Connect with us

Nasional

e-KTP Tak Dibahas di Banggar DPR

Published

on

E KTP

Kilasjogja.com, JAKARTA– Sidang perkara dugaan korupsi pengadaan e-KTP dengan terdakwa Setya Novanto (Setnov) mendengar keterangan saksi mantan politikus Partai Demokrat, Mirwan Amir.

Dalam kesaksiannya, Mirwan Amir membantah menitipkan seorang pengusaha untuk mengikuti proyek e-KTP. Pengusaha yang dimaksud bernama Yusnan Solihin.
“Pak Yusnan, tanya ke saya. Sebagai teman saya coba menanyakan hal ini. Cuma terdakwa belum ada program, belum ada sama sekali tapi akan berencan,”terangnya saat bersaksi dalam sidang terdakwa Setnov di Pengadilan Tipikor.

Mirwan mengakui menanyakan tentang proyek tersebut kepada Novanto di ruangannya. Hanya saja, saat itu dirinya belum mendapatkan jawaban soal kepastian adanya proyek e-KTP dari Setnov.
“Saya hanya ketemu dengan terdakwa. Saya tidak pernah kenal dengan Andi Narogong. Saya kenal Narogong setelah kasus ini mencuat,” jelasnya.

Persoalan lain yang disampaikan Mirwan sebagai mantan Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR adalah mengenai proyek e-KTP tidak pernah dibahas di rapat Banggar. Selain itu, ia juga mengaku tidak tahu jalannya proyek e-KTP. Ini karena e-KTP memang tidak pernah dibahas di Banggar, tapi di Komisi II.
“Dalam UU MD3 kita tidak boleh membahas, Banggar hanya membahas postur APBN,” ungkapnya.

Dalam kesaksiannya, Mirwan, juga menampik anggapan pernah bertemu M Nazaruddin terkait perencanaan proyek e-KTP. Oleh karena itu, Mirwan menegaskan, dirinya tidak pernah terlibat dalam proyek tersebut.
Meski demikian, hakim Emilia Djaja Subagja menanyakan, apakah saksi ketemu M Nazaruddin dalam rangka perencanaan?
“Tidak pernah,” jawab Mirwan.

Saksi lain yang didengar kesaksiannya adalah Yusnan Solihin. Ia dalam kesaksianya mengaku tidak pernah meminta Mirwan untuk merekomendasikan perusahaannya mengikuti proyek e-KTP. Dirinya menanyakan proyek itu justru karena diberitahu Andi Narogong.
“Jadi, tidak pernah minta rekomendasi,” ujar Yusnan seraya menyebutkan, dirinya hanya menanyakan apakah e-KTP itu eksis tidak. “Ini karena Pak Andi bicara itu,” katanya.

Selain itu Yusnan mengatakan, dirinya lebih dulu mengenal Andi Narogong baru kemudian Mirwan. Yusnan dikenalkan Andi, olrh seorang pengusaha bernama Wirawan Tanzil.

Sebelumnya, dalam sidang Senin (22/1), Andi Agustinus Narogong menyebut Mirwan Amir pernah menitipkan salah satu perusahaan untuk ikut proyek e-KTP. Ia kemudian diminta berkoordinasi dengan Yusnan Solihin, yang merupakan kader Partai Gerindra.

Di depan majelis hakim Yusnan mengaku sebagai agen produk automated fingerprint identification systems

(AFIS) merek Cogent asal Amerika Serikat. Produknya itu, menurutnya, bersaing dengan merek L-1 yang ditawarkan Johannes Marliem. Oleh karena itu, ia mengaku Andi sempat menawar untuk membeli lisensinya dengan menyebut nama Novanto

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Nasional

Bom Bunuh Diri Gereja Surabaya 2 Tewas

Published

on

Bom Bunuh Diri

Kilasjogja.com, SURABAYA – Ledakan bom bunuh diri yang terjadi di Gereja Katolik Santa Maria Tak Bercela di Ngagel, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (13/5/2018) pagi WIB memakan korban jiwa.

Informasi yang disampaikan Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera, ada dua korban jiwa dan 13 orang luka-luka.

“Ada dua korban jiwa. Satu pelaku bom bunuh diri dan satu jemaat. Untuk jemaat, dia meninggal saat dirawat di Rumah Sakit dr Soetomo Surabaya,” ungkap Barung Mangera, Minggu (13/5/2018).

Sedangkan 13 korban, tambah Barung, masih dalam perawatan. “13 masih dirawat di rumah sakit. Data yang kami terima, dari 13 korban yang dirawat, dua anggota polisi dan 11 adalah warga masyarakat,” urainya.

Sebelumnya, Barung menjelaskan jika ledakan terjadi sekitar pukul 07.00. “Informasi yang kami dapat, ledakan terjadi sekitar pukul 07.00,” jelasnya saat ditemui Suara.com di tempat kejadian perkara (TKP).

Ditambahkan Barung, diduga pelaku teror bom meledakkan dirinya di area gereja.

Kekacauan Setelah Bom Bunuh Diri Meledak di Gereja di Surabaya

bom meledak di Gereja di Surabaya. Bom pertama meledak di Gereja Santa Maria, Surabaya. Rupanya, bom susulan juga meledak di dua gereja lainnya.

Bom meledak selang lima menit setelah ledakan pertama. Karo Penmas Divisi Humas Polri Kombes Pol M Iqbal membenarkan adanya ledakan.

“Benar ada dugaan ledakan bom, saat ini kepolisian setempat sedang lakukan upaya-upaya kepolisian evakuasi korban dan pengamanan lokasi,” kata Iqbal dikonfirmasi, Minggu (13/5).

