Connect with us

News

Berbagi Informasi dengan Kotaku

Published

on

kotaku

Kilasjogja.com, Sleman – Era keterbukaan informasi saat ini, hak mendapatkan dan berbagi informasi di masyarakat sangat luas. Tidak hanya wartawan dengan medianya saja yang dapat mengolah informasi, masyarakat umum juga bisa.

Keberadaan media warga cukup efektif dalam mendukung semangat transparansi program pemerintah di masyarakat. Hal tersebut terungkap dalam pelatihan relawan media warga program Kota tanpa Kumuh ‘Kotaku’ Kementerian Pekerjaan Umum di Kantor Desa Sumberarum Moyudan Sleman.

“Media warga bisa menjadi sarana berbagi informasi dari, oleh, dan untuk masyarakat sekaligus sebagai pengawas kerja pemerintah ,” terang Sri Muryati, fasilitator ‘Kotaku’ Kecamatan Moyudan.

Sarana berbagi informasi di masyarakat pun beragam, bisa lewat media digital seperti internet dan media cetak. Akan tetapi untuk mengantisipasi masyarakat yang belum tersentuh teknologi, media cetak seperti buletin ataupun media luar ruangan spanduk cukup efektif sebagai alat informasi.

Menurut Sri, sebaiknya di tiap kantor desa ada tim media warga yang aktif menyampaikan informasi, termasuk kegiatan masyarakat secara berkala. Namun demikian, dia cukup menyayangkan keberadaan media warga sangat tergantung bantuan dana dari pemerintah.

“Media warga ini sebenarnya sudah ada sejak digulirkan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan/Perkotaan pada 2009 lalu. Namun, karena keterbatasan dana dan personil banyak di antaranya terpaksa berhenti,” jelasnya.

Program Kotaku merupakan program pencegahan dan peningkatan kualitas permukiman kumuh nasional yang merupakan penjabaran dari pelaksanaan Rencana Strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PU tahun 2015-2019.

Sasaran program ini adalah tercapainya pengentasan permukiman kumuh perkotaan menjadi 0 hektar melalui pencegahan dan peningkatan kualitas permukiman kumuh seluas 38.431 Hektar.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Nasional

Ahok Gugat Cerai Istrinya Publik Dibuat Kaget

Published

on

Ahok Gugat Cerai Istrinya

Kilasjogja.com, JAKARTA – Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok Gugat Cerai Istrinya, Veronica Tan. Entah apa yang terjadi dengan kedua pasangan yang selama ini terlihat harmonis saling mendukung satu sama lain selama Ahok mengalami kasus penistaan agama.

Bahkan Veronica Tan terlihat terus mendampingi sang suami dan memberikannya kekuatan serta dukungan kepada Ahok selama menjalankan proses sidang dan hukumannya saat ini, Publik dibuat kaget dengan kabar ini Belum diketahui apa penyebab eks Gubernur DKI Jakarta itu melayangkan gugatan cerai tersebut.

Kuasa hukum Ahok, Josefina Agatha Syukur mengatakan, dalam berkas pendaftaran sudah dibeberkan alasan Ahok menggugat cerai Veronica. Gugatan cerai itu didaftarkan pihak Ahok ke Pengadilan Negeri Jakarta Utara pada Jumat (5/1) lalu.

Josefina menyatakan, gugatan cerai dilayangkan Ahok karena didasari hal-hal yang bersifat sangat pribadi. “Ini ranah privat sekali,” ucap Josefina di PN Jakarta Utara, Jakarta, Senin (8/1).

Meski begitu, Josefina membantah, alasan di balik Ahok menggugat cerai karena dugaan Veronica selingkuh. Yang jelas, ujar Josefina, alasan Ahok itu sudah disertakan dalam berkas gugatan yang didaftarkan.

“Saya enggak pernah bilang begitu (selingkuh). Dan di dalam gugatan kami jelas sekali alasannya apa,” ujar Josefina.

