Connect with us

Kesehatan

Usia Pengaruhi Keberhasilan Program Bayi Tabung

Published

on

Bayi Tabung

Kilasjogja.com, KESEHATAN – Keberhasilan dalam melakukan program bayi tabung dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah usia wanita.

Hal ini yang kadang tidak dihiraukan dan hasilnya tentu kegagalan atau tidak hamil. Ingat, semakin tua usia berarti semakin kecil presentasi keberhasilan program ini.

“Peluang keberhasilan bayi tabung tertinggi bisa didapat dari wanita yang berusia di bawah 30 tahun,” terang Prof dr Moch Anwar M Med Sc SpOG(K) dari Klinik Infertilitas Permata Hati RSUP DR Sardjito Yogya.

Kondisi ini berlaku bagi yang ingin mengikuti program tabung dengan teknik In Vitro Fertilization (IVF) dan In Vitro Maturation (IVM).

Di RSUP DR Sardjito sendiri, teknik IVM ini telah diikuti oleh beberapa pasien dan yang tertua sudah memasuki usia kehamilan 28 minggu atau tujuh bulan.

Sayangnya teknik ini tidak bisa diikuti oleh seluruh pasangan suami-istri. Teknik ini hanya bisa diikuti oleh mereka yang diindikasikan mengalami kelainan hormonal atau yang biasa disebut sindroma polikistik ovarium.

“Sel telur wanita usia di bawah 30 tahun biasanya cukup banyak. Kondisi ini yang membuat peluang keberhasilan bayi tabung besar, “ jelasnya.

Sebaliknya keberhasilan wanita saat melakukan program bayi tabung bisa menurun drastis bagi yang sudah berusia 40 tahun ke atas.

Hitung-hitungannya, bagi calon ibu yang berusia kurang dari 25 tahun, kemungkinan hamil dengan cara bayi tabung mengalami keberhasilan sekitar 45-50 persen. Namun pada wanita usia sekitar 35 tahun keatas peluang hamil lebih sedikit, sekitar 10 persen.

“Ada masyarakarat yang tetap kekeuh ikut program bayi tabung usianya 38 tahun. Kami sudah mengingatkan jika tingkat keberhasilan program ini kecil,” ungkapnya.

Pasalnya semakin tua umur wanita akan terjadi yang namanya penurunan angka sel telur. Hal ini biasanya mulai terjadi di usia 30-35 tahun. Kehamilan diusia ini juga dianggap sebagai kehamilan yang berisiko.

BACA JUGA: Program Bayi Tabung 30 Juta Rupiah

“Bagi yang minat mengikuti program bayi tabung. Memang sebaiknya sedini mungkin,” ujarnya.

Karena itu ada baiknya bagi pasangan suami istri yang telah menikah lebih dari satu tahun dan melakukan seks rutin namun tetap saja belum dikaruniai anak untuk segera memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui kondisi satu sama lain.

“Kesulitan pembuahan bisa disebabkan banyak faktor. Karena itu perlu diperiksa untuk mengetahui pastinya,” kata dr Anwar.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.