Connect with us

Lifestyle

4 Wanita Hebat Hidup Tanpa Sampah Plastik

Published

on

sampah plastik

Kilasjogja.com, LIFESTYLE – Tingkat kerusakan yang ditimbulkan oleh sampah plastik pada lingkungan kita semakin memperihatinkan, segala kegiatan hidup yang kita jalani tidak terlepas dari material satu ini.

Bahkan bahan berbahaya ini sudah menembus sebagian barang konsumen yang kita pergunakan sehari-hari seperti minum, makan dan berbelanja keperluan sehari-hari.

hal yang lebih memperparah keadaan adalah dimana Gundukan sampah plastik berada didarat, laut dan memberikan penderitaan pada ikan dan organisme lainya yang tidak terhitung sebagai konsekuensi negatif dari sampah plastik.

Penemuan terbaru mengungkapkan bahwa plastik dengan bahan biodegradable tidak dapat terdegradasi dengan berbagai cara yang ada pada saat ini. hanya sekitar 9% saja jenis plastik yang bisa di benar-benar di daur ulang.

Tidak peduli seberapa singkat kita menggunakannya, barang plastik tidak pernah hilang sama sekali. Tampaknya satu-satunya solusi untuk plasticalypse sekarang adalah untuk berhenti membeli dan menggunakan bahan ini atau paling tidak, untuk mengurangi penggunaan plastik kita sejauh yang kita bisa.

inilah ke tujuh orang yang mungkin bisa memberikan inspirasi bagi kita semua untuk tidak lagi menggunakan plastik pada kehidupan sehari-hari berbagi pengalaman, kesan dan tip untuk membuat kebiasaan buruk ini sedikit lebih mudah bagi kita semua.

1. Erin Rhoads, a.k.a The Rogue Ginger

Erin Rhoads

Erin Rhoads Aktivis Daur Ulang Sampah Images by news.com.au

Bebas plastik selama lebih dari dua tahun, Erin Rhoads menceritakan perjalanannya ke gaya hidup tanpa limbah di blognya, The Rogue Ginger, yang berisi tip dan saran bermanfaat tentang plastik.

Perempuan asal Melbourne Australia, untuk mulai hidup dengan tidak menggunakan barang-barang plastik maupun tidak membuang sampah. Dan hasilnya, setelah memulai komitmennya sejak tahun 2013 lalu, Erin hanya ‘menghasilkan’ sampah sebanyak satu toples saja. Iya lo, barang-barang yang tidak bisa di daur-ulangnya, disimpannya dalam satu toples itu, misalnya bungkus obat, tag baju.

Tidak hanya itu saja, desainer grafis yang dalam kesehariannya juga sibuk dalam pekerjaannya ini, tetap bisa menjaga kecantikannya dengan membuat masker kecantikannya sendiri dari bahan alami, bahkan untuk kosmetik dan pasta gigi, Erin memilih membuatnya sendiri.

Terinspirasi oleh sebuah film dokumenter berjudul The Clean Bin Project yang ditontonnya pada tahun 2013, tentang dua orang di Kanada yang berkomitmen untuk tidak berbelanja barang apapun yang baru selama satu tahun dan berusaha untuk tidak membuat sampah. Itulah yang menyadarkannya dan membuatnya ingin melakukan perubahan dalam hidupnya, yaitu jumlah sampah yang dihasilkannya dalam kehidupan sehari-hari yang ternyata bisa membawa dampak negatif bagi dirinya maupun orang lain. Dia tidak mau membebani generasi mendatang dengan sampah-sampahnya yang dihasilkannya. Dia merasa bertanggung-jawab untuk setiap sampah yang dihasilkannya.

2. Lindsay Miles, penulis buku That’s a Wrap

Lindsay Miles, seorang warga di Perth, Australia Barat, sejak 5 tahun lalu menjalani diet tanpa plastik. Sebuah gaya hidup yang dimulainya setelah menonton film dokumenter “BAG IT!.

“Pada saat saya mulai mengikuti tantangan hidup bebas dari plastik ini, saya berpikir gaya hidup ini sangat berkelanjutan. Saya membawa sendiri tas saya ke toko dan saya mendaur ulang segala hal. Dan kemudian saya pulang ke rumah dan mulai memperhatikan kalau ada lebih banyak plastik yang saya gunakan dan saya tidak menyadarinya,” kata Miles.

Pada saat yang bersamaan, dia mulai melakukan riset dan mendapati kalau daur ulang ternyata bukan solusi yang berkelanjutan bagi penggunaan plastik, padahal dia sebelumnya berpikir itu merupakan solusi. “Plastik secara teknis tidak didaur ulang. Plastik hanya bisa diturunkan siklus daur ulangnya dan dibuat menjadi plastik dengan kualitas yang lebih rendah. Dan mungkin plastik hanya bisa di daur ulang sebanyak dua kali sebelum akhirnya berakhir menjadi limbah di tempat pembuangan akhir,” jelasnya.

