Connect with us

Film

Film ‘Nini Thowok’ : Si Jelangkung Perempuan

Published

on

Nini Thowok

Kilasjogja.com, ENTERTAINMENT- Bagi masyarakat Jawa, Nini Thowok sudah menjadi urband legend sejak dulu. Nini Thowok merupakan boneka yang terbuat dari batok kelapa atau siwur yang bentuknya menyerupai jelangkung, namun berpakaian seperti layaknya perempuan. Nini Thowok kerap dijuluki Si jelangkung perempuan.

Rumah produksi TBS Films mengangkat legenda nini thowok ini ke media film layar lebar dengan judul Nini Thowok. Film bergenre horor ini dibintangi Natasha Wilona, Ingrid Widjanarko, Jajang C Noer, Gesata Stella, dan Slamet Ambari, Nicole Rossi dan Rasyid Al Buqhory.

Erwin Arnada, sutradara Nini Thowok memiliki alasan mengapa lebih tertarik sebuah boneka mistis dari batok kelapa yang lebih besar dari boneka mistis jailangkung, daripada menghadirkan sosok-sosok hantu yang sudah pernah ada di film-film sebelumnya.

Dia butuh riset berbulan-bulan untuk meramu jalan cerita yang skenarionya ia tulis bersama Alim Sudio, dan lokasi syuting di Yogyakarta dan Solo.

Film Nini Thowok mengisahkan pengalaman mistis Nadine (Natasha Wilona) yang mendapatkan sebuah wasiat dan tinggal di sebuah rumah peninggalan neneknya. Di rumah itu, Nadine mengalami berbagai kejadian mistis selepas membuka sebuah kamar yang terkunci selama bertahun-tahun.

RONY Irawan, Produser Nini Thowok membuka rahasia bahwa penampakan hantu lemari yang ada di bagian akhir trailer ternyata benar-benar nyata. Scene tersebut merupakan adegan improvisasi mendadak hasil kesepakatan produser dan sutradara di lokasi syuting.

“Jadi ceritanya pada malam pertama syuting tiba-tiba salah seorang kru tergopoh-gopoh ke ruang istirahat artis. Kru tersebut terlihat pucat dan ketakutan. Begitu ditanya, dia bercerita baru saja melihat sosok nenek-nenek berambut putih panjang dan berkebaya Jawa keluar dari dalam lemari tua yang merupakan properti syuting. Langsung kami semua shock,” katanya.

Alhasil sosok hantu lemari pun malah dibuat sedemikian rupa sehingga mirip penampakan aslinya. Anehnya lagi, Lea Arta Warow, pemeran hantu nenek, sempat diteror hantu nenek dan diikuti sampai ke hotel tempatnya menginap di Solo.

Gesata Stella, pemeran Nyonya Oei juga sempat kerasukan saat syuting hari pertama. Menurutnya, setiap memakai kostum dan wig karakter Nyonya Oei, badannya terasa berat dan tiba-tiba mood nya berubah menjadi sangat sedih, bahkan dia sempat menangis berjam-jam tanpa tahu penyebabnya.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.