Connect with us

Nasional

Densus 88 Tangkap Terduga Teroris

Published

on

densus

Kilasjogja.com, NASIONAL- Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror Mabes Polri menangkap karyawan toko grosir tersebut, yakni AN (30), asal Banjarnegara dan Zn (36), warga Desa Bengkal. Densus juga menangkap seorang terduga teroris Sdk (34) di Karang Pucung Purwokerto Selatan.

Kapolres Temanggung AKBP Wiyono Eko Prasetyo ikut membantu dalam pengamanan selama penangkapan tersebut dengan mensterilkan sekitar lokasi dan pengaturan arus lalu lintas di jalan raya Secang-Temaggung yang berada di depan lokasi toko bernama ‘Aneka Grosir’ itu.

Usai penggerebekan, kedua terduga teroris dibawa ke Unit Laka Satlantas Polres Temanggung yang berada di Kowangan untuk menjalani pemeriksaan awal oleh Densus 88 Antiteror.

Sekdes Desa Bengkal Gunadi juga turut diminta polisi sebagai saksi dalam penangkapan itu, termasuk menyaksikan barang-barang yang diambil untuk dijadikan barang bukti.

AN, katanya, mengontrak ruko milik Ansor dan dijadikan toko grosir aneka alat tulis, kelontong, sepatu dan sandal. Kontrak mereka sudah sekitar tiga bulan dari rencana satu tahun dan Zn merupakan karyawan toko tersebut. Selama mengontrak tidak ada laporan kepada RW setempat.

“Warga tidak menaruh curiga tahunya mereka itu jualan dan selama ini menjadi tempat kulakan,” terang Gunadi, salah satu warga.

Barang bukti yang diamankan saat penggrebekan diantaranya uang tunai Rp 28 juta, buku-buku tentang keagamaan, 5 buah flasdisk, dompet berisi ATM, telepon genggam, kartu telepo, KTP dan SIM C.

Selain di Temanggung, Densus 88 juga melakukan penangkapan seorang terduga teroris di Banyumas, bernama Sdk (33) di Jalan Agus Salim Karang Pucung Purwokerto Selatan. Penangkapan tersebut merupakan pengembanganan dari penangkapan dua terduga teroris di Temanggung.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigadir Jenderal Polisi Mohammad Iqbal mengatakan, Sdk berprofesi sebagai pedagang dan beralamat di Karang Pucung Purwokerto Selatan.

Menurut Iqbal, Sdk diketahui berafiliasi dengan AN, seorang terduga teroris yang ditangkap di Temanggung.  Sdk berperan memfasilitasi dan mendanai kelompok teroris AN untuk berangkat ke Filipina selatan. Sdk juga diketahui telah masuk DPO setahun belakangan ini.

“Sdk diduga menyembunyikan dan memfasilitasi DPO kasus penyelundupan senjata dari Filipina atas nama AN dari kelompok Suryadi Mas’ud,” ungkapnya.

Kapolres Banyumas AKBP Bambang Yudhantara Salamun mengatakan, Sdk selama ini dikenal berprofesi sebagai pedagang sandal. Selain menangkap Sdk, Tim Densus Antiteror yang dibantu Tim Inavis Reskrim Polres Banyumas juga melakukan penggeladehan di salah satu rumahnya di Desa Pasir Wetan Karanglewas Banyumas.

Dari hasil penggeledahan sementara tim gabungan menemukan flesdisk, buku, dan beberapa dokumen lainnya yang ada kaitanya dengan kelompok teroris.

Kasie Pemerintahan Desa Pasir Wetan, Ali Samhadi yang dihubungi di rumah Sdk, menjelaskan rumah tersebut selama ini dijadikan tempat berkumpul rekan rekan Sdk.

Terduga teroris AN yang ditangkap Tim Densus 88 di Temanggung, merupakan warga RT 04/05 Desa Binorong Kecamatan Bawang Banjarnegara. Ia sudah meninggalkan rumahnya sekitar dua tahun lalu. Saat Idul Fitri 2017, pria lajang itu, juga tidak pulang.

