Connect with us

Bantul

Dishub Bantul Yakin PAD Meningkat

Published

on

dishub bantul retrebusi parkir

Kilasjogja.com, Bantul Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bantul optimis, target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi parkir Rp 170 juta bakal tercapai. Keyakinan itu merujuk data penambahan lokasi parkir baru di tahun 2017, yang sudah mencapai 60 titik. Bahkan 2018 mendatang Dishub Bantul tidak keberatan jika pemerintah daerah menaikkan target PAD dari retribusi parkir.

Aris Suharyanta, Kepala Dishub Bantul mengatakan sejak awal 2017 hingga Juli, sudah ada penambahan 60 lokasi titik parkir baru di bawah pengelolaan Dishub Bantul. Lokasi-lokasi area parkir yang dikelola Dishub lebih banyak di area parkir dibahu jalan.

Sementara lokasi parkir yang statusnya tanahnya milik pribadi, hanya dikenai pajak dari pemerintah daerah. Potensi PAD dari sektor ini memang sangat menjanjikan jika pengelolaan dilakukan secara profesional. Selain itu, perlu adanya pemetaan area parkir baru untuk dikelola pemerintah.

“Kami fokus pada lokasi parkir dibahu jalan, kami harus jeli melihat peluang yang ada di sejumlah daerah di Bantul,” terangnya.

Selain itu, pihaknya juga berusaha memverifikasi kawasan objek wisata yang sistem parkirnya bisa dilakukan pemerintah. Dengan peluang itu, PAD dari sektor parkir bisa digenjot, agar lebih meningkat. Selain itu, Dishub Bantul juga merencanakan menaikan tarip parkir.

Namun sejauh ini besarannya belum ditentukan, karena masih tahap wacana. Dishub juga masih melakukan kajian dengan membandingkan dengan Kota Yogyakarta dan Sleman.

“Ada rencana menaikkan tarip parkir. Kami kaji dengan melihat dari Kota Yogyakarta dan Sleman,” ungkapnya.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.