Connect with us

Travel

Ayo Datang Ke Tebing Breksi!

Published

on

Tebing Breksi

Kilasjogja.com, TRAVEL – Nama Tebing Breksi kini sedang jadi bahan perbincangan di kalangan penghobi traveling. Berawal dari sering buat berfoto selfie untuk kemudian diunggah ke jejaring sosial Facebook maupun Instagram, nama Tebing Breksi mulai banyak dikenal orang khususnya para wisatawan. Tak hanya wisatawan lokal Yogyakarta saja, tetapi juga wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia.

Padahal dulunya Tebing Breksi yang lokasinya sebelum objek wisata Candi Ijo ini hanyalah sebuah tebing bekas galian tambang biasa. Jika dirunut dari sejarahnya, sebelum populer dikenal sebagai tempat wisata, kawasan kapur Bukit Breksi merupakan lahan tambang warga yang jadi tumpuan hidup dan mata pencaharian bertahun-tahun.

“Dulu tempat ini merupakan tambang batu. Namun sejak ditetapkannya kawasan ini sebagai salah satu unsur Geo Heritage Yogyakarta, aktititas pertambangan dihentikan. SK penetapan Geo Heritage itu tahun 2014,” terang Kholiq Widianto, Ketua Pengelola Desa Wisata Sambirejo Prambanan.

Setelah aktifitas penambangan dihentikan, warga masyarakat mulai mencari alternatif lain yang bisa dikembangkan dari lahan tebing bekas galian batu ini. Ternyata larangan pemerintah untuk menghentikan aktifitas penambangan justru menjadi pelecut kreatifitas warga setempat untuk mengeksplorasi keindahan Tebing Breksi.

Jika dilihat-lihat, ternyata bekas galian tambang yang tersisa di kawasan Tebing Breksi meninggalkan guratan-guratan yang artistik. Di sisi lain, paduan warna putih berkilau semburat kuning dan coklat dalam berbagai sisi tebing yang begitu luas memberikan panorama indah tersendiri. Maka warga masyarakat pun sepakat untuk mengembangkannya menjadi tempat wisata.

“Pertama kali dibangun panggung terbuka yang diresmikan 30 Mei 2015 lalu. Setelah itu pada dinding tebing mulai dipahat ornamen hiasan. Pahatan pertama yakni konsep relief gambar wayang. Pahatan kedua yakni patung Semar kemudian yang terbaru sekarang adalah pahatan relief naga namun belum jadi secara sempurna,” jelasnya.

Pahatan relief inilah yang menjadi spot menarik para wisatawan untuk berfoto selfie. Dalam perkembangannya, di kompleks area wisata Tebing Breksi tepatnya Desember 2015 mulai dibangun sarana ibadah berupa musholla, area kuliner maupun kamar mandi. Pembangunan ini selesai pada April 2016.

Nama Tebing Breksi semakin booming dikenal orang sejak diselenggarakannya event bertajuk ‘Breksinergi’ Mei 2016 di kawasan Tebing Breksi.  Berdasarkan data kunjungan wisatawan, tercatat selama kurun waktu 2016, kunjungan wisatawan meningkat cukup drastis. Bulan Januari, kunjungan wisatawan dalam sebulan mencapai 2.190 orang.

Angka tersebut meningkat signifikan di bulan April menjadi 5.920 orang. Bulan Mei melonjak lagi menjadi 9.017 orang. Kemudian bulan September, kunjungan wisatawan ke Tebing Breksi sudah menembus angka 36.746 orang.

“Kawasan wisata Tebing Breksi selain jadi favorit kunjungan wisatawan juga banyak menjadi tujuan penyelenggaraan event-event besar. Contohnya acara gathering, anniversary bahkan event sekelas FKY juga pernah dilaksanakan di sini,” ungkapnya.

 

 

Di puncak bukit Tebing Breksi, para wisatawan akan dimanjakan dengan panorama keindahan Yogyakarta yang tampak dari atas. Dari sisi sebelah barat, tampak landasan pacu bandara Adisutjipto yang terlihat mungil. Di sisi utara, menjulang kemegahan gunung Merapi dan Merbabu yang dipadu dengan eksotisnya Candi Prambanan. Sedangkan di sisi timur dan selatan, tampak hijaunya perbukitan dan asrinya perkampungan warga.

Agus Purnomo, salah satu wisatawan mengaku tertarik datang ke kompleks wisata Tebing Breksi karena rasa penasaran dari keindahan foto yang ramai diunggah di jejaring sosial .Rasa tertariknya berkunjung ke Tebing Breksi karena banyak spot menarik yang bisa dieksplorasi untuk berfoto.

