Connect with us

Internasional

Desakan Pemerintah RI Untuk Bantu Etnis Rohingnya

Published

on

etnis rohingnya
Etnis Rohingya berjalan menuju perbatasan Bangladesh-Myanmar di Teknaf, Bangladesh (Foto: Mohammad Ponir Hossain/Reuters)

Kilasjogja.com, Myanmar – Organisasi Amnesty International Indonesia mendesak pemerintah Indonesia untuk ikut andil dan aktif dalam menyelesaikan krisis kemanusiaan yang terus terjadi di Myanmar, kekerasan terhadap etnis Rohingnya terus memburuk beberapa pekan ini.

“Pemerintah Indonesia seharusnya melakukan upaya diplomasi kepada pemerintah Myanmar untuk segera menghentikan kejahatan HAM kepada etnis Rohingnya, Pemerintah harus bias mendesak pemerintah Myanmar untuk mengizinkan tim pencari fakta bentukan Dewan HAM PBB pada bulan maret lalu untuk mengungkapkan kebenaran yang terjadi disana,” ujar Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia Usman Hamid dalam jumpa pers di HDI Hive Menteng, Jl. Probolinggo, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (3/9/2017).

Amnesty International mengungkapkan bahwa kejadian dan tindak kekerasan kepada etnis Rohingnya sudah terjadi selama puluhan tahun, Pada tahun 2016 aparat bersenjata Myanmar dengan sengaja menembakan senjata secara membabi buta kepada warga sipil dan menangkap para pemuda etnis Rohingnya tanpa alasan dan memperkosa.

Gelombang serangan terjadi pada tahun 2017 ini, Konfilik di Rakhine memaksa ribuan warga etnis Rohingnya untuk mengungsi ke Bangladesh.

“Amnesty international juga menyerukan sampai kapan pemerintah lndonesia akan berdiam diri kami mengharapkan seluruh negara ASEAN dan membukakan pintu perlindungan serta tempat tinggal yang layak untuk mereka,” harapnya.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.