Connect with us

News

Aldian Fahrialam dan Afifah Wakil Paskibraka DIY

Published

on

Paskibraka DIY

YOGYAKARTA – Bagi Aldian Fahrialam dan Afifah Salma Viandani Ananda, upacara hari kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Presiden kali ini akan terasa spesial. Keduanya lolos menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat nasional tahun 2017.

Aldian Fahrialam merupakan siswa SMA Negeri 1 Yogyakarta dan Afifah Salma Viadani Ananda, siswi SMAN 1 Semanu, Gunungkidul.

“Pasti bangga akhirnya terpilih dan lolos ke tingkat nasional. Saya ingin membuat bangga orang tua dan mbah,” terang Aldian.

Proses seleksi yang dilalui Aldian dan Afifah cukup ketat. Dari 46 calon Paskibraka Kota Yogya, Aldian masuk 16 besar dan dikirim untuk diseleksi ke tingkat DIY. Kemudian tujuh peserta berhasil lolos masuk Paskibraka Provinsi. Setelah dilakukan serangkaian seleksi, akhirnya terpilih satu pasang mewakili DIY untuk masuk ke Paskibraka Nasional.

“Saya selalu memandang hidup penuh optimis,” jelas Afifah.

Jonni Mardizal, Plt Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementrian Pemuda dan Olahraga RI, menjelaskan tidak banyak yang berubah dari pelaksanaan pendidikan kilat (Diklat) Paskibraka Nasional 2017.

Khusus seleksi di setiap provinsi, Kemenpora turut menurunkan supervisi untuk melihat langsung proses seleksi. Jika ada peserta yang dikirim ternyata bermasalah, provinsi sudah menyiapkan cadangan untuk segera dikirim ke Jakarta guna mengikuti Diklat Paskibraka.

“Kriteria tinggi badan masih sama. Paskibraka putra 175 cm dan putri 170 cm,” ungkapnya.

Jika tahun sebelumnya Kemenpora mengundang dua pasang peserta dari setiap provinsi kemudian di seleksi di tingkat nasional. Untuk tahun ini hanya mengundang satu pasang putra putri terbaik dari 34 provinsi. Setelah peserta sampai di Jakarta langsung dilatih di Cibubur.

Perbedaan lain dari pelaksanaan Diklat Paskibraka tahun-tahun sebelumnya adalah, setelah menjalankan tugas di Istana Negara, seluruh anggota Paskibraka Nasional 2017 mengikuti apel kebangsaan, bergabung bersama anggota Paskibra seluruh tingkatan di lapangan Jambore Cibubur, Jakarta Timur.

Ada pun tujuan dilaksanakannya Apel Kebangsaan untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air kepada seluruh Purna Paskibraka Indonesia. Hal tersebut dalam rangka meningkatkan kecintaan kepada NKRI di kalangan pemuda demi menjaga keutuhan NKRI sebagai harga mati.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.