Namun demikian, Josefina enggan membeberkan apa pertimbangan Ahok melayangkan gugatan cerai. Dia juga enggan merespons hal-hal yang bersifat spekulasi atau baru sebatas rumor terkait alasan Ahok menggugat cerai istri yang sudah memberinya tiga anak itu.

“Saya enggak mau bicara rumor. Secara kode etik saya enggak bisa sampaikan,” ucap Josefina.

Dia belum memikirkan tentang peluang mediasi antara Ahok dengan Veronica. Semua itu tergantung reaksi kliennya usai menerima pemaparan pihak pengacara.

“Soal buka peluang (mediasi) atau tidak, begini. Selesai semua, saya akan laporkan ke Bapak (Ahok) dulu, reaksinya seperti apa,” ujar Josefina.

Dia menegaskan, pihaknya tak pernah menyebut Veronica selingkuh sehingga Ahok mengajukan gugatan cerai. Namun Josefina tak mau membeberkannya. Semua alasan cerai menurutnya, telah dijelaskan dalam gugatan.

“Saya enggak mau bicara rumor. Secara kode etik, saya enggak bisa samapaikan karena ini ranah privat sekali,” katanya.

Hingga kini pihak pengacara tak mau mengungkapkan perkara lebih jauh, sebab masih ada beberapa tahap, termasuk peluang mediasi. Pihak yang menjadi mediator akan ditentukan saat sidang pertama digelar.

“Takutnya berbaikan kita yang malu sendiri. Enggak bagus buka aib orang,” katanya.

Continue Reading

Automotive

Datsun Cross Siap Meluncur

Published

on

Datsun Cross

Kilasjogja.com, AUTOMOTIVE– Datsun akan segera meluncurkan Datsun CROSS yang telah lama dinanti pada bulan ini sebagai model unggulan baru pada line-up Datsun di Indonesia.

Mobil ini adalah wujud semangat baru brand value Datsun yang ‘unstoppable’ dan juga komitmen Datsun kepada pelanggan di Indonesia

Datsun CROSS merupakan generasi baru compact cross-over. Dengan desainnya yang stylish dan fitur-fitur canggih, Datsun CROSS akan menjadi partner yang sesuai untuk gaya hidup pelanggan baru kami

Didesain khusus untuk Indonesia, Datsun CROSS akan menciptakan segmen baru, berkat desain crossover dan ground clearance-nya yang tinggi.

Kata “CROSS” mendefinisikan karakter kendaraan ini, yang mendukung berbagai gaya hidup pemiliknya. Desain keseluruhan bodinya yang smart dan compact membuat Datsun CROSS bergerak lincah, layaknya seorang atlet profesional.

“Datsun CROSS akan mengawali perjalanan baru dari segmen baru Datsun di Indonesia,” kata Eiichi Koito, Presiden Direktur PT. Nissan Motor Indonesia.

World Premiere Datsun CROSS akan diselenggarakan di Jakarta pada 18 Januari 2018.

Continue Reading

Jogja

8 Spot Untuk Merayakan Tahun Baru 2018 Di Yogyakarta

Published

on

Tahun baru 2018 Di Yogyakarta

Kilasjogja.com, YOGYAKARTA – Tahun baru 2018 di Yogyakarta merupakan alternative destinasi wisata liburan selain Jakarta dan Bandung, ada banyak kegiatan menarik di kota tercinta kita ini menjelang pergantian tahun mulai dari pesta dan berkemah.