 

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Nasional

Jamaah Haji Tidak Berangkat dari Bandara Kertajati

Published

on

haji

Kilasjogja.com, NASIONAL – Rencana pemberangkatan tiga kloter jemaah haji Provinsi Jawa Barat melalui Bandara Kertajati dipastikan batal. Sebab, hal in bisa menyalahi prosedur karena belum ada dasar hukumnya.

“Pemberangkatan dari Kertajati belum ada dasar hukumnya mengingat bandara itu belum ditetapkan sebagai bandara Embarkasi Haji dan atau Embarkasi Haji Antara,” jawab Nizar Ali, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah.

Jika dipaksakan, lanjut Nizar, hal itu berpotensi menyalahi Undang-Undang No 13 tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Haji dan Umrah dan bisa menjadi temuan pengawas keuangan negara.

Dalam konteks Jawa Barat, lanjut Nizar, prosedurnya adalah pemberangkatan jemaah dari Embarkasi Haji Bekasi ke Bandara Soekarno-Hatta, lalu ke Arab Saudi. Karenanya, jika jemaah haji diberangkatkan dari Embarkasi Haji Bekasi menuju Bandara Kertajati terlebih dahulu, maka hal itu akan menyalahi prosedur. Hal itu juga berpotensi menimbulkan masalah bagi jemaah, baik kelelahan fisik maupun psikologi.

“Rencana pemberangkatan jemaah dengan rute Asrama Haji Bekasi ke Bandara Kertajati lalu terbang ke Bandara Soekarno Hatta, menyalahi UU Penyelenggaraan Haji dan Umrah,” tambahnya.

Menurut Nizar, Pasal 35 UU 13/2008 mengatur bahwa transportasi dari daerah asal ke embarkasi menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah. Sedang Pasal 33 mengatur bahwa pelayanan transportasi dari embarkasi ke Saudi pergi pulang menjadi wewenang Menteri Agama.

“Menteri Agama sudah mengatakan bahwa karena memerlukan asrama haji, maka tahun ini Kertajati belum bisa digunakan sebagai embarkasi,” ujarnya.

Nizar menambahkan bahwa tahun ini Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Arab Saudi sudah bersepakat bahwa jemaah haji Jawa Barat akan melakukan proses biometrik dan finger print di Asrama Haji Bekasi. Adapun untuk proses precleareance akan dilakukan di Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng.

Seluruh jemaah haji asal Provinsi Jawa Barat sudah diberangkatkan menuju Arab Saudi secara bertahap sejak 18 Juli 2018. Proses ini akan berlangsung hingga 15 Agustus 2018.

“Kami minta kepada Ketua PPIH Embarkasi Bekasi untuk tetap memberangkatkan seluruh jemaah haji asal Jawa Barat sesuai prosedur yang ditetapkan, yaitu dari asrama haji Embarkasi Bekasi menuju Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng,” katanya.

Continue Reading

Nasional

38 Kali Gempa Susulan di Malang Selatan

Published

on

Gempabumi

Kilasjogja.com, NASIONAL – Pasca terjadinya gempa megathrust di selatan Malang berkekuatan 5,8 Skala Ricter tadi malam (19/8) yang guncangannya dirasakan di seluruh wilayah selatan Jawa timur dan Bali, hingga pagi ini masih banyak warga yang minta penjelasan kepada BMKG.

Kepala Bidang informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Dr Daryono mengatakan  hingga pagi ini Jumat 20 Juli 2018, pukul 8.00 WIB sudah terjadi 38 kali gempa susulan di selatan Malang.

“Perlu kami jelaskan bahwa aktivitas gempa semacam ini tergolong masih wajar dan normal,” terangnya.

