Connect with us

Bantul

Idul Adha : Bantul Datangkan Hewan Kurban dari Luar DIY

Published

on

Idul Adha hewan kurban

BANTUL– Menjelang Idul Adha Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Bantul harus mendatangkan hewan kurban seperti Sapi jantan dari luar DIY. Hal ini lantaran stok sapi jantan yang siap dipotong di Bantul terbatas jumlahnya yang berjumlah 10 ribu ekor. Meski demikian tidak semua sapi dapat dijual oleh pemiliknya.

Berdasarkan ketentuan, stok sapi yang boleh disembelih adalah sapi jantan. Padahal pasca program suntik inseminasi buatan pada sapi betina, populasi sapi betina di Bantul melampaui target nasional yakni di atas 18 ribu ekor.

Adapun kebutuhan hewan kurban di Bantul saat Idul Adha rata-rata sapi sekitar empat ribu dan kambing sekitar lima ribu. Untuk kebutuhan sapi biasanya didatangkan dari Temanggung, Wonogiri, Wonosari dan Boyolali.

Sejumlah langkah ditempuh Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan (Disperpautkan) Bantul agar kualitas hewan kurban memenuhi syarat dari aspek kesehatan. Jangan sampai masyarakat dirugikan lantaran hewan kurban yang dibeli tidak layak dari apsek kesehatan.

Oleh karena itu pemerintah Bantul lewat Disperpautkan jauh hari sebelum hari H pelaksanaan kurban gencar melakukan pemeriksaan hewan kurban di Bantul.  Program tersebut menyasar pasar hewan, pedagang hewan kurban atau masyarakat pengepul hewan kurban. Dengan pemeriksaan itu paling tidak mencegah masuknya hewan kurang sehat masuk ke pasaran.

Selain itu lalulintas hewan setiap menjelang Idul Adha memang sangat padat. Sehingga membutuhkan pemantauan secara berkelanjutan agar tidak ada pihak dirugikan terkait dengan kualitas hewan kurban. Bahkan Disperpautkan Bantul juga menggandeng sekitar 150 orang, termasuk mahasiswa kedokteran dari UGM.

 

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.