Connect with us

Kesehatan

Awas Keliru, Begini Cara Mengolah Daging Sapi dan Kambing yang benar!

Published

on

Kilasjogja.com – Sudah menjadi tradisi di Indonesia, daging hewan kurban seperti sapi dan kambing hari raya Idul Adha akan dibagi-bagikan kepada masyarakat sekitar atau orang yang membutuhkan.

Pada prosesnya, daging kurban tersebut akan dimasak dengan berbagai olahan atau di sate.

Lalu, bagaimana cara mengolah daging sapi dan kambing yang benar?

Menurut dokter spesialis gizil dr Herni SpGK dari RSUP DR Sardjito Yogyakarta,  kedua daging tersebut sebenarnya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Anggapan lebih baik mengonsumsi daging sapi karena daging kambing bisa memicu kolesterol tinggi pun tidak benar.

“Daging kambing justru lemaknya lebih sedikit dibanding daging sapi. Daging sapi mengandung lebih banyak kolesterol. Hanya saja, terkadang cara memasaknya keliru,” terangnya.

Masyarakat biasanya hanya memasak daging sapi dan memanfaatkan dagingnya saja, kemudian lemaknya dibuang.

Sedangkan daging kambing lebih sering dimasak bersamaan dengan jeroan dan tetelan.

Hal itulah yang membuat kandungan kolestrol di masakan yang berbahan dasar daging kambing lebih tinggi dibanding masakan yang berbahan dasar daging sapi.

Jadi, cara masyarakat mengolah masakan menentukan kesehatan.

Bila tetap ingin memasak daging kambing, usahakan untuk membuang semua lemak dan jeroan sehingga hanya dagingnya yang diolah. Begitu juga sebaliknya dengan daging sapi.

“Yang terpenting kendalikan diri. Banyak mengonsumsi daging menyebabkan dan kolesterol tinggi dan hipertensi,” jelas dr Harni.

Sementara itu, agar daging kambing tak berbau dan juga alot atau keras. Yang perlu dilakukam adalah memotong daging dari bagian paling luar.

Usahakan daging kambing tidak terkena air. Sebab bila terkena air akan mudah bau dan jangan mencuci daging tersebut.

Sebelum diolah, ada baiknya daging kambing digantung untuk mengeluarkan sisa darah.

Kemudian saat mengolah kambing, campurkan daging dengan banyak daun jeruk. Tujuannya untuk menghilangkan bau dari daging kambing.

Atau bisa juga menumis daging kambing dengan nanas agar empuk.

“Kalau mau di sate, daging kambing jangan dicuci. Rasanya nanti beda, ” ungkap Pak Jam, pedagang sate Kambing di Jalan Imogiri Bantul, Yogyakarta.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Kesehatan

5 Nutrisi Yang Baik Untuk Turunkan Berat Badan Anda

Published

on

Nutrisi yang baik bagi tubuh kita

Kilasjogja.com, Kesehatan – Memiliki berat badan ideal dan bentuk proporsional tentu menjadi impian setiap orang. Namun, untuk mempertahankan berat badan ideal ini bukan perkara yang mudah dibutuhkan nutrisi yang baik. Seperti dilansir dari laman boldsky.com, kita perlu konsumsi berbagai makanan yang bernutrisi tinggi tanpa lemak serta kolesterol jahat, kita perlu melakukan olahraga secara rutin dan menjaga pola tidur.

Mengenai makanan yang bisa bantu menurunkan berat badan secara maksimal, berikut sedikitnya ada lima makanan bernutrisi tinggi yang bisa bantu turunkan berat badan secara maksimal. Makanan apa saja? Simak baik-baik yang berikut ini.

1. Nutrisi Dari Tahu Atau Tempe

Nutrisi Tahu TempeDua makanan ini mengandung protein yang sehat dan baik buat tubuh. Ketika kedua bahan makanan ini diolah secara baik, ini juga bisa menjadi makanan lezat yang rendah lemak tak jenuh hingga sangat baik digunakan sebagai nutrisi penurun berat badan. untuk memperoleh hasil yang baik tahu dan tempe sebaiknya di goreng dengan minyak goreng yang baru atau menggunakan coconat oil yang rendah lemak juga.

 

2. Kacang – Kacangan

Kacang-kacanganKacang hijau, kacang kedelai, kacang almond adalah makanan bernutrisi baik bisa bantu turunkan berat badan secara maksimal. Konsumsi kacang-kacangan secara rutin untuk sarapan dan makan malam bisa meningkatkan energi dalam tubuh sekaligus melancarkan program diet yang kamu lakukan.

 

3. Buah Pisang

PisangBuat kamu yang ingin tetap berenergi, tubuh ternutrisi dengan baik dan sehat serta bugar, usahakan untuk selalu memasukkan buah pisang ke dalam menu diet kamu. Buah pisang mengandung bermacam vitamin juga nutrisi yang baik buat tubuh. Buah pisang yang dikonsumsi sebagai menu sarapan rutin setiap hari, bisa bantu menurunkan berat badan secara maksimal hanya dalam waktu singkat.

 

 

4. Telur

Telur ayamDimanfaatkan sebagai menu sarapan atau makan malam, telur bisa bantu menurunkan berat badan dengan baik. Telur juga mengandung berbagai nutrisi serta vitamin yang menyehatkan tapi harap di ingat jangan berlebihan dalam mengonsumsi telur karena akan menibulkan efek lain atau tidak baik bagi tubuh kita.

