Connect with us

News

AKBID Ummi Khasanah Luluskan 96 Bidan Baru

Published

on

Akbid Ummi Khasanah

Kilasjogja.com, BANTUL – AKADEMI Kebidanan Ummi Khasanah (Akbid Ukha) Yogyakarta menggelar wisuda angkatan VIII tahun akademik (2016/2017).

Sidang senat terbuka wisuda berlangsung di Hotel Sahid Jaya Yogyakarta dan dibuka oleh DR. Drs. Ardi Rispurwanto, M.Psi., MA selaku Ketua Senat Akademik AKBID Ummi Khasanah. 96 wisudawati dinyatakan berhak menyandang gelar Diploma III (D3). 

Tuti Rohani, S.SiT.,M.Kes, selaku Direktur AKBID Ummi Khasanah dalam sambutannya mengharapkan para wisudawati dapat berperan dalam pencapaian target ketiga dari tujuan pembangunan berkelanjutan atau  Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu kehidupan sehat dan sejahtera, khususnya terkait kesehatan ibu dan bayi.

“Masalah kesehatan ibu dan bayi menjadi salah satu isu penting yang dihadapi Indonesia dalam dekade ini,” terangnya, Kamis (7/9).

Sebagai seorang penyedia layanan kesehatan, bidan memiliki peran yang strategis dan sangat unik. Bidan adalah seorang agen pembaru yang sangat dekat dengan masyarakat dan hidup di tengah-tengah masyarakat, serta berperan dalam memberdayakan perempuan dan masyarakat.

“Masyarakat sangat membutuhkan kehadiran seoranag bidan,” jelasnya.

 

Ketua PD IBI DIY, Nunik Endang Sunarsih, SST., SH.,M.Sc menjelaskan untuk dapat menjalankan praktik kebidanan atau praktik bidan mandiri (BPM), para wisudawati ini masih harus mengikuti uji kompetensi Nasional.

Setelah lulus baru akan mendapatkan Surat Tanda Registrasi (STR) atas usulan Majelis Tenaga Kesehatan Provinsi (MTKP) bekerjasama dengan organisasi IBI.

Selanjutnya setelah mendapatkan STR untuk segera mendaftar menjadi anggota IBI sebagai syarat untuk dapat mengurus Surat Ijin Praktik Bidan (SIPB).

“Sebagai anggota profesi kami berpesan jagalah nama baik organisasi, bekerja secara professional, patuh dalam memberikan pelayanan sesuai standar kompetensi dan kewenangan bidan. Yang terpenting mematuhi kode etik bidan,” ungkapnya.

Wisudawati terbaik diraih oleh Nurul Fatmawati (IPK 3,76), Puspa Andriana (IPK 3,63), Noviana Cavita Sari (IPK 3,58), Nirma Nurasfiani (IPK 3,57), (IPK 3,56), Novita Yulia Meita Saroh dan Jeni Purnamawati (IPK 3,51).

Dalam acara wisuda ini juga turut dilakukan prosesi angkat sumpah profesi bidan bagi wisudawati yang dipimpin oleh Ketua PD IBI DIY, Nunik Endang Sunarsih, SST., SH.,M.Sc.

Acara wisuda ini pun dihadir oleh Dewan Pembina Yayasan Ummi Khasanah  yaitu DR. dr. H.M Ani Ashari, Sp.OG(K), Dewan Pengurus Harian Yayasan Ummi Khasanah, Direksi RSKIA Ummi Khasanah, PD IBI DIY, Koordinator Kopertis Wilayah V, Dinas Kesehatan Yogyakarta dan Pemda Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.