Connect with us

Olahraga

Lima Klub Perebutkan Piala Raja Jogja Istimewa Cup

Published

on

KILASJOGJA.COM, JOGJA– Empat klub Indonesian Basket Ball League(IBL) yaitu Bima Perkasa (BP) Jogja, NSH Jakarta, Satya Wacana Salatiga, Garuda Bandung dan satu tim Asean Basket Ball League (ABL) yaitu CLS Knights Surabaya ambil bagian dalam turnamen basket pra musim bertajuk Piala Raja Jogja Istimewa Cup, GOR Amongraga Jogja, 25-30 September 2018.

Selain pertandingan lima tim profesional, di turnamen kali ini juag mempertandingkan turnamen untuk KU-16 dan KU-20. Pesertanya adalah delapan sampai sembilan klub dari kota dan kabupaten di DIY.

Ada dua piala yang diperebutkan dalam even basket kali ini, yaitu untuk Piala Raja diperebutkan untuk lima klub basket klub profesional.

 Sedangkan Piala Jogja Istimewa Cup untuk klub lokal dengan total hadiah uang sebesar Rp 50 juta.

Rinciannya untuk juara I klub Profesional (Pro) Rp 25 juta, II. Rp 10 juta, III. Rp 5 juta. Untuk Juara I KU-16 Rp 3 juta, II. Rp 1,5 juta. Sedangkan total hadiah untuk juara KU-20 sama dengan hadiah yang diterima KU-16 yakni I. Rp 3 juta dan juara II. Rp 1,5 juta.

“Saya berharap dengan turnamen ini bisa membangunkan klub basket di Yogya yang mati suri dan mengairahkan basket di masyarakat,” terang dr. Edy Wibowo selaku ketua penyelenggara Piala Raja Jogja Istimewa Cup, Senin (24/9).

Pelatih Bima Perkasa Jogja, Raoul Miguel Hadinoto Eboss mengatakan turnamen ini akan dimanfaatkan ajang latih tanding dan untuk menemukan komposisi tim yang pas sebelum kompetisi IBL berlangsung.

Tim BPJ kali ini hanya diisi 10 pemain yaitu Oleh Halim, Melki Sedek Basik Basik ,Alan As’adi, Ali Mustofa, Yanuar Dwi Priasmoro, Adree Sukmana, Frida Aris Susanto, Restu Dwi Purnomo, Erick Christopher Sebayang, dan Galank Gunawan.

“Buat saya tang terpenting bukan kalah dan menang tapi mencari kompisisi tim yang pas untuk kompetisi IBL nanti,” jawabnya.

Sementara asisten pelatih Garuda Bandung Jerry Lolowang mengatakan pada ajang pemanasan ini, timnya membawa 12 pemain. Para pemain siap berpartipasi pada ajang pemanasan sebelum IBL ini.

“Kami maksimalkan ajang ini sebagai persiapan tim,” katanya.

JALANNYA PERTANDINGAN

Projotamansari vs Sahabat Jogja

Pertandingan Pertama di Kelompok Umur dibawah 20 Tahun ini mempertemukan Wakil dari Kabupaten Bantul dan Kabupaten Sleman.

Peta kekuatan materi kedua team sangat merata sehingga pertandingan kali
ini sangat membuat mata tak berpaling untuk terus mengamati setiap detiknya.

Ketika kedua team bermain dengan amat variatif walaupun Empat pemain dari team Sahabat terkena foul out yaitu Tegar Aryo dikuarter ke Tiga disusul Mahendra dan Yusril Wibowo dikuarter Keempat yang membuat semakin tidak bisa mengejar ketertinggalan angka.

Para punggawa Projotamansari yang semakin menemukan permainannya,terlihat pada kuarter Pertama Sahabat Jogja sempat unggul perolehan angka 6 – 9 kemudian memasuki kuarter Kedua skor menjadi berbalik dengan 26 -22.

Setelah kuarter Ketiga pertandingan menjadi menarik karena selisih skor menjadi 38 -35 namun kuarter keempat menjadi petaka
bagi Sahabat karena Gunawan Saputra dkk semakin gencar melakukan serangan baik dan mebuat skor akhir 59 – 44 untuk kemenangan Projotamansari.

MATCH 2. KU 20
Bougenville vs Bima Perkasa Muda

Pada pertandingan kedua ini Wakil dari Kabupaten Kulon Progo bertemu dengan tuan rumah Bima Perkasa Muda,sejak dimulai tipoff Bima Perkasa langsung menekan tanpa ampun.

Sebaliknya Bougenville belum juga menemukan permainan yang apik,sehingga menjadi ketimpangan pada game ini
ditambah 32 kali turnover dari Bougenvile mampu dimaksimaalkan menjadi poin oleh anak asuh Coach Liem Jiang.

Kemudian pada laga kali ini Calvin Chrissler menjadi pendulang poin terbanyak dengan 16 poin.

Untuk pertandingan kali ini Bima Perkasa Jogja selalu leading dengan skor di kuarter Pertama 4 -12, lalu di kuarter Kedua 9 – 25 di kuarter Ketiga 13 – 39 dan pada kuarter terakhir skor adalah 22 -48.

Terjaganya kemenangan ini semakin memantapkan langkah Bima Perkasa Muda untuk naik ke podium sebagai Juara di Piala Jogja Istimewa 2018.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.