 

5. Ubi Jalar

Ubi JalarUmbi-umbian termasuk ubi jalar adalah makanan bernutrisi tinggi yang baik digunakan sebagai menu diet. Selain baik sebagai menu diet, ubi jalar juga makanan bernutrisi tinggi yang bisa mencegah berbagai penyakit mematikan seperti stroke, liver hingga kanker.

 

 

Ladies, itulah sedikitnya lima makanan terbaik bisa bantu menurunkan berat badan secara maksimal. Selain makanan di atas, makanan lain yang juga baik dikonsumsi sebagai nutrisi penurun berat badan adalah buah alpukat, buah apel, sayuran hijau, daging tanpa lemak, jamur dan gandum. Semoga informasi ini bermanfaat.

Continue Reading

Kesehatan

Angka Penderita Kanker Meningkat Signifikan

Published

on

Penderita Kangker

Kilasjogja.com, KESEHATAN – Jumlah angka penderita kanker meningkat cukup signifikan. Menurut data WHO, di dunia jumlah penderita kanker terus meningkat dengan persentase peningkatan sekitar 20 persen tahunnya.

Sedangkan di Indonesia, penderita kanker terbanyak di kalangan perempuan dan kanker payudara di peringkat teratas.

Di RSUP Dr Sardjito Yogyakarta, jumlah kunjungan pasien kanker mencapai 250 pasien perhari, baik pasien lama maupun baru.

dr Kartika Widayati SpPD-KHOM(K), ahli Hematologi dan Onkologi Medis Fakultas Kedokteran UGM dan RSUP Dr Sardjito Yogyakarta mengatakan bila peningkatan jumlah penderita kanker dipengaruhi sejumlah faktor.

Faktor pertama yaitu meningkatnya kesadaran masyarakat untuk melakukan skrining (deteksi dini) kanker, akses berobat yang semakin mudah di era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) atau bisa juga karena gaya hidup masyarakat yang tidak sehat.

“Setelah adanya BPJS Kesehatan, masyarakat tidak takut terkendala biaya untuk memeriksakan diri, itu bisa juga yang mempengaruhi angka penderita kanker meningkat,” terangnya.

Kasus kanker terbanyak pada laki-laki adalah kanker paru-paru atau lung cancer dan kanker usus besar atau kulorektal.

Sedangan pada perempuan, terbanyak adalah kanker payudara dan kanker serviks.

Kemudian pada anak paling banyak kanker sel darah atau leukemia. Meskipun kanker bisa disebabkan faktor genetik atau turunan namun paling banyak penyebabnya karena pola hidup tidak sehat.

Seperti kurang olahraga, suka makanan berlemah, berpengawet, mengandung zat adiktif, merokok dan lain-lain.

“Zat-zat karsinogen yang terakumulasi dalam tubuh akan memicu munculnya sel kanker,” jelasnya.

Dulu pasien kanker kebanyakan terdeteksi mengidap kanker pada stadium lanjut, karena kurangnya kesadaran. Kini, kesadaran masyarakat untuk skrining mulai ada peningkatan, sehingga kanker terdeteksi saat stadium awal.

Dengan diketahui lebih awal, maka bisa segera diberi tindakan pengobatan sehingga peluang harapan untuk terbebas dari kanker sangat besar.

Namun jika sudah stadium lanjut, meskipun sel kanker sudah dibersihkan, suatu saat bisa muncul lagi. “Edukasi agar masyarakat peduli dengan kesehatannya perlu terus digalakkan,” katanya.

Tentang metode pengobatan kanker, menurut Kartika, tidak hanya kemoterapi dan obat. Saat ini berkembang metode terapi embolisasi, ablasi menggunakan gelombang termal atau panas, stem cell atau sel punca dan imunoterapi.

Bahkan di negara-negara maju mulai dikembangkan imunoterapi yakni dengan menjadikan sel-sel imun atau kekebalan tubuh lebih peka untuk membunuh sel-sel kanker.

“Dengan kata lain mengaktifkan sel-sel yang ada pada sendiri untuk membunuh sel-sel kanker,” jawabnya.

Continue Reading

Kesehatan

LIFESTYLE: Makanan dan Minuman Yang Berbahaya Untuk Pria

Published

on

makanan dan minuman berbahaya untuk pria

Kilasjogja.com, LIFESTYLE – Ragam jenis kuliner saat ini merupakan sebuah bentuk perkembangan zaman, semakin mudah kita semua menemukan makanan dan minuman yang bervariasi serta beragam baik makanan tradisional ataupun moderen banyak ditawarkan di media online saking mudahnya beragam aplikasi ikut memberikan kemudahan tanpa kita harus pusing keluar rumah segalanya tinggal cukup klik and klik.

Tahukah anda apabila para pria terlalu berlebihan mengkonsumsi beberapa makanan dan minuman tertentu dapat mempengaruhi kesuburan sperma mereka?, makanan dan minuman ini diklaim dapat menurunkan kualitas dan debit sperma sehingga mempersulit proses pembuhaan pada saat anda berencana untuk memperoleh keturunan.

1. Minuman berkarbonasi

Minuman Berkarbonasi Menurunkan Kualitas Sperma Pria

Minuman Berkarbonasi Menurunkan Kualitas Sperma Pria

Minuman bersoda sangat digemari karena memberikan kesegaran yang lebih khususnya pada saat panas. Namun, minuman ini cukup berbahaya bagi pencernaan, ginjal, ataupun diabetes. Namun, banyak yang tidak menyadari adanya potensi minuman ini mempengaruhi tingkat kesuburan pria. Kandungan bisphenol dalam botol plastik atau kaleng soda dapat menurunkan produksi sperma. Sehingga, ada baiknya konsumsi minuman bersoda dikurangi.

 

 

Prev1 of 3

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
loading...

Headline Berita