Connect with us

Travel

Di Tiongkok Ada Banyak Hotel Unik!

Published

on

Hotel Donat

Kilasjogja.com, TRAVEL – Tiongkok dikenal mempunyai kebiasaan anti mainstream alias menyukai hal beda dari yang lain. Mereka senang membuat desain bangunan unik yang kadang terlihat aneh.

Contoh yang paling nyata adalah hotel mewah berbentuk donat yang berlokasi di Shanghai karya arsitek Ma Yansong.

Jika dilihat dari kejauhan, ‘hotel donat’ ini memang terlihat aneh. Gedungnya yang memiliki ketinggian lebih dari 100 meter persegi, lebar 116 meter persegi dengan 27 lantai bertingkat serta 321 kamar. Lahan yang dipakai seluas tiga hektar.

Di dalam hotel ini terdapat sebuah patung menyerupai ombak bertatahkan 20.000 kristal Swarovski. Lampu hotel ini berasal dari kristal Eropa yang didesain khusus seperti ombak.  Sementara lantainya menggunakan keramik White Jade dan Tiger’s Eye Stone dari Brazil.

Kilauan lampu LED membuat ‘hotel donat’ ini bersinar saat malam dan mampu menarik perhatian pengunjung. Wajar jika biaya pembangunannya menghabiskan 1,5 miliar dollar amerika atau sekitar 17 triliun rupiah.

Fasilitas yang disediakan di dalam hotel donat ini terhitung lengkap. Di dalamnya terdapat ruang steam, sauna, kolam renang, dan loker pribadi.

Untuk pilihan kuliner, pengunjung bisa memilih makanan dari tiga restoran dan dua kafe, baik makanan dengan cita rasa domestik dan internasional. Tarif menginap semalam berkisar 400 dollar Amerika atau sekitar 4,5 juta rupiah.

Bangunan unik lainnya ada di Universitas Teknologi Hefei. Bentuk bangunannya merupakan gabungan violin dan piano. Bukan tanpa sebab kenapa dibentuk seperti itu, karena gedung ini memang berfungsi sebagai tempat untuk performa musik.

Rekor Dunia

Kota Wuxi Provinsi Jiangsu juga memiliki bangunan unik. Di sini berdiri bangunan berbentuk seperti sebuah teko tanah liat milik salah satu pria terkaya Tiongkok bernama Wang Jianlin. Bangunan teko ini mempunyai 10 lantai yang merefleksikan budaya clay teapot.

Namun bangunan berbentuk teko di Wuxi tersebut bukanlah satu-satunya. Bangunan Meitan Tea Museum yang terletak di Provinsi Guizhou juga mempunyai desain berbentuk teko.

Bahkan gedung museum yang mempunyai tinggi 74 meter dan masuk rekor Guinnes World Record sebagai monumen berbentuk teko terbesar dunia.

Gelar gedung teko terbesar dunia yang disandang oleh bangunan museum ini berhasil mengalahkan pemilik sebelumnya, yakni sebuah bangunan teko setinggi empat meter di West Virginia yang dibangun pada tahun 1938.

Dan kalau gedung ini difungsikan sebagai sebuah teko, maka akan ada sebanyak 28 juta liter air yang bisa ditampung di sini.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.