Lindsay Miles tidak langsung benar-benar menyingkirkan seluruh benda-benda yang terbuat dari plastik di dalam rumahnya. “Hal pertama yang saya lakukan adalah tidak pernah membeli sesuatu yang dibungkus oleh plastik – tapi belilah sesuatu yang dikemas didalam kemasan kaca, kertas atau kardus atau belilah sesuatu yang tidak dikemas sama sekali. Kemudian saya mulai membuat satu tantangan yang diikuti oleh tantangan lain. Dan tidak pernah mundur lagi,” katanya.

Prev1 of 2

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kesehatan

Cara Mengusir Nyamuk DBD

Published

on

Nyamuk DB

Kilasjogja.com, KESEHATAN – Dalam lima puluh tahun terakhir kejadian penyakit DBD (demam berdarah) sebagai penyakit endemik yang ditularkan oleh nyamuk telah mengalami peningkatan hingga tiga puluh kali lipat di seluruh dunia.

Menurut data yang diterbitkan oleh WHO selaku organisasi kesehatan dunia dan juga Kementerian Kesehatan Indonesia, yang dilansir dalam laman krjogja.com, pada 2016, ada sebanyak 15,2 juta kasus DBD tercatat di Asia Pasifik, lalu sebanyak 202.314 kasus termasuk di dalamnya 1.593 kematian itu dilaporkan terjadi di Indonesia.

Secara alamiah, Indonesia adalah negara tropis dengan musim kemarau dan musim hujan bercurah tinggi. Perihal musim ini mau tidak mau memang menjadi salah satu faktor pendukung penularan penyakit yang disebabkan oleh nyamuk, yakni demam berdarah, zika, dan malaria jadi semakin mudah.

Upaya pengendalian penyakit ini, sejatinya tidak hanya dilakukan oleh pihak pemerintah. Masyarakat idealnya juga sudah melakukan berbagai upaya bersifat preventif, alias pencegahan sebelum terjadinya penyakit. Bukan reaktif, yang mana artinya baru bertindak setelah ada kasus penyakit telah terjadi.

Apa yang bisa kita dilakukan di lingkungan sendiri? Upaya tersebut bisa dimulai dari lingkungan rumah sendiri untuk mencegah datang dan berkembang biaknya nyamuk-nyamuk penyebab demam berdarah, malaria, dan zika. Setidaknya ada tiga cara yang bisa dilakukan, yaitu fisik, biologis, dan kimia.

Cara pertama ialah melalui cara fisik, yakni dengan 3M yang sudah banyak dikenal masyarakat. Tapi sekarang, konsep 3M berarti menguras, menutup, dan mendaur ulang (mendaur ulang barang-barang bekas yang masih bernilai ekonomis). Bukan lagi mengubur langsung di dalam tanah, seperti konsep 3M yang dulu dipahami.

Lalu, cara kedua yang sederhana dan mudah dilakukan ialah dengan cara biologis. Yaitu, mencoba menghadang datangnya nyamuk, dengan cara alami lewat penanaman aneka tanaman di rumah atau lingkungan sekitar. Apa saja tanaman yang selain bisa menghijaukan pemandangan di rumah, namun juga bisa berfungsi untuk menghalau kehadiran nyamuk?

Kepala Subdit Vektor dan Binatang Pembawa Penyakit Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Dr Suwito MKes mengatakan bahwa kita bisa coba menanam lavender, sereh, dan zodiac di sekitar lingkungan rumah.

“Ini beberapa contoh tanaman untuk mengusir nyamuk yang mudah ditanam di rumah dan cocok untuk iklim tropis. Selain bisa digunakan untuk aktivitas rumah tangga, sereh itu contohnya . Tanaman jenis ini bisa membantu untuk mengusir nyamuk, karena ada aroma atsiri yang tidak disenangi oleh nyamuk,” jelasnya.

Terakhir, atau yang ketiga adalah cara kimia yaitu fogging alias penyemprotan dengan menggunakan pestisida yang bertujuan untuk membunuh nyamuk-nyamuk dewasa penyebab penyakit demam berdarah, malaria, dan zika.

Continue Reading

Kesehatan

Soft Drink Paling Populer Berdasarkan Bagaimana Beracunnya Mereka

Published

on

Soft Drink Berbahaya

Kilasjogja.com, KESEHATAN – Soft drink atau biasa kita sebut sebagai minuman berkarbonasi soda baru-baru ini menjadi bahan penelitian sejumlah ilmuan dalam penelitiannya 1.000 orang dewasa selama enam tahun mengkonsumsi minuman soda dan minuman manis lainnya mendapatkan tambahan lemak sebesar 0.8 Kg lemak visceral (Lemak Perut). lemak ini akan merusak organ dalam perut anda dan mendorong perut anda keluar atau terlihat buncit.

Lemak visceral telah terbukti meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke dan diabetes, di antara penyakit lainnya.

Soft Drink atau soda terbukti membuat kita terlihat berpenampilan buruk karena kandungan gula didalamnya, di tahun 2016 badan otoritas di amerika USDA mengelurkan pedoman baru untuk kandungan gula dalam minuman bersoda tidak boleh lebih dari 180 kalori gula perhari untuk wanita dan 200 kalori untuk pria.

