Connect with us

Kesehatan

Minum Air Es Untuk Berbuka Puasa Tidak Baik Untuk Kesehatan

Published

on

Air es

Kilasjogja.com, KESEHATAN – Menurut pakar kesehatan, Rita Ramayulis, berbuka puasa dengan mengonsumsi air es justru akan membuat lambung bekerja lebih lambat. Hal ini disebabkan karena air tersebut akan disesuaikan dulu dengan suhu tubuh, sehingga prosesnya akan jadi lebih panjang.

Jika kebiasaan ini terus dilakukan, bukan tidak mungkin kamu malah akan terkena masalah lambung. Kalau sudah terlanjur punya masalah lambung, biasanya maag kamu akan mudah kambuh.

Kalaupun pengen minum air es, Rita menyarankan kamu untuk mengonsumsinya setelah buka puasa dengan mengonsumsi makanan manis (bersuhu normal atau hangat kuku), atau lebih baik lagi dikonsumsi setelah salah tarawih.

Nggak jauh beda dengan Rita, pakar gizi Grace Judio-Kahl, mengeluarkan pendapat yang sama terkait hal ini. Menurutnya, jika air es yang masuk ke dalam tubuh saat perut masih kosong, bisa menimbulkan banyak masalah kesehatan, termasuk radang tenggorokan.

Mengenai menu yang disantap pas buka puasa, Grace menyarankan kamu untuk mengonsumsi buah-buahan yang manis, atau buah dengan kadang air yang tinggi. Misalnya melon, semangka, dan air kelapa muda, yang terbukti lebih sehat dan lebih mudah diserap tubuh.

Nah, sekarang kamu udah tahu kan kenapa minum es pas buka puasa kurang baik bagi kesehatan? Yuk kurangi kebiasaan itu dari sekarang!

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.