Connect with us

News

Awas, Ada Banyak Ubur-Ubur di Parangtritis!

Published

on

Ubur-ubur

BANTUL – Pengunjung Pantai Parangtritis, Kretek Bantul harus ekstra waspada bila bermain air di pinggir pantai karena ada banyak ubur-ubur. Sudah banyak pengunjung  yang tersengat binatang laut yang tergolong ke dalam kelas Scyphozoa ini.

“Awalnya saya kira bukan ubur-ubur. Waktu tahu sudah nempel di kaki sakit sekali,” terang Rendra, warga Imogiri.

Komandan SAR Bantul, Arif Nugraha mengungkapkan sejak beberapa waktu lalu ubur-ubur sudah kerap muncul di Parangtritis. Pihaknya pun sangat gencar memberikan imbauan kepada pengunjung disepanjang pantai. Bahkan sebelum masuk kawasan pantai imbauan sudah dilakukan.

“Mulai seminggu terakhir ini. Pengunjung yang tersengat ubur-ubur itu terus meningkat,” jelasnya.

Arid Nugraha menjelaskan, ketika ubur-ubur sudah mengenai kulit biasanya memicu panas dingin serta sakit pada persendian tulang. Paling serius bisa mengakibatkan pingsan ketika orang tersebut kesehatannya kurang prima.

Tim SAR Bantul langsung menyiapkan sejumlah racikan obat untuk diberikan kepada korban sengatan ubur-ubur. Mulai dari ramuan cabai, cuka hingga alkohol. Mereka juga sudah menyiapkan armada jika sewaktu-waktu dibutuhkan membawa ke rumah sakit.

Personel penjaga disepanjang pantai juga sudah dibekali keterampilan dalam penanganan korban sengatan ubur-ubur. Anggota Pol Air Polda juga dilibatkan dalam penanganan korban sengatan ubur-ubur cepat dan tepat.

“Sulit sekali dicegah karena pengunjung kena sengatan disaat mandi. Hadirnya ubur-ubur juga bersama gelombang air laut,” ungkapnya.

Bila tersengat, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencabut tentakel yang tertinggal dengan memakai sarung tangan.

Jangan membasuh sengatan dengan air karena justru akan memicu tentakel mengeluarkan racun lebih banyak. Membasuh dengan urine juga merupakan cara yang keliru mengandung garam dan elektrolit, namun airnya lebih banyak dan ini membuat luka semakin sakit.

Cara yang tepat adalah memakai cuka atau alkohol berkadar sekitar 40-70 persen untuk membasuhnya. Setelah itu gunakan pasta baking soda yang dicampur sedikit air untuk menghilangkan rasa sakitnya. Lakukan cara ini secara berulang-ulang setiap 30 menit sekali hingga benar-benar sembuh.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.