dikebumikan.
Keduanya dalam satu peti mati jenazah di makamkan di tempat pemakaman umum, tapi tidak berdekatan dengan kuburan warga. Kedua korban dikenal baik oleh masyarakat.

Tak ada jejak kriminal dan rajin ke gereja. Bahkan Rino tak pernah terlihat mabuk dan merokok.

Sesuai adat Pemerintahan Desa, kedua korban tidak ada kegiatan ibadah dan langsung dimakamkan.

Permintaan keluarga kedua korban untuk di bersihkan sampai menggantikan pakaian kemudian di kuburan dalam satu peti oleh keluarga.
Tidak ada tanda-tanda akan lakukan gantung diri.

Rino dan Meifa Dikenal Sangat Ramah Semasa Hidupnya

Desa Koreng, Kecamatan Tareran Kabupaten Minahasa Selatan berada kurang lebih 44 Km dari Pusat Kota Amurang.

Sementara dari jalan Provinsi penghubung Kabupaten Minahasa dan Kabupaten Minsel di pertigaan Jalan Provinsi masuk ke dalam sekitar 8 Km dengan jalan semantara dalam perbaikan.

Lokasi kejadian tak jauh dari rumah keduanya, kurang lebih 15 meter dari saluran udara tegangan tinggi.

Informasi yang dihimpun, Selasa (5/12) malam, kediaman keluarga hanya ada anggota keluarga saja tidak ada warga lainnya.
Tidak bisa dilakukan kegiatan sosial atau acara hiburan karena meninggal dunia dengan cara gantung diri.

Pemerintah Desa melalui Hukumtua Joseph Rumengan berharap kejadian seperti ini tak terulang kembali dan menjadi pelajaran bagi semuanya.

Berdasarkan peneturan Kaur Pemerintahan Suharto Wuisan, kedua korban tersebut pernah diingatkan oleh keluarga Meifa karena terlihat sangat dekat.

Dan saat itu, Rino mengiyakan untuk tidak terlalu dekat lagi dengan Meifa.
Namun, seiring berjalannya waktu kejadian gantung diri terjadi.

Seorang warga Desa yang enggan namanya di tulis mengaku tak tahu hubungan mereka berdua. Hanya dengar saja saat ada kejadian ini.

Sementara keluarga Meifa berada diluar daerah dan hanya tinggal dengan opa di rumah. (Kel)

Continue Reading

Nasional

UNTUK SETYA NOVANTO: IDI Bentuk Tim untuk ‘Second Opinion’

Published

on

Setya Novanto

Kilasjogja.com, JAKARTA – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) membentuk tim untuk memeriksa kondisi kesehatan Setya Novanto (Setnov). Tim dokter IDI pun sudah mulai melakukan pemeriksaan, kemarin.

Tim IDI bekerja atas permintaan KPK untuk ikut memeriksa kondisi Novanto sebagai second opinion.

IDI telah menerjunkan tim dokter untuk melakukan pemeriksaan terhadap Ketua DPR ini yang kini berada di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Salemba.

“Saya nggak bisa sebutkan jumlahnya dokter yang ikut memeriksa tapi yang jelas tim sudah mulai bekerja,” terang Adib Khumaidi, Sekjen IDI.

Adib Khumaidi mengatakan, tim dokternya akan memeriksa secara langsung kondisi kesehatan Setnov usai kecelakaan di Permata Hijau Jakarta Barat, Kamis malam lalu.

Saat ditanya apakah ada yang janggal dari luka yang diderita Novanto dalam foto yang tersebar di media sosial, Adib memaparkan, pengecekan kondisi Novanto tidak bisa dilakukan dengan hanya berdasarkan foto.

Dia juga tidak bisa berspekulasi tentang janggal tidaknya kondisi kesehatan Novanto usai kecelakaan menabrak tiang listrik itu.

Sementara itu, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi melakukan penahanan terhadap Ketua DPR Setya Novanto (Setnov), Jumat (17/11).

Tersangka kasus korupsi proyek pengadaan e-KTP itu menjalani penahanan selama 20 hari sampai Rabu (6/12) di Rutan Negara Polres Jakarta Timur Cabang KPK.

Namun, Setnov kini dibantarkan di RSCM karena masih memerlukan perawatan pascakecelakaan Kamis malam lalu. “KPK melakukan penahanan kepada SN karena diduga keras serta bukti yang cukup telah melakukan tindak pidana korupsi kasus e-KTP,” ungkap Febri Diansyah, Kabiro Humas KPK.

Pembantaran penahanan merupakan penundaan penahanan sementara terhadap tersangka karena alasan kesehatan. Pembantaran penahanan dapat diberikan karena alasan kesehatan (rawat jalan/rawat inap), diperkuat dengan keterangan dokter.

Menurut hasil pemeriksaan di RSCM, sampai saat ini Setnov masih membutuhkan perawatan lebih lanjut atau rawat inap untuk obeservasi, sehingga, KPK melakukan pembantaran penahanan terhadap tersangka Setnov.

“Namun, kuasa hukum menolak menandatangani berita acara pembantaran tersebut, sehingga penyidik menyiapkan berita acara penolakan pembantaran penahanan dan kembali tidak ditandatangani pihak SN,” ujarnya.

Presiden Joko Widodo meminta Ketua DPR Setya Novanto mengikuti seluruh proses hukum di KPK, yang telah menetapkannya menjadi tersangka korupsi kasus e-KTP.

“Saya minta Pak Setya Novanto mengikuti proses hukum yang ada,” kata Presiden Jokowi kepada wartawan seusai menghadiri sarasehan ‘Mewujudkan Konstitusional DPD RI Tahun 2017’, di gedung Nusantara IV DPR.

Presiden meyakini proses hukum menyangkut Setnov di KPK akan terus dilakukan.
Mengenai kemungkinan pergantian pimpinan DPR terkait status Setya Novanto, Presiden Jokowi tidak menjawab langsung. “Itu wilayahnya DPR,” katanya.

 

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
loading...

Headline Berita