Connect with us

News

Gubernur DIY Resmikan Ruas Jalan Arteri

Published

on

jalan ring road

Kilasjogja.com, JOGJA – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X meresmikan penamaan enam ruas Jalan Arteri atau Ring Road Yogyakarta dengan nama-nama kerajaan nusantara dan nama-nama tokoh nasionalisme yang melambangkan DIY sebagai miniatur Indonesia.

Penamaan Jalan Arteri atau Ring Road Yogyakarta berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur DIY Nomor 166/KEP/2017 ini akan memasuki masa transisi terutama untuk administrasi kependudukan warga yang tinggal di area tersebut nantinya.

Daftar nama ruas jalan Ring Road Yogyakarta yaitu Jalan Siliwangi sepanjang 8,58 Kilometer dari Simpang empat Pelemgurih – Simpang empat Jombor.

Jalan Padjajaran sepanjang 10 Km dari Simpang empat Jombor – Simpang tiga Maguwoharjo.

Jalan Majapahit sepanjang 3,20 Km dari Simpang tiga Janti – Simpang empat Jalan Wonosari dan Jalan Ahmad Yani sepanjang 6,5 Km dari Simpang empat Jalan Wonosari – Simpang empat Jalan Imogiri Barat.

Jalan Prof Dr Wirjono Projodikoro SH sepanjang 2,78 Km dari Simpang empat Jalan Imogiri Barat – Simpang empat Dongkelan dan Jalan Brawijaya sepanjang 5,86 Km dari Simpang empat Dongkelan – Simpang tiga Gamping.

“Sosialisasi tahap awal pada masyarakat sekitar sudah dilakukan. Tentu akan ada tindakan atau action selama masa transisi, ” terang Gatot Saptadi, Sekretaris Daerah (Sekda) DIY.

Gatot mengaku telah melakukan sosialisasi secara bertahap terkait penamaan jalan Ring Road Yogyakarta tersebut kepada masyarakat sekitarnya.

Namun tetap dibutuhkan sosialisasi secara menyeluruh paska diresmikan nantinya terutama terkait urusan administratif seperti alamat surat menyurat, kependudukan dan sebagainya.

“Mengingat untuk proses kependudukan dan administrasi supaya gampang butuh waktu untuk penyesuaian, seperti perubahan nama Jalan P Mangkubumi menjadi Jalan Margo Utomo masih digaris miring atau terutama dalam urusan alamat surat menyurat dan kependudukan nantinya,” jelasnya.

Sigit Sapto Raharjo, Ketua Peresmian Nama Jalan Arteri mengungkapkan, peresmian jalan akan dilaksanakan hari ini Selasa (3/10) ini di perempatan Jombor.

“Masyarakat yang biasa melintas di sekitar perempatan Jombor tidak perlu terlalu khawatir. Karena meskipun lokasi peresmian ada di dekat pos polisi dan berdekatan jalan raya, tidak akan ada penutupan jalan,” kata Sigit.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY itu menambahkan, untuk menyemarakkan suasana, acara peresmian jalan arteri itu juga akan dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan kesenian dari tiga daerah.

Yaitu DIY, Jawa Barat dan Jawa Timur. Sementara saat dimintai komentar soal anggaran.

Menurut Sigit, untuk peresmian jalan arteri pihaknya tidak menyiapkan anggaran secara khusus.

Pasalnya anggaran berkaitan dengan itu diambil dari beberapa SKPD, seperti dari Dinas Perhubungan untuk papan nama jalan dan dari Biro Umum untuk jamuan makan.

Adapun untuk design papan nama jalan yang didesain khusus dan menjadi ikon itu akan dilakukan nantinya, karena belum ada anggaran.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.