Connect with us

News

Hoax Pengaman Rupiah TE 2016

Published

on

Uang Rupiah Baru

Kilasjogja.com, NASIONAL – Bank Indonesia (BI) mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada terhadap informasi tidak jelas sumbernya tentang tampilan uang Rupiah di bawah sinar Ultra Violet (UV).

Dalam laman resmi  Bank Indonesia menjelaskan uang rupiah pada pecahan 100.000 (seratus ribu), jika di bawah sinar UV, akan ada beberapa tampilan yang akan memendarkan satu atau beberapa warna, baik pada bagian depan maupun bagian belakang uang Rupiah tersebut.

Pada bagian depan, warna memendar akan terlihat dekat angka 100.000 pada sebelah kiri atas dan timbul tulisan BI.

Demikian juga pada rangkaian benang pengaman yakni pola yang ada di bagian atas dan peta Indonesia di bagian bawah, pada tepi kanan uang sejajar dengan lambang Garuda Pancasila, serta pada tulisan 100.000 di bagian kanan bawah.

Sementara pada bagian belakang, warna memendar akan terlihat pada bunga anggrek bulan yang ada di sebelah kiri atas dekat gambar kepala penari, nomor seri berwarna hitam yang ada pada bagian kiri bawah.

Tulisan BI akan muncul di dekat gambar tangan kanan penari, nomor seri berwarna merah di bagian kanan atas. Selain itu akan muncul pola menyerupai titik-titik yang ada di sebelah nomor seri berwarna merah, serta kemunculan burung Elang Bondol di dekat angka 100000 pada bagian kanan bawah.

Untuk mengecek keaslian uang Rupiah di bawah sinar UV, bisa dilakukan pada semua nominal pecahan uang kertas Rupiah.

Tidak hanya untuk uang 100.000 (seratus ribu) saja, tetapi juga 50.000 (lima puluh ribu), 20.000 (dua puluh ribu), 10.000 (sepuluh ribu), 5.000 (lima ribu), 2.000 (dua ribu), serta 1.000 (seribu).

Untuk lebih jelas pada bagian apa saja warna memendar akan terlihat di nominal pecahan uang Rupiah lainnya, masyarakat dapat mengakses melalui situs https://www.bi.go.id/id/rupiah

“Jadi, jangan mudah termakan pemberitaan hoax tentang unsur pengaman uang Rupiah TE 2016,” tulis akun resmi facebook Bank Indonesia.

 

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.