Connect with us

News

Bunda Sitha : “Saya Korban Amir Mirza”

Published

on

Kilasjogja.com – Wali kota Tegal, Siti Masitha Soeparno resmi menjadi tersangka karena diduga menerima suap Rp 5,1 miliar terkait pengelolaan dana jasa kesehatan di RSUD Kardinah, Kota Tegal dan fee dari proyek-proyek pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemerintah Tegal tahun anggaran 2017.

Dalam operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan KPK Selasa (29/8), KPK juga menetapkan tersangka kepada pengusaha Amir Mirza Hutagalung serta Wakil Direktur RSUD Kardinah Cahyo Supriadi. Bunda Sitha, -sapaan Siti Masitha Soeparno- dan pengusaha Amir Mirza diduga menggunakan uang tersebut untuk memuluskan jalannya mengikuti Pilkada 2018 sebagai pasangan calon Walikota dan calon Wakil Walikota Tegal.

“Sejumlah uang ini diduga digunakan untuk membiayai pemenangan keduanya nanti di 2018 di Kota Tegal itu untuk pilkada. Lalu informasi SMS akan berpasangan AMH, satu sebagai wali kota dan satu wakil wali kotanya,” terang Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan di gedung KPK, Jakarta Selatan, Rabu (30/8).

Dalam OTT KPK, barang bukti yang diamankan adalah uang Rp 200 juta di rumah Amir. Sementara Rp 100 juta dikirimkan ke rekening Amir. Masing-masing Rp 50 juta ke rekening di Bank BCA dan Rp 50 juta ke rekening di Bank Mandiri.

 

RSUD Kardinah Kota Tegal

KPK menduga total keseluruhan suap yang diterima keduanya adalah Rp 5,1 miliar. Sebanyak Rp 1,6 miliar dari jasa pelayanan rumah sakit dengan indikasi diterima dalam rentang waktu Januari-Agustus 2017. Kemudian duit fee dari proyek-proyek di Pemkot Tegal sekitar Rp 3,5 miliar dalam rentang waktu Januari-Agustus 2017.

“Saya Korban Amir Mirza,” kata Siti Mashita usai diperiksa penyidik di Gedung KPK, Jakarta.

Tim satgas KPK turut menangkap empat orang lainnya di tiga kota berbeda, yakni Tegal, Balikpapan dan Jakarta. KPK pun turut mengamankan uang sejumlah ratusan juta rupiah yang diduga merupakan suap kepada Siti Mashita.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.