Connect with us

News

Berbagi Informasi dengan Kotaku

Published

on

kotaku

Kilasjogja.com, Sleman – Era keterbukaan informasi saat ini, hak mendapatkan dan berbagi informasi di masyarakat sangat luas. Tidak hanya wartawan dengan medianya saja yang dapat mengolah informasi, masyarakat umum juga bisa.

Keberadaan media warga cukup efektif dalam mendukung semangat transparansi program pemerintah di masyarakat. Hal tersebut terungkap dalam pelatihan relawan media warga program Kota tanpa Kumuh ‘Kotaku’ Kementerian Pekerjaan Umum di Kantor Desa Sumberarum Moyudan Sleman.

“Media warga bisa menjadi sarana berbagi informasi dari, oleh, dan untuk masyarakat sekaligus sebagai pengawas kerja pemerintah ,” terang Sri Muryati, fasilitator ‘Kotaku’ Kecamatan Moyudan.

Sarana berbagi informasi di masyarakat pun beragam, bisa lewat media digital seperti internet dan media cetak. Akan tetapi untuk mengantisipasi masyarakat yang belum tersentuh teknologi, media cetak seperti buletin ataupun media luar ruangan spanduk cukup efektif sebagai alat informasi.

Menurut Sri, sebaiknya di tiap kantor desa ada tim media warga yang aktif menyampaikan informasi, termasuk kegiatan masyarakat secara berkala. Namun demikian, dia cukup menyayangkan keberadaan media warga sangat tergantung bantuan dana dari pemerintah.

“Media warga ini sebenarnya sudah ada sejak digulirkan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan/Perkotaan pada 2009 lalu. Namun, karena keterbatasan dana dan personil banyak di antaranya terpaksa berhenti,” jelasnya.

Program Kotaku merupakan program pencegahan dan peningkatan kualitas permukiman kumuh nasional yang merupakan penjabaran dari pelaksanaan Rencana Strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PU tahun 2015-2019.

Sasaran program ini adalah tercapainya pengentasan permukiman kumuh perkotaan menjadi 0 hektar melalui pencegahan dan peningkatan kualitas permukiman kumuh seluas 38.431 Hektar.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.