Connect with us

Jogja

‘Cakil’ Solusi Atasi Bau Kaki

Published

on

Cakil

Kilasjogja.com, YOGYAKARTA– Bau kaki mungkin jadi masalah kebanyakan orang dan kerap menjadi sumber ketidaknyamanan orang-orang di sekitar. Masalah bau kaki tentu jadi masalah bagi tipe orang yang dituntut selalu lepas-pakai sepatu ketika beraktivitas.

Masalah bau kaki ini pun menginspirasi mahasiswi Jurusan Pendidikan Fisika UNY, yaitu Riska Sri Hidayanti, Khoirul Bariyyah, dan Eva Kurnia Sari membuat inovasi sabun anti bau kaki berbahan kulit jeruk bernama ‘Cakil’.

Ketiga mahasiswi ini mengolah limbah kulit jeruk tersebut menjadi sabun. Sabun ‘Cakil’ tersebut, diklaim mampu menghilangkan bau pada telapak kaki akibat dari kaki yang berkeringat.

“Kulit jeruk mengandung asam nitrat yang dapat menetralkan keasaman terutama pada bagian telapak kaki, sehingga dapat mengurangi bau,” terang Riska yang dibenarkan oleh Eva dan Khoirul Bariyyah.

Menurut Riska, bau tidak sedap pada kaki disebabkan produksi keringat yang banyak. Selain kaki, kasus tersebut sering terjadi pada telapak tangan, wajah dan ketiak. Namun bagian yang sering menjadi masalah dan menggangu kegiatan sehari-hari adalah bagian telapak kaki.

Tak hanya itu, poduksi keringat berlebih, kaki yang tertutup kaos kaki dan sepatu membuat kondisi telapak sangat lembab. Kondisi tersebut memungkinkan munculnya bakteri Actinimycetes yang membuat telapak kaki menjadi bau.

Parahnya, bakteri tersebut dapat menyebabkan infeksi dan jamur pada kuku. Hal itulah yabg menyebabkan banyak orang tidak percaya diri dengan bau kaki.

“Produk ini sangat efektif membunuh bakteri dan praktis dibawa kemana saja,” jelas Eva.

Meski produk Cakil masih baru, namun minat pembeli cukup banyak, terutama di kalangan mahasiswa. Sementara itu sistem pemasaran produk ini menggunakan sistem online dan lisan.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.