“Saya tahunya dari instagram. Panoramanya keren. Akhirnya kami bertiga langsung traveling ke sini. Suasana dan spot-spot nya sungguh luar biasa. Keren abis pokoknya buat foto-foto. Selain itu juga sejuk dan pemandangan alam sekitarnya sangat indah,” ungkapnya.

Baca Juga:

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Travel

Penginapan Murah dan Ngehits Di Jogja Instagenik Ala Milenial

Published

on

Penginapan Murah

Kilasjogja.com, TRAVEL – Saat ini semakin banyak penginapan murah yang instagenik di yogyakarta, sebagai destinasi wisata favorite tentunya jogja harus memberikan kenyamanan kepada para pengungjung dengan berbagai tema liburan yang bisa didapatkan disini. demi memberikan hal tersebut beberapa hotel dibawah ini menawarkan design hotel yang unik dan menarik sekaligus bisa di pergunakan bagi kita yang ingin selfi untuk update instagram dengan latar belakang atau background keren dari hotel-hotel ini.

Rumah Paris Bed & Breakfast Hotel

Rumah Paris Bed

Penginapan Murah Jogja Rumah Paris Bed

Dibuka pada 2014, keunikan penginapan ini langsung melejit dengan beberapa kali dijadikan tempat syuting film atau video klip musik. Perabotan vintage dan rumah bergaya Eropa sangat mencolok di lingkungannya. Sayangnya, untuk menginap harus reservasi sejak awal jika tak ingin gigit jari kehabisan kamar.

Penginapan Murah Lokal Hotel Jogja

Lokal Hotel Jogja Murah

Lokal Hotel Jogja Murah

Dinding batu bata yang diekspose dengan warna – warni cerah tampak sedap dipandang. Selain itu, ada corak batik kawung menghias lantainya. Bisa dibilang, setiap jengkal Lokal Hotel sangat camera-friendly.

Greenhost Hotel Prawirotaman

Greenhost Hotel Murah

Greenhost Hotel Prawirotaman

Sesuai namanya, penginapan ini mengusung konsep ramah lingkungan. Tanaman sayur hidroponik dan organik dibudidayakan sendiri di tiap sudut. Elemen eco-friendly terwakili dari perabot kayu, pepohonan dan taman dekat kolam.

Adhistana Hotel

Adhistana Hotel

Adhistana Hotel Jogja Murah dan Nyaman

Hanya 5 menit berjalan dari Malioboro, tak kalah otentik adalah Adhistana Hotel. Di sini terdapat sebuah dinding yang dipenuhi jendela – jendela kayu antik berwarna – warni. Cocok untuk latar foto OOTD di Instagram.

The Edelweiss Hotel Yogyakarta

The Edelweiss Hotel Yogyakarta

The Edelweiss Hotel Yogyakarta

Menawarkan panorama indah Gunung Merapi dari balik jendela kamar. Membuka mata di pagi hari, selain kesejukan udara, kamu akan merasakan kecantikan kota Yogyakarta dari rooftop pool.

Grand Palace Hotel Yogyakarta

Grand Palace Hotel Yogyakarta

Grand Palace Hotel Yogyakarta

Desain arsitekturnya mirip dengan istana kaisar Romawi dan pilar – pilar menjulang serta patung di area taman. Tak akan ada yang menyangka, foto liburanmu di Yogyakarta berasa liburan ke Eropa saat menginap di Grand Palace Hotel yang megah dan mewah. Kamarnya cukup luas, jadi sangat ideal untuk mengajak liburan keluarga.

 

Baca Juga:

Continue Reading

Travel

Daya Tarik Eksotis Pulau Misool Surga di Raja Ampat

Published

on

Kilasjogja.com, TRAVEL – Raja Ampat memiliki daya tarik yang eksotis salah satunya Pulau Misool, bahkan dengan biayanya yang cukup tinggi dan lamanya perjalanan akan setimpal dengan apa yang bakal kamu dapetin di sana. Sekitar 85 persen luas wilayah Raja Ampat yang ada di sebelah barat “Kepala Burung” Kepulauan Papua ini terdiri dari kepulauan dengan jumlah terumbu karang tertinggi di dunia. Raja Ampat mempunyai lebih dari 1427 spesies ikan karang yang menobatkan tempat ini sebagai tempat dengan keanekaragaman hayati tertinggi di Indonesia, bahkan melebihi Great Barrier Reef yang ada di Australia.

Pulau Misool Surga Kecil Di Raja Ampat

Pulau Misool Surga Kecil Di Raja Ampat

Misool adalah salah satu surga kecil yang ada di Raja Ampat. Dengan keindahan eksotisnya yang menakjubkan, kamu akan melihat hamparan laut yang berwarna hijau dan juga biru toska yang super jernih. Kamu bisa menangkap indahnya tempat ini dari ketinggian jika kamu mempunyai drone.

