Connect with us

News

Bantul Raih Inagara Award

Published

on

Bantul Inagara Awards

BANTUL – Berbagai terobosan dan inovasi Pemda Bantul dengan menggenjot kinerja penyelenggaraan, pemerintahan dan layanan publik dengan ide inovatif membuahkan penghargaan Inagara Award dari Lembaga Administrasi Negara (LAN).

Pemda Bantul berhak atas penghargaan untuk pemerintah daerah yang punya komitmen tinggi terhadap pengelolaan inovasi administrasi negara. Penghargaan diserahkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Reformasi dan Birokrasi, Dr H Asman Abnur SE MSi dan diterima oleh Wakil Bupati Bantul, H Abdul Halim Muslih di Kantor Lembaga Administrasi Negara (LAN) di Jakarta.

Abdul Halim Muslih mengungkapkan, jika penghargaan tersebut diberikan dengan mengacu gagasan inovasi dari diseluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Dari 276 ide inovasi untuk sekarang ini dalam taraf ujicoba. Mulai dari program Siji Entuk Papat (Situpat) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bantul.

Dalam ‘Situpat’ itu masyarakat bisa memperoleh empat kartu identitas sekaligus, mulai KTP, kartu keluarga, akte kelahiran dan perkawinan, termasuk Kartu Identitas Anak (KIA). Hebatnya lagi program Situpat itu dijalankan dalam tempo tidak sampai 30 menit.

Sementara dalam bidang pertanahan dan tata ruang, sekarang baru diujicobakan sistem informasi tanah lengkap dengan pemanfaatannya. Bidang kesehatan, registrasi online pasien RSUD Bantul akan diberlakukan pada Bulan September 2017.

Khusus pertanian ada “Siperkasa” atau Sistem Pengeringan Padi Karya Santosa. Temuan itu memungkinkan petani mengeringkan gabah hasil panennya dalam kondisi cuaca panas dan hujan sekalipun. Siperkasa itu bisa bekerja secara efektif tanpa mesin.

“Akan ada ratusan inovasi lain di Bantul yang kedepannya bisa memudahkan masyarakat,” jelasnya.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.