Di Amerika, FDA telah menerima lebih dad 10400 keluhan konsumen terhadap aspartame.

Penyakit berkembang dalam lingkungan asam Softdrink akan mengendapkan limbah asam dalam tubuh yang menumpuk dalam sendi dan di sekitar organ tubuh. Contohnya, pH tubuh penderita kanker atau randang sendi selalu rendah. Semakin parah penyakit seseorang, semakin rendah pH tubuhnya.

Soda diet tidak berbahaya bagi tubuh merupakan sebuah tipuan yang paling besar Kenyatannya, soda diet juga menimbulkan efek yang buruk, bahkan mengandung lebih banyak pemanis buatan jenis aspartam.

Pemanis buatan ini menyebabkan tubuh kita memiliki respon yang lemah terhadap protein Jika dibiarkan terus menerus, orang bisa terkena kanker depresi, cacat kelahiran (bagi ibu yang sedang mengandung), obesitas, hingga alzheimer.

Anda sebaiknya mengurangi dan lebih baik lagi tidak mengonsumsi soda sama sekali Terutama setelah makan di restoran cepat saji yang biasanya menawarkan paket makanan dengan minuman bersoda. Penuhilah kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih atau teh herbal yang lebih bermanfaat bagi kesehatan.

 

Continue Reading

Lifestyle

Asus ROG Versi Handphone Resmi Di Rilis Ke Pasar Dunia

Published

on

Asus ROG Versi Handphone Resmi Di Rilis

Kilasjogja.com, LIFESTYLE – Asus ROG yang dikenal sebagai laptop gaming keluaran Asus pun dibawa ke dalam bentuk mobile phone agar bisa memuaskan para pecinta e-sport di Indonesia dan dunia. hal ini disebabkan peningkatan jumlah mobile gamer yang cukup signifikan kata Senior Product Director Republic of Gamers Kris Huang dalam acara peresmian Asus ROG Phone di Taipei, Taiwan.

Spesifikasi Asus ROG Phone

Asus ROG Phone

Asus ROG Phone

Asus ROG diklaim memiliki spesifikasi yang sangat mumpuni untuk bermain game. Hal ini terlihat dari dapur pacu ponsel yang menggunakan Snapdragon 845 dengan kecepatan 2,96 Ghz. Prosesor ini merupakan salah satu prosesor papan atas saat ini, sehingga Asus berani menjamin jika tidak akan ada kasus lag atau gerakan patah-patah saat memainkan game.

Untuk urusan RAM pun Asus tidak main-main. Mereka menanamkan RAM dengan ukuran 8 GB dengan alternatif ROM sebesar 128 GB dan 512 GB. Pada bagian layar, Asus tidak memberikan ukuran yang terlalu besar. Layar AMOLED 6 inci dengan resolusi 2160×1080 pixel ditanamkan pada Asus ROG Phone ini.

Namun, meskipun Asus tidak memberikan layar yang besar. Ada hal istimewa yang diberikan pada bagian layar. Layar Asus ROG Phone ini memiliki tingkatan resfresh rate yang mencapai 90 Hz dengan kontras rasio sebesar 10.000.

Untuk perangkat lunaknya, Asus tidak menggunakan Zen UI seperti kebanyakan hanphone buatannya. Dia menggunakan perangkat lunak khusus gaming yang disebut ROG Gaming UI yang berbasis Android Oreo. Yang membedakan lagi, interface ROG Gaming UI ini akan menampilkan fasilitas berupa penunjuk suhu handphone, kontrol kecepatan kipas eksternal, X mode, hingga kecepatan prosesor.

Kapasitas batre Asus ROG Phone ini pun cukup besar. Asus menanamkan batre sebesar 4.000 mAh agar para pecinta game bisa bermain game dengan puas dan tidak melulu melakukan charger ulang. Asus juga memberikan fasilitas fast charging pada hanphone gaming ini.

Tidak lupa Asus juga memberikan beberapa aksesoris tambahan loh. Seperti pendingin eksternal, game controller, hingga mobile dock yang bisa mentransformasikan Asus ROG Phone menjadi seperti PC.

Tapi kamu harus sabar ya. Handphone cangging ini diperkirakan baru masuk Indonesia pada kuartal keempat tahun 2018 atau sekitar bulan Desember. Sayangnya harga perangkat ini masih menjadi misteri. Pihak Asus Global dan Asus Indonesia masih belum mau membocorkan harga perangkat ini. Namun, sepertinya harganya tidak akan beda jauh dengan perangkat gaming pesaingnya seperti Xiaomi dan Razer melihat Asus ROG memiliki spesifikasi yang sangat gahar.

So, gimana? Udah siap nabung biar bisa main game-game kesayanganmu dengan tenang? Sabar ya. Tunggu akhir tahun ini biar bisa tau berapa harga pasti perangkat yang keren ini.

 

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
loading...

Tag

Headline Berita