1. Gebyar Tahun Baru 2018 di Monumen Tugu dan Malioboro

Apabila hanya berencana untuk menghabiskan malam pergantian tahun di pusat Kota Yogya, Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan Gebyar Tahun Baru 2018. Acara akan berlangsung mulai pukul 19.00 di empat titik berbeda, dengan menampilkan Wayang Kulit dan Wayang Golek, Bintang Pantura Jogja, Harmony Musik Kawula Muda, serta Stand Up Comedy.

jam : 20.00 WIB – selesai
Lokasi : Area Malioboro dan Area Tugu
Dimeriahkan oleh: Jogja Ngakak Stand Up Comedy

2. Pesta kembang api Tahun Baru 2018 di Gunungkidul

Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul menyelenggarakan pesta kembang api di Embung Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul. Pesta kembang api tersebut akan dimeriahkan oleh pertunjukan musik campursari Sido Rukun Gunungkidul (SRGK) pimpinan Dimas Tedjo.

3. Berolahraga dan menikmati kopi di pantai Tahun Baru 2018

Bagi penggemar olahraga ekstrem, seperti selancar dan panjat tebing, dan penikmat kopi, Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul juga mengadakan acara menarik untuk menutup tahun 2017. Ada jambore panjat tebing di Pantai Siung yang dijuluki sebagai ‘The Best Rock Climbing Site in Yogyakarta’. Jambore ini dibuka untuk kategori pelajar dan umum.

 

Sementara di Pantai Wediombo akan berlangsung kompetisi selancar, atraksi kesenian tradisonal, dan ngopi bersama komunitas Kopi Nusantara. Acara bertajuk ‘Wediombo It’s Good To SEA You’ tersebut akan ditutup dengan perayaan pesta malam tahun baru.

⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ Come and join Us Buddies !!!! ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ “Wediombo It’s Good To SEA You” ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ Sebuah event besar yang di promotori oleh komunitas selancar WOSS ( Wediombo Surf Society ) bekerjasama dengan DinPar Kab.Gunungkidu dan DinPar Prov.D.I.Y. Diantaranya : ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ 1. Wediombo Surf Challenge ( Kompetisi Selancar ) ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ 2. Atraksi Kesenian Tradisional ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ 3. Ngopi Bareng bersama Komunitas Kopi Nusantara ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ 4. Perayaan Pesta Malam Tahun Baru ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ So, catat tanggal dan tempat nya ya ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ Date : 30 – 31 Desember 2017 ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ Lokasi : Pantai Wediombo, Gunungkidul ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ Dont miss it,you guys are amazing! ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ #repost @wediombo

A post shared by Visiting Jogja (@visitingjogjacom) on

4. Berkemah di Puncak Becici Bantul Tahun Baru 2018

Bagi yang suka berkemah, komunitas @campingjogja membuka paket New Year Camp 2018 di hutan pinus Puncak Becici Bantul. Dari atas Puncak Becici pengunjung bisa melihat indahnya pemandangan kelap kelip lampu di Kota Yogja sekaligus letusan kembang api yang menghiasi langit.

Di puncak Becici view malamnya bagus dan tahun baru ada pesta kembang api juga lho… . JOIN US! New Year Package Celebration, 30-31 December 2017 & 31 December-1 January 2018 Unlimited fun and beautiful lanscape. Book now! Tempat terbatas! Feel free to contact us. WA: 081393881008 . . #paketcamping #campingpackage #jogjacampingpackage #campingceria #campingjogja #jogjacamping #paketcampingjogja #penginapanmurahjogja #hoteljogja #penginapanjogja #campingyogyakarta #sewatendajogja #rentaltendajogja #rentaltendayogyakarta #sewatendayogyakarta #sewatendayogyakarta #sewaalatcampingjogja #pantaijogja #pantaiyogyakarta #liburnatal #eksplorejogja #wisatajogja #liburanjogja #malioboro #tugujogja #sunsetjogja #sunrisejogja #campingdijogja #tahunbarujogja #tahunbaru #puncakbecici

A post shared by sewa tenda Jogja (@campingatjogja) on

5. Pesta lampion Tahun Baru 2018 di Borobudur

Pengelola Taman Wisata Candi (TWC) menyelenggarakan acara bertajuk ‘Borobudur Nite 2017 Amazingly Wonderful’ di Taman Wisata Candi Borobudur. Acara ini dimeriahkan penampilan dari berbagai pertunjukan seni, budaya, serta musik. Penyanyi Andien Aisyah akan menjadi bintang utama. Di penghujung acara, pengunjung bisa menerbangkan lampion yang membuat suasan malam pergantian tahun menjadi lebih indah.

