Connect with us

Kesehatan

Beragam Jenis Kurma

Published

on

Jenis kurma

Kilasjogja.com, KESEHATAN – Di dunia ini ada 10 jenis kurma ternama yang diklasifikasi menjadi empat golongan dengan penamaan Arab seperti, kimri (muda), khalal (berukuran penuh), rutab (matang, lembut), tamr (matang, dikeringkan dengan bantuan matahari).

Adapun kesepuluh jenis kurma antara lain, Kurma Ajwah Kurma ini tumbuh di kota Madinah. Orang sering menyebutnya Kurma nabi, konon Nabi Muhammad sangat menyukai jenis kurma ini.

Ada Kurma Amir Haji atau Amer Hajj Kurma yang satu ini berasal dari Irak. Kurma Amer Hajj juga sering dikenal sebagai ‘welcome kurma’ karena biasa dihidangkan untuk menyambut tamu.

Kurma Deglet Noor Sesuai namanya, ‘Noor’, warna buah ini kuning keemasan hampir mirip sinar matahari.

Kurma Holwah atau Halawi yang dalam bahasa Arab berarti manis. Kurma Mozafati berwarna gelap kurma ini mampu bertahan hingga 2 tahun dalam suhu beku.

Kurma Saidy yang populer di Libya, Kurma Sekkeri kurma mahal rasanya khas dan istimewa. Kurma Thoory atau Thuri rasanya manis dan hampir mirip dengan kacang. Kurma Umelkhashab rasanya unik, manis dan pahit, dan kurma Zaghloul rasa manisnya kuat melekat di lidah.

Manfaat kurma sangat banyak, sehingga tidak salah jika Nabi Muhammad menjadikan kurma makanan favoritnya.

Setelah diteliti kandungan nutrisi dan zat pada kurma memang sangat kompleks dan sangat baik untuk kesehatan.

Manfaat buah ini yang pertama adalah untuk menjaga kesehatan tulang. Salah satu kandungan utama kurma adalah kalsium. Zat yang satu ini sangat penting untuk kesehatan tulang. Bagi anda yang ingin tulangnya selalu sehat sangat disarankan untuk rajin mengkonsumsi kurma

Bagi yang merasa susah buang air kecil tidak ada salahnya untuk mulai rajin mengkonsumsi kurma. Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Riyad menyebutkan jika kandungan nutrisi kurma bisa membuat seseorang menjadi lancar buang air kecil.

Agar bisa buang air kecil secara lancar disarankan untuk mengkonsumsi minimal 5 buah kurma setiap hari.

Manfaat kurma yang lain adalah kandungan serat tinggi. Manusia sangat membutuhkan serat. Jika seseorang kekurangan serat maka akan membuat kesehatannya mudah terganggu.

Kurma adalah buah yang memiliki kandungan serat sangat tinggi dan bisa membuat kebutuhan serat harian anda terpenuhi dengan mudah.

Banyak orang yang belum mengerti jika salah satu kandungan dalam kurma adalah nikotin. Zat yang satu ini bisa membersihkan usus dan membuat semua gangguan pada usus dapat teratasi.

Sebuah fakta menarik mengenai kurma juga terungkap dimana buah yang satu ini bisa membuat seseorang menjadi lebih mudah dalam buang air besar.

Manfaat kurma selanjutnya adalah mengatasi anemia. Bagi anda yang menderita anemia sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah kurma.

Buah yang satu ini memiliki kandungan nutrisi yang tinggi pada kurma sangat baik untuk kesehatan dan pada kurma terdapat zat besi yang baik untuk orang yang menderita anemia. Kandungan zat besi pada kurma bisa dikatakan sangat tinggi dan aman dibandingkan jika anda harus mengkonsumsi obat obatan.

Kadang orang ingin memiliki tubuh yang lebih besar karena terlihat kurus juga tidak maksimal. Untuk bisa gemuk kadang membutuhkan obat yang berbahaya karena sekarang ini banyak sekali obat obatan berbahaya.

Akan lebih baik dan aman jika anda menggunakan buah kurma untuk menggemukan berat badan. Kurma mengandung kalori yang sangat tinggi. Jumlah kalori yang dimiliki buah ini mencapai lebih dari 3000 kalori dan itu pastinya sudah cukup untuk makanan pengemuk badan.

Kurma adalah buah yang secara alami sudah memiliki kandungan sulfur. Anda harus memahami jika zat yang terkandung dalam kurma tersebut sangat efektif untuk mengatasi alergi.

Jika anda merasa alergi maka disarankan untuk mengkonsumsi kurma agar alergi tersebut dapat teratasi.

Syaraf adalah sistem yang paling penting dalam manusia. Jika sistem syaraf sudah terganggu maka akan membuat orang dalam masalah besar. Untuk menjaga kesehatan syaraf sebenarnya sangat mudah.

Itu karena kandungan nutrisi yang ada pada kurma sangat baik untuk menjaga kesehatan syaraf. Jika anda ingin memiliki syaraf yang sehat selalu konsumsi kurma setiap hari.

Kandungan gula yang cukup tinggi pada kurma memang sangat ampuh untuk meningkatkan stamina. Apabila anda sedang lemas dalam menjalani kerjaan sangat disarankan untuk mengkonsumsi kurma setiap hari. Dijamin stamina anda akan naik dengan drastis.

Manfaat kurma untuk kesehatan jantung sudah teruji. Itu karena pada kurma terdapat zat yang bisa membuat kondisi jantung menjadi lebih baik.

Anda cukup mengkonsumsi kurma setiap hari agar jantung anda sehat. Pastinya anda tidak mau jantung anda tidak sehat karena jantung adalah bagian utama dalam tubuh kita. Selamat mencoba!

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.