Namun sayang, keindahan Raja Ampat ini belum berhasil menarik banyak perhatian turis asing karena Indonesia masih belum menonjolkan sector pariwisatanya secara total. Meskipun jumlah turis kian meningkat setiap tahunnya, Indonesia tetap jauh berada di bawah posisi pariwisata yang dimiliki oleh Malaysia.

Keindahan Misool Harus Masuk Daftar Liburan mu

Keindahan Misool Harus Masuk Daftar Liburan,

Untuk bisa ke tempat ini, kamu harus menuju ke Sorong. Jangan lupa memilih tur yang tepat biar kamu bisa puas menjelajahi Raja Ampat dalam beberapa hari liburanmu. Usahakan kamu udah booking paket tour Raja Ampat terlebih dahulu dari tempat asalmu.

Baca Juga:

Continue Reading

Kuliner

Kuliner Jogja Kafe Instagramable Yang Wajib Di Coba

Published

on

Jogja

Kilasjogja.com, YOGYAKARTA – Jogja memang selalu menjadi destinasi wisata idaman anak-anak muda. Bagaimana tidak, di sana banyak terdapat tempat wisata sejarah, alun-alun, dan tempat makan yang harganya sangat terjangkau.

Jumlah tempat makan yang modern ala kafe juga semakin bertebaran di segala penjuru Yogyakarta. Anak muda kekinian yang suka tempat-tempat Instagramable pun kian mudah mencari tempat nongkrong.

Berikut beberapa tempat nongkrong yang asik dan Instagramable yang dapat Anda temukan di kota pelajar, ada yang bernuansa indoor dan outdoor.

Roaster and Bear Jogja

Roaster and Bear merupakan salah satu kafe paling hits di kalangan anak muda Yogyakarta. Jika Anda suka dengan konsep ruangan yang minimalis dengan dominasi warna putih dan kayu, juga jendela-jendela lebar, maka Anda harus coba nongkrong di sini sama teman-teman.

Roaster and Bear Yogyakarta

Roaster and Bear Yogyakarta

Kafe yang terletak di kawasan Hotel Harper Jalan Mangkubumi tersebut juga menyediakan spot bagus untuk foto-foto. Jangan lupa foto sama boneka-boneka beruang yang jadi ikon tempat ini ya!

Bong Kopitown Jogja

Ingin merasakan pengalaman unik makan di dalam penjara? Enggak perlu ke penjara beneran. Cukup ke restoran Bong Kopitown yang berlokasi di kawasan Sagan.

bong kopitown jogja

Bong kopitown jogja

Di sana, Anda akan menikmati hidangan sambil dikelilingi jeruji besi. Buku menunya pun terbuat dari kertas koran. Semakin totalitas, makanan Anda akan disajikan menggunakan piring seng ala narapidana. Menu andalannya adalah masakan khas Cina Peranakan.

Restoran Abhayagiri Jogja

Restoran Abhayagiri Jogja

Restoran Abhayagiri Jogja

Betapa menyenangkan melihat sunset dengan latar belakang Candi Prambanan dan Gunung Merapi sambil menikmati santapan lezat. Anda bisa memperoleh itu semua di restoran Abhyagiri. Letaknya yang di atas bukit membuat udara terasa sejuk dan suasana semakin nyaman. Usahakan datang sebelum matahari terbenam supaya Anda dan teman-teman masih dapat cahaya bagus untuk foto.

BACA JUGA: Tempat Kuliner Di Jogja

Mang Engking Soragan Castle Kuliner Jogja

Mang Engking Soragan Castle

Mang Engking Soragan Castle

Mungkin restoran seafood Mang Engking sudah enggak asing terdengar oleh Anda. Namun, Mang Engking yang satu ini berbeda dengan cabang lainnya. Di cabang ini, ada bangunan kastil besar bernama Soragan Castle yang bagus dijadikan tempat foto-foto. Bahkan, banyak pasangan melakukan pemotretan pre-wedding di sana. Walaupun begitu, gubug dan kolam yang jadi ciri khas Mang Engking tetap ada di sana.

Kalau Anda penasaran mencoba keempat tempat makan tersebut, segera rencanakan liburan ke Yogyakarta bersama teman-teman terdekat. Pergi ke Yogyakarta pun kini semakin mudah dan nyaman dengan kualitas kereta api yang semakin membaik.

Menikmati pemandangan di perjalanan selama lebih kurang enam jam dapat jadi pengalaman seru tersendiri. Anda akan melihat sawah dan pepohonan rimbun sepanjang jalan.

Baca Juga:

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
loading...

Tag

Headline Berita