Connect with us

News

Idul Adha DIY Surplus Hewan Kurban

Published

on

Persedian hewan kurban di DIY mengalami surplus

Kilasjogja.com, Jogja  Berdasarkan hasil pemantauan Tim Pelaksana Hewan Kurban Provinsi DIY, ketersediaan hewan kurban di wilayah DIY mencukupi untuk memenuhi kebutuhan Idul Adha 1438 Hijriah. Bahkan stok hewan kurban pada tahun ini dinyatakan surplus sehingga sebagian hewan kurban tersebut dijual ke luar daerah.

Kepala Bagian Analisis Kebijakan Produktivitas Biro Administrasi Perekonomian dan SDA Setda DIY, Deden Rohanawati, menjelaskan dari pantauan di tiga kabupaten yakni Bantul, Sleman, dan Gunungkidul, stok hewan kurban di DIY dalam kondisi mencukupi sehingga tidak perlu mendatangkan dari luar daerah.

”Dari pantauan yang sudah dilakukan di tiga kabupaten, stok DIY tidak ada masalah dan justru surplus,” terangnya.

Idul Adha tinggal sekitar satu minggu, menurut Deden, tim tersebut tetap akan terus melakukan pemantauan. Permintaan pasar, tentu masih terus terjadi tetapi dengan kelebihan stok, dia optimis kebutuhan hewan kurban secara menyeluruh akan tercukupi.

Ditemui secara terpisah, Kasi Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Pertanian DIY, Anung Endah, menjelaskan, berdasarkan data, pada 2016 kebutuhan hewan kurban sekitar 18.000 ekor sapi untuk 7.000 titik penyembelihan di DIY.

”Data hasil pantauan menurun 25 persen merupakan data sementara, jika tren tahunan meningkat, kebutuhan untuk hewan kurban khususnya di DIY diperkirakan masih mencukupi,” jelasnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Gunungkidul, Bambang Wisnu Broto mengatakan, stok sapi dewasa pada 2017 mencapai 10.147 dari populasi sebanyak 150.331 ekor. Sedangkan untuk kambing, saat ini jumlahnya mencapai 20.147 dari populasi sebanyak 182.048 ekor yang tersebar di 18 kecamatan.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.