Connect with us

Nasional

Revisi UU Ormas: Pemerintah Tunggu Inisiatif DPR

Published

on

UU Ormas

Kilasjogja.com, NASIONAL – Pemerintah masih menunggu inisiatif DPR untuk memulai revisi Undang-Undang Organisasi Kemasyarakatan (UU Ormas).

Sebab, pemerintah tak mungkin memulai untuk revisi UU Ormas. Alasannya, pemerintah sudah menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perpu).

Soedarmo, Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri mengatakan sudah menerima naskah akademik usulan revisi UU Ormas dari Partai Demokrat. Namun, pemerintah masih menunggu inisiatif dari DPR untuk memulai revisi.

Dengan adanya masukan dari Partai Demokrat, pemerintah segera menindaklanjuti hal tersebut. Masukan ini haru dibahas melalui lintas kementerian.

“Masukan dari Demokrat tetap kita tampung, kami nanti akan mensinergikan,” terangnya.

Pihaknya berharap, DPR sebagai lembaga segera mengajukan revisi, agar pembahasan bisa dilakukan dengan cepat.

Bila diajukan cepat, revisi UU Ormas masuk dalam program legislasi nasional (Prolegnas) 2018.

Menurutnya, bila proses di DPR cepat, tinggal menetapkan pembahasan masa sidang. Ia khawatir, dengan masuknya tahun politik, karena Pilkada serentak digelar pertengahan tahun dan dilanjutkan Pemilu 2019 bisa mengganggu revisi UU Ormas.

Sebelumnya Mendagri Tjahjo Kumolo masih belum memutuskan substansi yang akan direvisi dalam UU Ormas yang baru disahkan.

Sebab menurutnya, di internal pemerintah saja masih menunggu masukan sejumlah lembaga.

Sedangkan, penentuan suatu ormas anti-Pancasila atau tidak, kata Tjahjo, bukan menjadi kewenangannya, namun berdasarkan masukan berbagai pihak yang dikoordinasikan Menko Polhukam. Kemendagri hanya menerima pendaftaran ormas, bukan menentukan apakah ormas itu anti-Pancasila atau tidak.

Sementara itu Sekjen DPP Demokrat Hinca Panjaitan menyatakan, Partai Demokrat menyambangi kantor Kemendagri untuk menyerahkan draf akademik usulan revisi UU Ormas. Perwakilan Kemendagri yang menerima adalah Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri, Soedarmo

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.