Tampak dalam foto dan video, sejumlah kaca pecah dan beberapa motor tergeletak. Warga yang berada di sekitar ledakan bom berhamburan untuk menyelamatkan diri.

Hingga kini belum ada informasi pasti soal jumlah korban akibat ledakan ini.

View post on imgur.com

View post on imgur.com

View post on imgur.com

Polisi menduga ledakan tersebut merupakan bom bunuh diri menggunakan sepeda motor yang terjadi pada pukul 07.15 WIB.

“Benar ada dugaan ledakan bom” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Hubungan Masyarakat Polri Brigadir Jenderal Polisi Mohammad Iqbal saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Ahad (13/5).

Kendati demikian, Iqbal belum bisa menginformasikan lebih lanjut perihal banyaknya korban dan kronologi. Kejadian tersebut menurutnya btau terjadi dan kepolisian masih melakukan tidakan yang diperlukan.

“Saat ini kepolisian setempat sedang melakukan upaya-upaya kepolisian,” kata Iqbal.

Tindakan kepolisian tersebut seperti evakuasi korban. Kepolisian juga melakukan pengamanan lokasi di sekitar tempat terjadinya ledakan.

Continue Reading

Nasional

Ketua MUI menghimbau Pelapor Puisi Sukmawati Mencabut Laporannya

Published

on

Sukmawati

Kilasjogja.com, NASIONAL – KH Ma’ruf Amin Katua Umum Majelis Ulama Indonesia menghimbau kepada pihak yang melaporkan Sukmawati Soekarno Putri terkait dengan puisinya yang sangat kontroversial itu untuk mencabut laporannya.

KH Ma’ruf Amin meminta bahwa hal ini bisa diselesaikan secara kekeluargaan karena terlapor Sukmati sudah melakukan konversi pers dan menjelaskan bahwa maksud dari puisi tersebut tidak berniat untuk melukai hati umat muslim di Indonesia.

“Hentikan ke pelaporan Bareskrim dan mengutuhkan kembali sebagai bangsa. Kita bangun ukhuwah islamiyah bersama,” katanya di kantor MUI, Jalan Monumen Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (5/4/2018).

Maruf berharap agar dalam menyelesaikan persoalan tersebut dengan mengkedepankan dialog sebagaimana pernah diajarkan Presiden RI Soekarno.
“Harapan kami itu. Kami ingin mencoba menempatkan masalah ini jika ada persoalan kita bisa menyelseakkannya seperti Bung Karno dulu yang mencari titik temu. Kita ingin ada solusi kebangsaan agar bangsa ini tetap utuh dan tak ada konflik,” harapnya.

“Kalau bisa memaafkan dan tidak meneruskan, bermusalahah, bersaudara membangun kembali keutuhan, kalau saya bisa berharap, itu saya harapkan,” tutupnya.

Selepas melaksanakan pertemuan, Sukmawati hanya tertunduk dan diam seribu bahasa, derai air mata membasahi wajah pembaca puisi kontroversial yang berjudul “Ibu Indonesia”. Dia khir penjelasan Maruf Amin atas hasil pertemuan, Sukmawati cium tangan Maruf Amin, aksi tersebut menandakan aksi menghormati ulama.

Continue Reading

Nasional

Pilwalkot Tegal: Herugono Nomor Lima

Published

on

Herugono

Kilasjogja.com, TEGAL- Pasangan Herujito dan Sugono (herugono) mendapat nomor urut lima dalam rapat pleno terbuka pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon pemilihan walikota dan wakil walikota Tegal tahun 2018.

“Alhamdulilah nomor lima sesuai dengan harapan kami. #5reg,” terang Herujito yang diamin pasangannya Sugono.

Pasangan yang diusing PDI Perjuangan ini yakin  bisa memenangkan pemilihan walikota dan wakil walikota Tegal.

Program unggulannya dibidang pendidikan yaitu membangun infrastruktur berupa sarana dan prasarana sekolah, serta meningkatkan kapasitas dan kemampuan tenaga pengajar dengan menggelar kompetensi bagi guru-guru mulai dari tingkat Taman Kanak (TK), sekolah dasar (SD) hingga sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA).

“Kami juga akan membangun Balai Latihan Kerja (BLK) untuk menciptakan tenaga kerja yang terampil dan siap pakai,” ungkapnya.

Dibidang kesehatan, Herugono akan mempermudah mekanisme pengurusan kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.  Mengeluarkan kebijakan terhadap semua rumah sakit di Kota Tegal untuk tidak menolak pasien. Memberikan makanan tambahan sehat untuk anak-anak usia dini setiap satu pekan sekali (Jumat Guyub).

Dibidang peningkatan Kesejahteraan, yaitu mendorong masyarakat agar mandiri, menjadi wirausahawan dengan memberikan pembinaan dan pendampingan terhadap pelaku usaha kecil menengah (UKM) untuk mempermudah akses untuk mendapatkan pinjaman modal.

“Insyallah kami juga akan memberikan kesejahteraan dan menaikkan ibadah umroh bagi para marbot,” ujarnya.

Herugono berjanji meningkatkan pelayanan masyarakat dengan menerapkan program layanan terpadu satu pintu (PTSP) dan layanan jemput bola hingga ke tingkat RT/RW. Mereka juga siap berkerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) RI untuk membangun kampung nelayan.

Juga bekerja sama dengan Pelindo III dan Pemprov Jawa Tengah untuk pengembangan Pelabuhan Kota Tegal.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
loading...

Headline Berita