Dalam ilmu gempa atau seismologi, aktivitas gempa seperti yang terjadi di selatan Malang ini disebut sebagai Gempa Tipe I.

Menurut Kiyoo Mogi ahli gempa jepang yaitu tipe aktivitas gempa yang diawali dengan gempa pendahuluan (foreshocks) selanjutnya terjadi gempa utama (mainshock) dan selanjutnya diikuti oleh serangkaian gempa susulan (aftershocks) yang banyak.

Gempa selatan Malang ini menjadi menarik karena mengingatkan kita dan menjadi penanda aktifnya zona megathrust di selatan Malang.

Mensikapi hal ini tentu langkah paling tepat adalah mengedepankan sikap waspada dengan meningkatkan kapasitas diri, memperkuat mitigasi, tanpa rasa takut dan khawatir berlebihan.

Namun demikian berdasarkan tren data gempa susulannya tampak ada kecenderungan kekuatannya semakin melemah, dan frekuensi kejadiannya semakin jarang.

Dari 38 aktivitas gempa susulan, kekuatan gempa terkecil M=3,2 dan yang terbesar M=4,9.

Berdasarkan data ini tampaknya sangat kecil peluang akan terjadi gempa dgn kekuatan yg lebih besar dari gempa utamanya, di tempat tsb.

“Masyarakat tak perlu cemas, takut, dan kawatir. BMKG akan terus memonitor aktivitas gempa  dan hasilnya segera diinformasikan kepada masyarakat,” jawabnya.

Perlu dipahami bahwa semua gempa yg terjadi dengan kekuatan signifikan akan diikuti oleh aktivitas susulan, sehingga banyaknya gempa susulan di selatan Malang ini masih dinilai wajar.

Apalagi jika gempa yang terjadi di zona batuan “rapuh (brittle) ” maka gempa susulan yang terjadi akan lebih banyak.

“Masyarakat harus memahami bahwa gempa susulan itu “baik” karena menjadi sarana batuan dalam melepas semua energi yang tersimpan sehingga batuan akan menjadi stabil dan normal kembali,” imbuhnya.

Continue Reading

Nasional

Toyota Tambah Titik Layanan Servis Pada Mudik Lebaran 2018

Published

on

mudik lebaran toyota tambah titik layanan servis

Kilasjogja.com, NASIONAL – Titik pelayanan servis di mudik Lebaran 2018, seperti diumumkan Toyota ada di 307 lokasi, meningkat dibanding tahun lalu yang berjumlah 292 titik. Dengan demikian, ada penambahan sebanyak 15 titik pelayanan.

Lebih lanjut, ke-307 titik layanan servis tersebut terbagi menjadi 23 posko siaga di sepanjang Pulau Sumatera, Jawa, Bali dan Sulawesi; 11 bengkel siaga yang beroperasi selama 24 jam; 273 bengkel siaga yang tetap buka selama libur panjang Lebaran. Program posko siaga plus bengkel siaga berlangsung mulai 8 – 20 Juni mendatang.

“Kehadiran titik-titik pelayanan Toyota yang bisa dinikmati dan diakses selama musim libur Lebaran merupakan wujud apresiasi kami terhadap kepercayaan dan loyalitas pelanggan. Kami berharap, berbagai fasilitas tersebut dapat mendukung pelanggan dalam menikmati perjalanan ke kampung halamannya,” kata Vice President Director PT. Toyota Astra Motor Henry Tanoto.

Toyota memperbanyak titik pelayanan servis selama masa mudik Lebaran 2018, jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Selain hadirnya Posko Siaga dan Bengkel Siaga, Toyota juga menghadirkan aplikasi ‘Toyota Teman Mudik’ yang dapat diunduh bagi pengguna Android dan iOs. Di dalam aplikasi ini antara lain berisi informasi tentang Posko dan Bengkel Siaga Toyota, peta digital, tips mudik, doa-doa dan jadwal Imsyakiah, permainan, dan lain-lain.

