Connect with us

News

Pesawat Hercules Lengkapi Koleksi Museum Dirgantara

Published

on

Pesawat Hercules A-1301

Kilasjogja.com, SLEMAN – Tidak lama lagi, Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala (Muspusdirla) Yogyakarta akan memiliki koleksi baru yakni pesawat Hercules A-1301.

Perjuangan membawa pesawat berbadan lebar membutuhkan perjuangan ekstra dan memakan waktu yang panjang.

Bahkan ketika dalam perjalanan menuju Yogyakarta dari Pangkalan Udara Sulaiman Bandung, sempat terjadi insiden dimana badan pesawat tersangkut jembatan Rawalo Banyumas. Akhirnya, pesawat berputar arah dan mencari jalur alternatif lain.

“Badan pesawat Hercules besar dan sempat tersangkut jembatan di daerah Banyumas Jawa Tengah. Ya terpaksa putar balik dan cari jalur alternatif lain,” terang Letkol Sus Drs Dede Nasruddin, Kepala Muspusdirl.

Lantaran besar dan memakan badan jalan, pesawat tersebut selalu menimbulkan kemacetan arus lalulintas. Bahkan sang supir juga harus ekstra hati-hati karena pandangannya terbatas.

Terutama untuk melihat kanan, kiri, belakang dan diatasnya. Untuk itulah pada waktu malam hari, truk yang membawa badan Hercules harus beristirahat di pinggir jalan.

Kini, beberapa bagian pesawat sudah berada di Muspusdirla. Sedang badan dan kokpit masih dalam perjalanan yang cukup melelahkan.

“Rencananya, jika sudah sampai perbatasan Yogyakarta kami akan menjemputnya,” jelasnya.

Seperti diketahui, calon penghuni Muspusdirla ini memang memiliki nilai sejarah. Sebab pesawat yang datang di Indonesia 1960 ini jadi Hercules pertama yang dimiliki TNI AU juga menjadi Hercules pertama yang dimiliki angkatan udara di luar Amerika Serikat.

Pesawat C-130 Hercules A-1301 pertama diserahkan oleh Wakil Presiden Lockheed Corp Carl Squier, kepada Menteri/Pangau Laksamana Udara Suryadarma. Pesawat pertama ini diberi nomer T-1301.

Acara penyerahan tersebut dihadiri pula oleh Menteri Keamanan Nasional Jenderal AH. Nasution, Jenderal Kehormatan Sri Sultan Hamengkubuwono IX, Wakasad Mayor Jenderal Gatot Subroto, dan Mr. Henderson yang mewakili Duta Besar AS untuk Indonesia beserta stafnya.

Pesawat C-130 Hercules T-1301 diterbangkan dari Amerika ke Indonesia oleh awak TNI AU (d/h AURI). Penerbangan pertama ini melalui jarak lebih dari 21 ribu km dan melintasi tiga lautan besar, seperti Pasifik, Laut Cina dan Laut Jawa.

Pada jaman tersebut, apa yang dilakukan awak TNI AU merupakan delivery flight terjauh yang pernah dilakukan oleh suatu Angkatan Udara.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.