Connect with us

Kesehatan

Cara Membedakan Es Batu Air Matang Atau Mentah

Published

on

Es Batu Air Matang VS Es Batu Air Mentah, Pilih Yang Mana?

Kilasjogja.com – Saat cuaca sedang panas seperti saat ini, rasanya pasti ingin mencari minuman yang menghilangkan dahaga, yang seger-segerlah yang menggunakan es batu tentu pastinya. Seperti Es Cendol. Es Dawet, ES Cincau dan Es Teh mungkin adalah tujuan utama kita untuk merasakan sensasi kesegaran dikala musim panas, karena disamping mudah di temukan, minuman yang sudah merakyat ini sangat murah harganya.

Namun kadang sebagaian orang khawatir dengan media utama yang digunakan pada minuman dingin penyegar dahaga ini yaitu, es batu yang dipergunakan si penjual, apakah air yang dipergunakan dimasak terlebih dahulu (matang) atau hanya dengan air mentah? Karena hasil survey tim kami kilasjogja mendapatkan jawaban yang cukup mencengangkan, sebagaian dari pedagang es tersebut mengutarakan kalau es dengan air matang mereka harus menambah modal dan tidak bisa menjual dengan harga bersaing.

Bagaimana dengan Es batu Pabrikan Ice Cube yang berbentuk silider dan tengahnya bolong?, sebuah penelitian yang di laporkan oleh Daily Mail, Es batu pabrikan juga terkontaminasi dengan bakteri berbahaya seperti e-coli, hal tersebut di karenakan tingkat pertumbuhan masyarakat yang sangat tinggi hingga jarak antara spitenk yang dipergunakan untuk pembungaan di WC mencemari air baku konsumsi kita sehari-hari. Penyebabnya bisa karena kontruksi spitenk yang retak/buruk, pembungan akhir yang diresapkan kedalam tanah, dan tingkat kepadatan penduduk sekitar. Kementrian PUPR lewat SATKER PSPLP terus melaksanakan program penanggulangan pencemaran air baku konsumsi melalui Sanitasi, program tersebut sudah berjalan kurang lebih 7 tahun melalui program dengan nama USRI, SANIMAS, SLBM dll. Program ini adalah membangun sebuah sarana dan prasarana pengolalaan air limbah domestik skala permukiman agar air baku konsumsi yang di pergunakan masyarakat tidak lagi tercemar oleh e-coli.

Tips Membedakan Es Batu Air Mentah dan Matang

Tips Membedakan Es Batu Air Mentah dan Matang

Ciri Es Batu Dengan Air Mentah

Terdapat banyak penggumpalan di bagian tengah atau bagian sisi dari es batu, jadi warna es batu akan dominan putih seperti susu. Penggumpalan ini terjadi karena pada air mentah banyak gas yang masih terjebak di dalam air kemudian terbekukan.

  • Umumnya dibuat dalam bentuk balok balok besar
  • Bila dicium akan terasa kurang segar dibanding es batu air matang
  • Seringkali didapatkan kotoran
  • Bila dicolek lalu dicicipi, es batu dari air yang berbahaya akan terasa pahit dan berasa ada besinya

Ciri Es Batu Dengan Air Matang

  • Hanya sedikit gumpalan gas sehingga es berwarna dominan bening. Proses perebusan akan melepaskan gas-gas dalam air sehingga sedikit sekali yang terjebak dalam proses pembekuan
  • Umumnya dibuat dalam bentuk bungkusan plastik atau cube-cube kecil
  • Bila dicium akan terasa segar
  • Jernih dan tidak didapati kotora

bakteri dalam air khusunya e-coli tidak bisa di anggap spele karena bakteri ini menurut WHO yang berperan besar dalam penurunan kualitas hidup manusia pada zaman sekarang, e-coli juga menyerang sistem kekebalan tubuh manusia dalam jangka panjang, jangka pendeknya gangguan pencernaan dan penurunan fungsi hati.

Sekarang kita harus lebih selektif dalam mengkonsumsi apapun yang masuk kedalam tubuh kita termasuk Es Batu yang dijamin memberikan kesegaran dan surga duniawi sesaat dikala musim panas pada saat ini, pedulilah terhadap lingkungan sekitar perbaiki sistem sanitasi anda dan mulai lah hidup sehat dengan sistem sanitasi yang baik.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.