Lokasi Posko dan Bengkel Siaga 24 Jam

Dari 23 posko Siaga Toyota di mudik Lebaran 2018, sebanyak enam di antaranya ada di Jawa Barat. Lokasinya tersebar di:

  • Tol Merak – Jakarta KM.68; Jl Raya Puncak KM.80 Cisarua
  • Jl. By Pass Parakan Muncang – Nagreg KM.28,5
  • Tol Cikampek Rest Area KM.57; Rest Area Tol Cipali KM.102
  • Rest Area Tol Palikanci KM.226-227

Toyota menaruh lima posko siaga di Sumatera. Tempat-tempatnya adalah:

  • SPBU 14.206.190 Suka Damai, Sei Bamban, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi; Jl Lintas Pekanbaru
  • Sumatera KM 105 Tanjung Alai Kec XIII Koto, Kampar-Riau
  • JL. Lintas Riau Sumut, Minas Jaya, Minas, Kabupaten Siak, Riau 28267
  • Jl.Lintas Timur Pekan Baru – Jambi KM 73 kel.Merlung Tanjung Janung Barat
  • Jambi; Gerbang Tol Bakauheni Selatan, Km 4.5, Hata, Bakauheni, Lampung Selatan.

Di Sulawesi terdapat empat posko siaga. Jika dirincikan, titik-titiknya ialah

  • Jl. Poros Pangkajene – Barru (Jl. Sultan Hasanuddin. Kec. Barru Kab. Barru); Jl. Poros Jeneponto – Bantaeng (Jl. Pahlawan Karisa. Kab. Jeneponto)
  • Jl. Trans Sulawesi, Kel. Toboli, Kec. Parigi Utara, Kab. Parigi Moutong
  • Jl. Poros Raterate – Unaaha (Jl. Jendral Sudirman).

Jawa Timur memiliki tiga posko siaga yakni di

  • Rest Area Tol Jombang – Mojokerto KM.678 B
  • Tugu Perbatasan Jateng – Jatim, Bancar, Tuban
  • Jl. Raya Banyuglugur – Situbondo (3 KM arah timur PLTU Paiton).

Jawa Tengah pun ada tiga posko, tepatnya di

  • Rest Area Penarukan, Adiwerna, Tegal KM 275 TOL Pejagan – Pemalang
  • Rest Area Ungaran Km 22
  • Jl. Tol Tembalang, Susukan, Ungaran Timur, Semarang, Jawa Tengah 50516; Rest Area Masaran Sragen – Karang Malang, Sragen, Jawa Tengah 57282.

Bengkel siaga 24 jam di Jawa Tengah berlokasi di

  • Jl. Raya Kalibanger Km. 3, Pekalongan 51129;
  • Jl. Pemuda No. 72 Semarang 50133;
  • Jl. Slamet Riyadi 558, Solo 57144;
  • Jl. Raya Magelang-Yogya Km. 5, Mertoyudan Magelang 56172;
  • Jl. Magelang Km. 7, Mlati, Sleman Jogjakarta 55285;
  • Jl. Raya Kudus – Pati Km. 4, Kudus.

Bengkel siaga 24 jam di Jawa Timur terdapat di

  • Jl. Jend. Ahmad Yani No. 210, Surabaya 60235.

Bengkel Siaga 24 Jam Jawa Barat

  • Jl. Siliwangi 76, Bogor 16720;
  • Jl. Dr. Djundjunan No. 192, Bandung 40163.

Sulawesi Selatan punya satu bengkel siaga 24 jam, tepatnya di Jl. Jend. Sudirman No. 97,Palopo. Sisa satu bengkel siaga 24 jam lagi berada di Lampung yaitu di Jl. Raya Hadji Mena No. 2000, Natar, Lampung Selatan 35362.

BACA JUGA: Info Mudik 2018 Waspadai Tanjakan Panjang Jembatan Kenteng

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
loading...

Tag

Headline Berita