Connect with us

News

Gempa Lombok, Ratusan Pendaki Terjebak di Gunung Rinjani

Published

on

Gempa Lombok

Kilasjogja.com, NASIONAL – Gempa Lombok terjadi tepatnya tanggal 29 Juli 2018, pukul 05.47 WIB, mendadak heboh lantaran gempa bumi dengan kekuatan sebesar 6,4 SR mengguncang wilayah Lombok dan sekitarnya. Ribuan rumah dan bangunan rusak dan ribuan warga lainnya dilaporkan mengalami luka-luka. Sementara itu para pendaki pun harus ekstra sabar dan mencari jalan lain untuk menyelamatkan diri dikala bumi Lombok mulai tak bersahabat seperti biasanya. Berikut beberapa fakta baru, terkait gempa bumi di Lombok.

Sederet Fakta Baru Ini Muncul di Gempa Lombok

1. 16 Orang Dilaporkan Telah Meninggal Dunia

16 orang di laporkan telah meninggal dunia gempa lombok
Foto Seorang Ibu dan Anak Pasca Gempa Lombok

Hingga berita ini ditulis , menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nusa Tenggara Barat, sebanyak 16 orang dilaporkan meninggal dunia akibat gempa 6,4 SR di pulau Lombok pada Minggu pukul 06.47 WITA.

Untuk korban luka-luka, BPBD membagi dalam beberapa wilayah, di Lapangan Obel-Obel Kecamatan Sambelia, sebanyak 51 orang korban luka-luka, Puskesmas Belanting 62 orang luka, Puskesmas Sambelia 9 orang, Kecamatan Sambalun 29 orang dan di Kabupaten Lombok Utara sebanyak 5 orang luka berat dan 41 lainnya luka ringan.

Tidak menutup kemungkinan, korban luka juga terus bertambah, mengingat kebanyak korban tewas dan luka berada di dalam rumah.

2. Ratusan Rumah dan Bangunan Mengalami Kerusakan

Seorang Kakek Berjalan didepan rumahnya yang rusak akibat gempa
Foto Seorang Kakek Berjalan Di Depan Rumahnya Yang Sudah Rusak Akibat Gempa

Selain menginformasikan korban tewas dan luka-luka, pihak BPBD NTB juga memberikan info perihak rumah dan bangunan yang rusak. Total lebih dari 1000 unik baik rusak berat, sedang maupun ringan.

3. Gempa Susulan Terjadi

Gempa Susulan Turis Berhamburan Keluar Rumah

Sementara itu, menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), sebanyak 203 gempa susulan terjadi usai gempa bumi tektonik dengan kekuatan 6,4 SR yang mengguncang wilayah Lombok, NTB, dan Bali pada hari Minggu pagi. Tercatat gempa susulan ini terjadi hingga malam hari, sekitar pukul 21.20 WIB.

4. Banyak Pendaki Yang Terjebak di Gunung

Para pendaki gunung dari manca negara

Di saat gempat terjadi, dilaporkan juga sebanyak 333 pendaki masih terjebak di Gunung Rinjani dan di sekitar Danau Segara Anak. Mereka tidak bisa turun lantaran jalan utama tertutup longsor. 

5. Salah Satu Pendaki Asal Malaysia Menjadi Korban

Warga Malaysia Menjadi Korban Gempa Lombok
Pendaki Asal Malayasia Menjadi Korban

Salah satu pendaki dari Warga Negara Malaysia dinyatakan meninggal. Pendaki yang bernama Siti Nur Ismawida (30), meninggal akibat tertimpa tembok roboh saat gempa berlangsung pada Minggu pagi waktu setempat. Sedangkan 6 orang mengalami luka-luka dan 11 lainnya selamat. 

Proses evakuasi masih berlangsung, Presiden RI Joko Widodo dan Gubernur NTB TGB juga telah datang kelokasi untuk melihat kondisi para korban. Semoga para korban di berikan ketabahan dan kesabaran. 

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.