Pernah membayangkan betapa indahnya suasana malam pergantian tahun di Candi Borobudur berlatar belakang lampion yang melayang anggun di udara? Datang dan buktikan sendiri di #borobudurnite2017, sebuah persembahan dari Gathaya dan Taman Wisata Candi(TWC) Borobudur Nite 2017 Amazingly Wonderful Music | Art | Culture | Lantern @Taman Wisata Candi Borobudur Sunday, 31st Desember 2017 Starting from 17:00 Dengan persembahan spesial dari: Andien @andienmusic @andienaisyah Kevin&TheRedRose @kevinandtheredrose Nico @nicholasbenito Java Ensemble & Orchestra @javaensemble Gaharu Nusantara Dapatkan tiket segera di www.kiostix.com, www.blibli.com, dan Indomaret. * * * Come and experience the magical night​ ​of new year’s eve at Candi Borobudur with thousands of flying​ lantern at #borobudurnite2017 , proudly presented​ ​by Gathaya and Taman Wisata Candi (TWC) borobudur Nite 2017 Amazingly Wonderful Music | Art | Culture | Lantern @Taman Wisata Candi Borobudur Sunday, 31st Desember 2017 Starting from 17:00 With special performance Andien @andienmusic @andienaisyah Kevin&TheRedRose @kevinandtheredrose Nico @nicholasbenito Java Ensemble & Orchestra @javaensemble Gaharu Nusantara Get your ticket now www.kiostix.com, www.blibli.com, and Indomaret. * * * #borobudurnite2017 #indonesia #jawatengah #wisatajawatengah #wonderfulindonesia #amazingindonesia #musicfestival #artmusic #artfestival #lantern #event #cultureevent #borobudurzone #borobudurtemple #borobudurpark

A post shared by Borobudur Nite 2017 (@borobudurnite2017) on

6. Dugem di Tahun Baru 2018

Sekedar ingin berkumpul bersama teman-teman sambil menikmati bir dan alunan musik elektronik untuk merayakan malam Tahun Baru, bisa datang ke Boshe New Year Eve Party 2018 di Boshe VVIP Club Yogyakarta. Akan ada penampilan spesial dari DJ Matt Watkins.

New Years Eve Party 2018 with @mattwatkins

A post shared by BOSHE (@boshejogja) on

BACA JUGA: DIY Berlakukan Rekayasa Lalu Lintas

7. Makan malam mewah Tahun Baru 2018 di Abhayagiri Restaurant

Bagi yang sudah menyiapkan dana lebih, bisa mengajak orang tersayang untuk menikmati makan malam mewah di Abhayagiri Restaurant Sumberwatu Heritage Resort. Bertajuk ‘Ethnic and Millenial Night’, Abhayagiri Restaurant akan menampilkan pertunjukan Sendratari Ramayana. Pengunjung bisa menikmatinya dengan harga mulai dari Rp 375 ribu per orang.

8. Musik di Hotel Berbintang Tahun Baru 2018

Beberapa hotel berbintang di Yogyakarta menampilkan penyanyi top Indonesia untuk mengisi pagelaran panggung musik pergantian tahun mereka. Hotel Tentrem Yogyakarta menggandeng Raisa dan Vina Panduwinata dalam acara bertajuk ‘The Best of 2 DIVAs Concert’.

So anda tidak perlu bingung kemana harus merayakan pergantian tahun baru di yogyakarta karena ada segudang event yang di selenggarakan di kota ini.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
loading...

Headline Berita