Connect with us

News

Petani Sleman Punya Jaringan Irigasi Baru!

Published

on

Petani kabupaten sleman

Kilasjogja.com, Sleman – Jaringan irigasi sawah di Kabupaten Sleman akan semakin panjang. Pasalnya,  Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kabupaten Sleman akan membangun jaringan irigasi baru sepanjang 700 meter dengan nilai kontrak Rp 542 juta.

“Saluran irigasi ini untuk melanjutkan saluran yang sudah ada. Kira-kira panjangnya 700 meter lebih. Jika masih berpasir tentu airnya cepat meresap ke tanah. Namun setelah dinding dan lantainya disemen, harapannya air bisa dua kali lebih cepat sampai ke lahan pertanian,” terang Bandiyanta Dwi Saputra, Kepala Seksi Pembangunan dan Peningkatan.

Hadirnya jaringan irigasi baru pun disambut antusias oleh petani di wilayah Tirtoadi, Sleman. Sebab, merasa kurang suplai air lantaran jaringan irigasinya berdinding tanah. Permukaannya juga berpasir sehingga air hanya mengalir pelan. Peningkatan jaringan irigasi yang kini dilakukan diharapkan mampu mendongkrak produktivitas petani.

Kendala lain, saat musim penghujan air bahkan sering membludak ke sawah lantaran tersumbat sampah yang didominasi plastik. Untuk itulah dengan dibangunnya jaringan irigasi tentu akan merasa sangat terbantu.

“Saat musim kemarau, air dari bendungan sangat jarang bisa sampai ke lahan pertanian ini. Kalau pun bisa, paling debitnya sangat kecil. Hal ini disebabkan saluran irigasinya masih dari tanah,” jelas Kirno, salah satu petani.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.